TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Developer Game Ternama yang Tak Takut Gonta Ganti Genre

Tidak terpaku di hanya satu genre game

Deus Ex: Mankind Divided (dok. Eidos-Montreal)

Intinya Sih...

  • Epic Games berhasil mengembangkan game dengan genre yang beragam, seperti Fortnite yang populer dan mode balapan, rhythm, dan survival.
  • Massive Entertainment berkembang dari RTS perang menjadi developer game Avatar terbaru dan seri Tom Clancy's The Division.
  • Insomniac Games fokus pada pengembangan game Marvel setelah dikenal dengan Ratchet and Clank serta Resistance.

Beberapa developer memilih untuk ‘setia’ dengan genre yang mereka kuasai seperti NetherRealm Studios dengan game fighting, Bloober Team dengan game horor atau Larian Studios dengan game CRPG. Namun, tidak sedikit yang justru berani keluar dari zona nyaman mereka dan mengembangkan game dengan genre yang beragam. Banyak diantaranya terbukti berhasil dan membuktikan jika mereka tidak hanya bisa membuat game dengan satu genre saja. Berikut 7 diantaranya.

1. Epic Games

Epic Games (dok. Epic Games)

Selain membuat Unreal Engine, produk paling dikenal Epic Games lainnya adalah Fortnite, game fenomenal yang jadi salah satu alasan mengapa genre battle royale bisa sepopuler sekarang. Fortnite sendiri kini menjadi lebih dari sekedar game battle royale, karena juga membawa mode balapan, rhythm dan survival. Sebelumnya, Epic Games mengembangkan game-game awal di Seri Gears of War, seri game mobile berjudul Infinity Blade, game FPS dengan konsep ‘arena shooter’ berjudul Unreal Tournament dan game metroidvania berjudul Shadow Complex.

2. Massive Entertainment

Massive Entertainment (dok. Massive Entertainment)

Massive Entertainment yang dulunya dikenal hanya membuat game real-time strategy (RTS) bertema perang seperti seri Ground Control dan World in Conflict, kini bertanggung jawab untuk game Avatar terbaru, seri Tom Clancy’s The Division dan game Star Wars baru. Massive sendiri mulai berkembang sejak diakuisisi oleh Ubisoft dan kini menjadi salah satu developer kenamaan yang mengembangkan game FPS dalam bentuk Avatar: Frontiers of Pandora dan game Star Wars pertama dengan konsep open world yang berjudul Star Wars Outlaws.

3. Eidos-Montreal

Eidos-Montreal (dok. Eidos-Montreal)

Eidos-Montreal merupakan bagian dari Eidos Interactive yang berada dibawah naungan Square Enix. Eidos-Montreal punya katalog game yang sangat menarik di mana mereka membantu menghidupkan dan melanjutkan seri ikonik seperti Thief dan Deus Ex, sembari mengambil alih pengembangan Shadow of the Tomb Raider dari Crystal Dynamics dan membuat Marvel’s Guardian of the Galaxy. Jika ditotal, Eidos-Montreal mengembangkan banyak game dengan empat genre, mekanisme gameplay dan latar berbeda dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: 5 Cara Developer Game Menghadapi Pembajakan dan Cheat Pihak Ketiga

4. Insomniac Games

Insomniac Games (dok. Insomniac Games)

Insomniac Games kini telah resmi menjadi developer first-party PlayStation yang berfokus dalam pengembangan game-game Marvel, di mana mereka membangun semesta game Marvel lewat Marvel’s Spider-Man, Spider-Man: Miles Morales, Spider-Man 2 dan Wolverine. Sebelumnya, Insomniac lebih dikenal dengan seri game aksi petualangan yaitu Ratchet and Clank dan seri game FPS tentang invasi alien yang berjudul Resistance. Selain itu, Insomniac juga sempat membuat game berjudul Sunset Overdrive yang hingga kini masih eksklusif Xbox.

5. Naughty Dog

Naughty Dog (dok. Naughty Dog)

Evolusi Naughty Dog sebagai developer menjadi salah satu yang paling luar biasa. Sebelum membuat seri game platformer yaitu Crash Bandicoot yang melambungkan nama mereka, Naughty Dog masih bernama JAM Software dan hanya mengembangkan game matematika dan RPG yang tidak jelas. Kini, Naughty Dog semakin dikenal lewat seri Uncharted yang menawarkan cerita berburu harta karun bak Indiana Jones dan seri The Last of Us yang dianggap sebagai seri game dengan cerita terbaik yang pernah dibuat.

6. Remedy Entertainment

Remedy Entertainment (dok. Remedy Entertainment)

Sam Lake merupakan salah satu penulis paling kreatif di industri gaming yang membantu mengembangkan Remedy Entertainment sebagai developer yang unik. Game-game garapannya juga beragam mulai dari game tabrak-tabrakan mobil berjudul Death Rally, game detektif noir berjudul Max Payne, game horor ala Twin Peaks berjudul Alan Wake dan game metroidvania sci-fi berjudul Control. Satu yang pasti, game-game garapan Remedy selalu punya sesuatu yang tidak semua gamer bisa pahami atau sukai.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya