TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game yang Diharapkan Mendapat Patch Peningkatan untuk PS5 Pro

Untuk performa yang lebih maksimal dan stabil

Rise of the Ronin (dok. Team Ninja)

Intinya Sih...

  • PS5 Pro resmi diumumkan Sony, memberikan peningkatan performa tanpa penurunan visual.
  • 7 game yang diharapkan mendapat patch peningkatan untuk PS5 Pro termasuk Final Fantasy dan Star Wars Outlaws.
  • Game seperti Stranger of Paradise, Rise of the Ronin, dan Avatar: Frontiers of Pandora mengalami penurunan kualitas visual saat dimainkan di mode performa.

Setelah rumor selama bertahun-tahun, PS5 Pro akhirnya resmi diumumkan Sony. Seperti yang bisa diharapkan, PS5 Pro membawa peningkatan dari segi performa untuk memastikan jika pemain nantinya akan bisa mendapatkan frame-rate yang lebih tinggi, namun dengan visual yang tidak mengalami penurunan.

Biasanya, konsol dengan label ‘Pro’ seperti PS5 Pro, akan memberikan patch peningkatan pada suatu game agar game tersebut bisa berjalan di performa yang lebih tinggi dan stabil. Berikut 7 game yang diharapkan mendapat patch peningkatan untuk PS5 Pro.

1. Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

Game-game Final Fantasy dikenal selalu mendorong hardware konsol hingga batas maksimal dan Stranger of Paradise tidak terkecuali. Sayangnya, game ini sedikit mengecewakan karena di PS5, game ini membawa resolusi rendah sehingga terlihat kurang memuaskan. Game ini memang dikembangkan oleh Team Ninja alih-alih Square Enix sendiri, namun tetap mengecewakan ketika melihat kualitas gambar yang diusung, terutama untuk ukuran game PS5.

2. Star Wars Outlaws

Salah satu bagian terbesar dari marketing Star Wars Outlaws adalah fakta bahwa game ini akan jadi game Star Wars pertama yang mengusung konsep open-world. Massive Entertainment memang berhasil melakukan itu, namun di sisi lain harus mengorbankan kualitas gambar terutama ketika dimainkan di mode performa. Agar bisa mencapai 60fps, resolusi gambar game ini harus diturunkan secara signifikan dan terkadang di 720p saja.

3. Rise of the Ronin

Team Ninja kembali menggarap bertema Jepang di tahun ini melalui Rise of the Ronin. Meski game ini berfokus dalam menceritakan salah satu era paling menarik di sejarah Jepang, pemain malah lebih terfokus pada visualnya, yang dianggap mirip seperti game PS3. Mayoritas kritik yang disampaikan membicarakan soal kualitas tekstur dan pencahayaan yang tampak ketinggalan jaman dan bahkan tak lebih baik dari game-game Team Ninja sebelumnya.

Baca Juga: Urutan Konsol PlayStation dari Masa ke Masa, Terbaru PS5 Pro

4. Marvel’s Guardians of the Galaxy

Marvel’s Guardians of the Galaxy mengejutkan banyak pemain dengan menawarkan cerita luar biasa, dengan Peter Quill sebagai karakter utama yang difokuskan. Sama seperti Star Wars Outlaws, game ini butuh peningkatan ketika dimainkan dalam mode performa karena di mode tersebut, game ini bisa mencapai 60fps di resolusi 1080p saja. Dan sayangnya di beberapa kesempatan, game ini tetap bisa tiba-tiba mengalami penurunan frame-rate.

5. Avatar: Frontiers of Pandora

Pada tahun 2023 kemarin, Massive Entertainment merilis Avatar: Frontiers of Pandora, game Avatar pertama yang canon dengan filmnya. Game ini sangat terinspirasi film-film Avatar karena sama-sama mengusung visual yang memanjakan. Faktanya, Pandora di game ini begitu padat dengan dedaunan dan dipenuhi dengan detail sehingga konsol seperti PS5 sekalipun bisa kesulitan dalam menjaga frame-rate di titik stabil.

6. Final Fantasy 16

Seri utama Final Fantasy akhirnya kembali tahun lalu melalui Final Fantasy 16, memperkenalkan pemain kepada Valisthea dengan segala kompleksitas kerajaan dan politiknya. Sebelum dirilis, Square Enix terus memamerkan pertarungan berskala besar dari Summons yang bisa pemain mainkan di game ini. Sayangnya, ambisi itu harus dibayar dengan performa yang terkadang kesulitan bertahan di 60fps dan resolusi yang naik turun.

7. Star Wars Jedi: Survivor

Menyusul kesuksesan Star Wars Jedi: Fallen Order, beberapa tahun kemudian, Star Wars Jedi: Survivor dirilis. Sayangnya, game ini dihantam dengan masalah teknis yang signifikan. Petualangan epik kedua dari Cal Kestis ini tampak pecah-pecah karena resolusinya disesuaikan secara dinamis agar game ini bisa berjalan di frame-rate yang lebih stabil. Game seperti ini butuh konsol seperti PS5 Pro jika ingin berjalan dengan lebih maksimal.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game yang diharapkan mendapatkan patch peningkatan untuk PS5 Pro. Ada game favoritmu di daftar di atas?

Baca Juga: Sony Resmi Hadirkan PS5 Pro, Bawa 3 Fitur Utama!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya