TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sony Resmi Hadirkan PS5 Pro, Bawa 3 Fitur Utama!

Performanya jelas naik kelas dibanding PS5 biasa

Sony PS5 Pro (YouTube/PlayStation)

Intinya Sih...

  • Sony resmi memperkenalkan PS5 Pro, konsol terkuat dari PS5 series
  • PS5 Pro memiliki GPU lebih besar, Ray Tracing yang naik kelas, dan Upscalling berbasis AI
  • Fitur Wi-Fi 7, VRR, resolusi 8K, SSD 2TB, Game Boost, serta game-game PS5 Pro Enhanced juga menjadi unggulan PS5 Pro

Setelah sekian lama rumornya beredar, Sony akhirnya secara resmi memperkenalkan PS5 Pro. Dalam sebuah event live streaming bertajuk "Technical Presentation", pihak Sony mengungkap kehadiran varian terkuat dari PS5 series tersebut.

Sesuai dengan bocoran beberapa hari terakhir, desain dari PS5 Pro hadir warna hitam yang diberi aksen tiga garis yang seakan membelah casing konsol. Mirip dengan bekas cakar hewan buas.

Jika bicara soal performa, sudah pasti PS5 Pro naik kelas dibandingkan dengan PS5 versi standar. Bahkan pihak Sony mengungkap bahwa PS5 Pro merupakan "konsol paling powerful yang pernah kami buat" dalam presentasinya.

3 fitur utama PS5 Pro

fitur utama Sony PS5 Pro (YouTube/PlayStation)

Yang membuat PS5 Pro jadi konsol yang powerful ada pada 3 fitur utama, yaitu; GPU yang lebih besar, Ray Tracing yang naik kelas, serta Upscalling berbasis AI.

Sony telah memperbarui GPU pada PS5 Pro dengan 67 persen unit komputasi lebih banyak dibandingkan konsol PS5 versi standar. Ia juga dibekali memori yang diklaim 28 persen lebih cepat. Keduanya membuat kecepatan rendering game meningkat sebesar 45 persen sehingga mampu meningkatkan frame rate dalam game tanpa mengorbankan kualitas visual.

PS5 Pro juga dibekali peningkatan dalam fitur ray-tracing. Sony mengatakan kemampuan ray tracing yang ada pada PS5 Pro dapat digeber hingga dua sampai tiga kali lipat dari versi PS5 Standar. Hal tersebut tentu jadi kabar baik bagi para game developer yang ingin membuat game dengan visual realistis nan memanjakan mata.

Selain itu PS5 Pro juga dibekali fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) alias fitur Upscalling baru yang didukung AI dari Sony. Fitur ini dapat meningkatkan frame rate dan kualitas gambar untuk game-game PlayStation. Peningkatan skala PSSR khusus ini dirancang untuk menggantikan implementasi anti-aliasing temporal atau upsampling yang ada di game.

Ketiga poin tersebut memperkuat PS5 Pro sehingga membuatnya jadi konsol yang tak hanya mampu memproduksi visual yang memanjakan mata, namun juga tetap mampu menjaga performa tetap stabil dengan frame rate yang tinggi.

Baca Juga: 7 Demo Game PS5 Terbaik yang Bisa Dimainkan Secara Gratis

Bawa peningkatan di beberapa sisi

Sony PS5 Pro (YouTube/PlayStation)

PS5 Pro sudah mendukung Wi-Fi 7, VRR, dan resolusi 8K. Varian paling powerful dari PS5 ini juga kini sudah dilengkapi dengan SSD berkapasitas 2TB yang lebih besar dan telah menggantikan salah satu port USB-A di belakang dengan port USB-C tambahan.

Semakin membahagian bagi para gamers lantaran Sony juga menyertakan opsi “Game Boost” di PS5 Pro. Fitur ini akan bisa digunakan pada lebih dari 8.500 game PS4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya untuk PS5 Pro. Dengan fitur ini, performa game PS4 dan PS5 yang didukung akan jadi lebih stabil atau bahkan meningkat.

Patut dicatat bahwa game perlu di-patch untuk dapat memanfaatkan beberapa fitur PS5 Pro. Melansir laman resminya, Sony mengatakan bahwa beberapa game developers juga sedang menyiapkan pembaruan perangkat lunak gratis untuk judul-judul yang sudah ada yang akan diberi label sebagai game PS5 Pro Enhanced.

Melansir The Verge, berikut adalah beberapa judul game yang akan dilabeli sebagai game PS5 Pro Enhanced:

  • Alan Wake 2
  • Assassin’s Creed Shadows
  • Demon’s Souls
  • Dragon’s Dogma II
  • Final Fantasy VII Rebirth
  • Gran Turismo 7
  • Hogwarts Legacy
  • Horizon Forbidden West
  • Marvel’s Spider-Man 2
  • Ratchet & Clank: Rift Apart
  • The Crew Motorfest
  • The First Descendant
  • The Last of Us Part II Remastered

Selain game-game di atas, Sony juga menyebut bahwa ada sekitar 40-50 judul game yang akan mendapat update patch pada November mendatang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya