TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Game Pokemon yang Butuhkan Waktu Lama untuk Ditamatkan

Perlu kesabaran dan ketekunan

cuplikan Pokemon Sword and Shield (dok. Nintendo/Pokemon Sword and Shield)

Intinya Sih...

  • Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet memerlukan waktu 49 jam untuk ditamatkan karena memiliki dunia luas dan banyak jenis pokemon.
  • Pokemon Diamond and Pearl memerlukan waktu lebih dari 100 jam untuk menamatkan game ini secara keseluruhan.
  • Pokemon Sword and Shield dapat ditamatkan dengan cepat awalnya, tetapi setelah DLC dirilis, perlu waktu lama untuk menamatkannya.

Pokemon merupakan sebuah game yang berawal dari manga tahun 90-an. Game ini rilis pertama kali di Gameboy pada 1996. Sejak saat itu, Pokemon terus populer di seluruh dunia dan mendapatkan serial anime pada 1997 hingga sekarang.

Game Pokemon sebenarnya memiliki pola yang sama setiap serinya. Kamu akan bertualang ke seluruh penjuru kota di game tersebut dan menjadi Pokemon Champion. Namun, ada beberapa game Pokemon yang membutuhkan waktu lama untuk ditamatkan. Game apa saja itu? cek daftar di bawah ini.

1. Pokemon Scarlet and Violet (2022)

cuplikan Pokemon Scarlet and Violet (dok. Nintendo/Pokemon Scarlet and Violet)

Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet merupakan game terbaru Pokemon yang rilis di Nintendo Switch. Game ini jadi game Pokemon pertama yang memiliki konsep open world. Namun, untuk menjelajahi setiap sudut dunia dan mengikuti ceritanya, kamu memerlukan waktu sekitar 49 jam.

Hal ini bisa di bilang wajar karena dunianya yang cukup luas dan banyaknya jenis pokemon yang bisa kamu koleksi. Selain itu, setelah kamu berhasil menamatkan game ini, maka akan terbuka empat jalur cerita baru yang bisa kamu coba. Dengan begini kamu tidak akan bosan memainkan game ini secara terus menerus.

2. Pokemon Diamond and Pearl (2007)

cover Pokemon Diamond and Pearl (dok. Nintendo/Pokemon Diamond and Pearl)

Banyak penggemar Pokemon yang mengatakan bahwa Pokemon Diamond and Pearl memiliki tempo yang lambat. Game ini memang memiliki cerita yang mendalam dan jadi game Pokemon pertama yang menggunakan konsep split screen karena rilis di Nintendo DS. Oleh karena itu, anime dan game ini sangat disukai oleh para penggemar.

Untuk menamatkan game ini kamu memerlukan waktu sekitar 41 jam untuk menamatkan cerita utamanya. Namun, untuk menamatkan game ini secara keseluruhan, kamu memerlukan waktu lebih dari 100 jam. Untungnya, versi remake game ini di Nintendo Switch hanya memerlukan waktu sekitar 26 jam untuk ditamatkan.

3. Pokemon Heartgold and Soulsilver (2010)

cuplikan Pokemon Heartgold and Soulsilver (dok. Nintendo/Pokemon Heartgold and Soulsilver)

Pokemon Heartgold and Soulsilver merupakan remake dari Pokemon Silver and Gold yang rilis di Nintendo DS. Game ini menghadirkan fitur unik dimana Pokemon milikmu akan mengikutimu di belakang selama perjalanan. Meskipun terkesan simpel, fitur ini justru memberikan koneksi yang lebih mendalam antara pemain dan Pokemon.

Namun, kamu memerlukan waktu sekitar 40 jam untuk menamatkan game ini. Alasannya karena kamu dapat menjadi Pokemon Champion di dua provinsi berbeda, Hoenn dan Johto. Oleh karena itu, memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjelajahi dan mengoleksi seluruh Pokemon di duan provinsi tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Spin-Off Pokemon 

4. Pokemon Sword and Shield (2019)

cuplikan Pokemon Sword and Shield (dok. Nintendo/Pokemon Sword and Shield)

Pokemon Sword and Shield memerlukan waktu sekitar 37 jam untuk ditamatkan yang rilis di Nintendo Switch. Game ini memiliki dunia yang cukup luas dan banyaknya fitur baru yang bisa dieksplorasi. Selain itu, game ini memeperkenalkan provinsi Galar yang terinspirasi dari negara Inggris dengan desain yang detail.

Awalnya, Pokemon Sword and Shield dapat ditamatkan dengan cepat karena memiliki konten yang sedikit. Namun, sejak dirilisnya DLC (Downloadable Content) untuk game ini, perlu waktu lama untuk menamatkannya. Sayangnya, banyak yang mengatakan kalau versi ini masih kalah jauh dari game Pokemon legendaria di masa lalu.

5. Pokemon Ruby and Sapphire (2009)

cuplikan Pokemon Ruby and Sapphire (dok. Nintendo/Pokemon Ruby and Sapphire)

Pokemon Ruby and Sapphire jadi game Pokemon paling ikonik di dunia. Game ini rilis di Gameboy Advance dan memerlukan waktu 35 jam untuk ditamatkan. Game ini juga memiliki hubungan dengan Pokemon Soulsilver and Heartgold karena provinsi Hoenn rilis pertama kali di game ini.

Lamanya waktu untuk menamatkan Pokemon Ruby and Sapphire karena banyak sekali misteri dan lokasi rahasia yang ada. Bahkan, terdapat lebih dari tiga Pokemon legenda yang bisa kamu tangkap jika berhasil menemukan lokasi rahasianya. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba menemukan lokasi tersebut hingga sekarang.

Game Pokemon memang sangat seru dan cocok dimainkan oleh semua kalangan. Game ini berfokus pada petualangan dan koleksi yang membuat kamu ingin terus memainkannya. Namun, game pokemon yang mebutuhkan waktu lama untuk ditamatkan di atas hanya cocok untuk kamu yang sabar dan rela menghabiskan waktu demi menangkap Pokemon.

Baca Juga: 7 Game Menangkap Monster Terbaik, Alternatif Pokemon!

Verified Writer

Ali

Becoming the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya