TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon di PC Selain Stardew Valley

Banyak game yang unik

cuplikan Ova Magica (dok. Skinny Frog/Ova Magica)

Intinya Sih...

  • Ova Magica merupakan game mirip Harvest Moon dengan perpaduan Pokemon, dijual seharga Rp200 ribuan di Steam.
  • Rune Factory 5 memadukan simulasi pertanian dengan aksi fantasi, dibanderol dengan harga Rp300.000 di Steam.
  • Harvestella adalah game simulasi pertama karya Square Enix yang memadukan konsep Final Fantasy, dijual seharga Rp700 ribuan di Steam.

Stardew Valley sering disebut mirip dengan Harvest Moon. Game ini memang menekankan kepada permainan simulasi kehidupan pertanian. Namun, bukan cuma Stardew Valley yang mirip dengan mereka. Ada banyak game yang mirip Harvest Moon di PC.

Game-game itu mempunyai ciri khas yang menarik untuk kamu coba. Mulai dari memadukan bertani dengan fantasi hingga bertani bersama peliharaan seperti monster. Semua keunikan itu bisa kamu nikmati pada rekomendasi game mirip Harvest Moon di PC selain Stardew Valley di bawah ini.

1. Ova Magica (2024)

cuplikan Ova Magica (dok. Skinny Frog/Ova Magica)

Ova Magica merupakan game seharga Rp200 ribuan di Steam yang mirip Harvest Moon dengan perpaduan Pokemon. Kamu tidak hanya bertani, tetapi juga melatih monster Blob yang didesain seperti gumpalan slime yang imut. Uniknya, Blob bisa membantumu menyelesaikan urusan pertanian.

Keunikan Ova Magica sangat menarik untuk dicoba, khususnya penggemar Harvest Moon. Keberadaan Blob jadi konten unik tersendiri. Apalagi, mereka juga punya kekuatan unik masing-masing. Selain itu, kamu juga dapat melakukan ekspedisi ke labirin atau hutan dan bertarung menggunakan Blob peliharaanmu.

2. Rune Factory 5 (2022)

cuplikan Rune Factory 5 (dok. Marvelous/Rune Factory 5)

Rune Factory sering disebut sebagai pesaing Harvest Moon sejak pertama kali rilis di Nintendo DS. Game ini memadukan simulasi pertanian dengan aksi fantasi yang menarik. Pada Rune Factory 5, kamu akan bertani dan bertualang untuk mengungkap kejadian misterius yang mengganggu keseimbangan alam di dunia.

Kamu akan menjelajahi dunia yang luas dan harus melawan musuh-musuh kuat. Selain itu, kamu juga dapat bersantai sambil bertani di tengah kota atau menangkap naga dan bertani di punggungnya. Rune Factory 5 jadi game yang berhasil memadukan konsep bertani santai dengan fantasi yang epik. Kamu dapat membelinya dengan harga Rp300 ribuan di Steam.

Baca Juga: 5 Desa Paling Ikonis di Game Harvest Moon, Ada Mineral Town!

3. Harvestella (2022)

cuplikan Harvestella (dok. Square Enix/Harvestella)

Harvestella merupakan game simulasi pertama karya Square Enix seharga Rp700 ribuan di Steam. Game ini memadukan konsep Final Fantasy dengan simulasi bertani dan kehidupan yang santai. Selain itu, kamu akan mengungkap misteri mengenai sebuah musim kematian yang membuat semua ladang mati dan tidak ada yang boleh keluar rumah.

Pada Harvestella, kamu akan bertani seperti pada umumnya, sekaligus memasak untuk persediaan saat kamu bertualang. Kamu akan bertarung melawan banyak musuh dan berusaha bertahan hidup. Seiring perjalanan, kamu akan menemukan teman-teman yang akan membantu petualanganmu.

4. Critter Cove (2024)

cuplikan Critter Cove (dok. Gentleman Rat Studios/Critter Cove)

Critter Cove tidak hanya memberikan simulasi bertani, tetapi juga dunia yang luas yang bisa dijelajahi. Game ini merupakan perpaduan antara simulasi dan game membangun kota yang menantang. Kamu akan berada di sebuah kota yang dahulunya sangat sejahtera dan sekarang ditinggalkan. Tugasmu adalah mengembalikan kesejahteraan kota tersebut.

Mengurus kebun, membuat makanan, dan menciptakan kota untuk menarik turis jadi hal menarik di game ini. Kamu juga bisa menjelajahi bawah laut untuk mencari ikan dengan pemandangan yang indah. Agar tidak terlalu repetitif, game ini juga memberikan misi lain, seperti mencari pusaka dan misteri untuk mengungkap masa lalu Critter Cove. Kamu dapat membeli game ini di Steam seharga Rp200 ribuan.

5. Song of the Prairie (2024)

cuplikan Song of the Prairie (dok. The Droplet Studio/Song of the Prairie)

Song of the Prairie membawamu kepada kisah seorang pahlawan yang telah mengalahkan raja iblis. ia akhirnya pensiun dan menjadi petani di sebuah kota yang ditinggalkan. Tugasmu adalah membangun kota tersebut dan mengembalikan masa kejayaannya. Kota itu dahulunya menjadi tempat banyak orang bernaung.

Kamu juga dapat beternak dan menciptakan hewan yang memiliki kekuatan unik dan membangun hubungan dengan karakter lain. Song of the Prairie jadi game mirip Harvest Moon yang lebih modern dengan harga Rp165 ribuan di Steam. Kisahnya yang mendalam dan gaya permainan yang unik membuat game ini layak untuk kamu beli.

Harvest Moon memang jadi game yang legendaris sejak rilis pertama kali di SNES. Namun, game mirip Harvest Moon di PC yang bisa kamu lihat di atas mampu memberikan permainan yang lebih khas dan modern pada zaman sekarang. Kamu wajib mencoba rekomendasi game mirip Harvest Moon di PC selain Stardew Valley itu satu per satu.

Baca Juga: Cara Membuka Kebun Buah di Harvest Moon: Home Sweet Home

Verified Writer

Ali

Becoming the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya