TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kamera Helm Terbaik untuk Motovlogger, Fitur Canggih!

Kualitas gambarnya oke banget

GoPro Hero 12 (dok. GoPro)

Action camera menjadi pilihan utama bagi para pengendara yang ingin merekam perjalanan mereka dengan kualitas terbaik. Action camera seperti kamera helm biasanya dibekali fitur-fitur mutakhir seperti resolusi tinggi, stabilisasi gambar, dan kemampuan merekam dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Dalam memilih kamera helm, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, misalnya daya tahan terhadap cuaca. Berbagai model yang tersedia di pasaran menawarkan fitur yang berbeda-beda. Berikut beberapa rekomendasi kamera helm terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Insta360 X3

Insta360 X3 (dok. Insta360 Indonesia)

Rekomendasi kamera helm terbaik yang pertama adalah Insta360 X3. Kualitas pengambilan gambarnya 5.7K@30 fps dan 4K@60fps. Sementara dalam mode single lens, Insta360 X3 sudah mendukung video beresolusi 4K@30fps.

Insta360 X3 juga dapat bekerja dengan baik untuk mengambil gambar di ruang yang minim cahaya. Hal itu berkat adanya sensor dan bukaannya yang besar. Gak cuma itu, daya tahan baterainya pun tangguh karena mampu bertahan selama 70 menit untuk pengambilan video.

Harga Insta360 X3: Rp8,5 juta

2. DJI Osmo Action 3

DJI Osmo Action 3 (dok. DJI)

Kamera helm terbaik lainnya yang juga banyak direkomendasikan adalah DJI Osmo Action 3. Bersama kamera ini, kamu dapat mengabadikan momen dengan Hyperlapse hingga resolusi 4K. Menariknya lagi, kamera ini juga dibekali fitur Electronic Image Stabilization (EIS) yang dapat meredam guncangan saat pengambilan gambar.

Berkat desainnya yang lebih rugged, kamera ini lebih aman digunakan meski kondisi sedang hujan. Baterainya pun unggul karena mampu merekam Full HD 30fps berdurasi 160 menit. Kamu bisa membawa kamera ini untuk mengabadikan kegiatan di luar ruangan.

Harga DJI Osmo Action 3: Rp5,2 juta

3. GoPro Hero 12

GoPro Hero 12 (dok. GoPro)

GoPro punya banyak kamera andalan untuk aktivitas outdoor. Salah satu produk terbarunya yaitu GoPro Hero 12. Kamera ini juga sangat mudah untuk dipasang di helm karena bobotnya yang ringan berkisar 154 gram saja. 

GoPro Hero 12 memiliki kamera beresolusi 27MP dengan mode video HDR. Kamera ini dibekali dengan dua fitur unggulan, yakni AutoBoost dan HyperSmooth 6.0 yang dapat meredam guncangan. Ketahanan baterainya mampu merekam video 1080p 30fps berdurasi 150 menit.

Harga GoPro Hero 12: Rp4,8 juta

Baca Juga: Daftar Harga GPS Motor Terbaik, Mulai Rp1 Jutaan

4. Sony RX0 II

Sony RX0 II (dok. Sony Indonesia)

Sony RX0 II adalah salah satu kamera helm terbaik yang dilengkapi dengan lensa ZEISS. Gak heran jika kualitas video serta foto yang dihasilkan kamera ini sangat jernih. Menariknya lagi, action camera berukuran mungil ini memiliki kemampuan untuk merekam video 4K juga, lho.

Selain itu, Sony RX0 II juga dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor RS sebesar 1 inci dan prosesor BIONZ X. Berkat sensor dan prosesor tersebut, kamera ini bisa merekam video dengan hasil yang tajam dengan cepat. Jadi, sangat cocok untuk membuat motovlogging saat touring.

Harga Sony RX0 II: Rp10,1 juta

5. SJCam SJ8 Pro

SJCam SJ8 Pro (dok. SJCam)

Kamera helm terbaik selanjutnya, yaitu SJCam SJ8 Pro. Kamera ini juga banyak dipilih untuk mengabadikan momen petualangan di luar ruangan. Harganya pun cukup terjangkau.

Kamera ini bisa jadi pilihan apabila kamu mencari action camera murah yang sudah mampu merekam video 4K 60fps. Sayangnya, SJCam SJ8 Pro belum tahan air. Selain itu, kamera ini belum punya fitur stablizer sehingga kamu perlu membeli hand-held tambahan.

Harga SJCam SJ8 Pro: Rp3 juta

Baca Juga: Apa itu Segitiga Exposure? Ini Pengertian dan Fungsinya

6. Brica B-Pro5 Alpha Edition

Brica B-Pro5 Alpha Edition (dok. Brica Indonesia)

Satu lagi action camera yang recommended buat motovlogging, yakni Brica B-Pro5 Alpha Edition. Kamera ini bisa jadi alternatif pilihan buatmu yang mencari action camera berkualitas dengan harga murah. Meski murah, Brica B-Pro5 Alpha Edition punya banyak fitur menarik, lho.

Kamera Brica B-Pro5 Alpha Edition dilengkapi dengan fitur slow motion beresolusi video 2,5K. Selain itu, ada juga sensor 16,35MP yang membuat hasil rekaman videonya sangat tajam dan jernih. Kamera ini juga sudah tahan air sehingga aman digunakan saat kondisi sedang hujan.

Harga Brica B-Pro5 Alpha Edition: Rp1,4 juta

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya