TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Game dengan Variasi Ending Terbanyak, Ada yang Ratusan

Menguji kreativitas

cuplikan Baldur’s Gate 3 (dok. Larian Studios/Baldur’s Gate 3)

Akhir cerita dalam game atau ending merupakan elemen yang paling dinantikan para pemain. Ending game menandai penutupan dari sebuah perjalanan dan puncak dari segala usaha dan pilihan yang telah dibuat selama bermain. Ada beberapa game yang menyediakan berbagai macam ending, memberikanmu kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan.

Dari petualangan horor yang menegangkan hingga kisah emosional yang mendalam, game yang memiliki ending terbanyak di bawah ini menawarkan berbagai pengalaman berbeda. Kamu bisa memilih perjalananmu sendiri dan menghasilkan akhir yang tidak terduga. Jika penasaran, langsung saja cek daftar di bawah ini.

1. Baldur’s Gate 3 (2023)

cuplikan Baldur’s Gate 3 (dok. Larian Studios/Baldur’s Gate 3)

Baldur's Gate 3 merupakan game dengan sistem permainan Dungeon & Dragons (D&D). Game ini memberikan kebebasan untuk menciptakan karakter sendiri dengan karakter pendamping yang bisa direkrut. Kisahnya berpusat kepada karaktermu yang harus mencari cara menghilangkan parasit yang ada dalam tubuhmu.

Nah, perjalanan itu akan membawamu kepada banyak pilihan tergantung keputusan yang kamu buat. Setidaknya, terdapat 1.700 ending game yang bisa kamu hasilkan di game ini. Oleh karena itu, kamu perlu bermain sebanyak 1.700 kali dengan cara-cara berbeda untuk menghasilkan keseluruhan ending tersebut. Jika penasaran, kamu bisa memainkan game ini di PC dan PlayStation 5.

2. Star Ocean: The Second Story (1999)

cuplikan Star Ocean: The Second Story (dok. Tri-Ace/Star Ocean The Second Story)

Star Ocean: The Second Story merupakan game retro yang cukup populer saat itu. Game ini terkenal dengan elemen sci-fi dan fantasi yang epik. Namun, yang membuat game ini menarik adalah sistem private actions yang memungkinkanmu membangun hubungan unik dengan berbagai karakter di sepanjang cerita.

Dengan sistem tersebut, tiap interaksi yang kamu lakukan dapat menghasilkan 86 ending berbeda. Kamu bisa mendapatkan ending game yang penuh romansa, persahabatan, atau kematian, sehingga membuat game ini menarik untuk dimainkan berulang kali. Jika penasaran, kamu bisa memainkan game ini di PlayStation.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Eksklusif di Nintendo 64 

3. Until Dawn (2015)

cuplikan Until Dawn (dok. Supermassive Games/Until Dawn)

Until Dawn merupakan game horor interaktif yang memberikanmu kebebasan menentukan nasib. Terdapat delapan remaja yang terjebak dalam sebuah pondok kecil di gunung bersalju dan harus keluardari sana. Tiap keputusan kecil memengaruhi akhir cerita dan dapat berujung kepada kisah yang dramatis.

Terdapat sekitar 250 ending game tergantung siapa karakter yang selamat atau meninggal. Oleh karena itu, kamu harus menentukan nasib delapan karakter untuk tetap hidup atau meninggal sesuai keinginanmu. Dengan begini kamu bisa merasakan seluruh ending yang ada di game tersebut. Game ini bisa kamu mainkan di PlayStation 4.

4. Detroit: Become Human (2018)

cuplikan Detroit: Become Huma (dok. Quantic Dream/Detroit: Become Human)

Game ini bercerita tentang tiga android yang terdiri dari Kara, Markus, dan Connor yang masing-masing punya jalan cerita berbeda dan saling berkaitan. Kamu akan berperan mengendalikan pilihan-pilihan mereka di dunia yang penuh dengan ketegangan antara manusia dan android. Alur cerita yang bercabang ini jadi keunikan tersendiri yang ada pada game ini.

Keputusanmu dalam setiap adegan, sekecil apapun, bisa memengaruhi jalannya cerita. Mulai dari pilihan dialog, tindakan saat misi, hingga moral yang kamu pegang, semua itu berkontribusi ke arah mana cerita bergerak. Terdapat sekitar 85 ending yang bisa kamu coba dari akhir tragis sampai bahagia. Jika penasaran, kamu bisa memainkan game ini di PC dan PlayStation 4/5.

Verified Writer

Ali

Becoming the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya