TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Rekomendasi GPU dengan Spek GDDR6 di Oktober 2023

GPU GDDR6 mana saja yang masih worth it dimiliki?

ilustrasi sistem pendingin cairan pada PC (pexels.com/Nathan b Caldeira)

Seri RTX 4090 dari Nvidia yang dirilis Oktober 2022 lalu termasuk salah satu GPU yang menjadi impian banyak orang. RTX 4090 tentu menawarkan performa terbaik untuk GPU di kalangan konsumen, namun harganya sangat mahal. Fenomena ini juga dapat dilihat dari dari seri RTX 40 lain yang masih terpantau mahal untuk pengguna budget terbatas.

Nah, kabar baiknya dengan adanya peluncuran kartu grafis baru, model GPU GDDR6 yang dirilis sebelumnya menjadi lebih murah. Sehingga GPU lama kini jauh lebih terjangkau dibandingkan sebelumnya. Berikut rekomendasi GPU dengan spek GDDR6 di Oktober 2023 yang tergolong worth it untuk dibeli. Jadi, kalau kamu sedang berpikir untuk membeli GPU bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi, ya.

1. Nvidia 1660 Ti 6GB

ilustrasi 1660 Ti merek Asus TUF (asus.com)

Nvidia GeForce GTX 1660 Ti cocok untuk kamu yang tidak bisa mengeluarkan budget banyak untuk GPU. VGA card ini masih menawarkan performa yang stabil untuk berbagai genre game mainstream di tahun 2023 dengan resolusi Full HD 1080p. GPU ini dibekali dengan memori GDDR6 sebesar 6 GB dan 1.536 CUDA core, sehingga menjadipilihan tepat bagi gamer dengan yang ingin melakukan upgrade dengan budget terbatas.

GTX 1660 Ti juga cukup hemat daya, dengan TDP hanya 120 watt. Perbandingan performa dan penggunaan daya kartu grafis ini cukup balance dan tidak akan membuat tagihan listrikmu membludak. Saat ini harganya di marketplace dengan kondisi bekas sudah terjangkau di angka Rp1,5 juta sampai Rp2 jutaan saja!

2. AMD Radeon 6650 XT 8GB

AMD Radeon RX 6650 XT (amd.com)

GPU berikutnya adalah AMD Radeon RX 6650 XT. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan GTX 1660 Ti namun menawarkan price to performace yang luar biasa. Salah satu keunggulannya adalah memori GDDR6 sebesar 8GB dan 32 Compute Units. GPU ini cocok untuk kamu yang ingin bermain dengan resolusi 1080p dan 1440p tanpa adanya lag atau stuttering.

Namun RX 6650 XT tergolong GPU yang cukup boros dan membutuhkan TDP 180 watt. VGA card ini adalah pilihan tepat untuk gaming dan editing di resolusi yang lebih berat seperti 1440p. Kamu yang tertarik dengan GPU ini bisa mendapatkannya dengan harga Rp3 jutaan saja dalam kondisi second.

Verified Writer

Yohan

Belajar untuk menulis lebih baik setiap hari

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya