TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 AI untuk Membuat Makalah, Cepat dan Antiribet

Bisa bantu mudahkan penyusunan sitasi, lho

ilustrasi AI untuk membuat makalah (unsplash.com/Solen Feyissa)

Menghadapi tugas makalah sering kali membuat banyak orang merasa tertekan. Namun, adanya kecerdasan buatan, penulisan makalah menjadi lebih mudah. Tersedia banyak alat berbasis AI yang dapat membantumu meningkatkan kualitas makalah yang kamu tulis.

Proses pengumpulan referensi, penyuntingan, dan pengorganisasian ide jadi lebih praktis dengan teknologi AI. Hal ini tentunya akan membantu penulisan makalahmu menjadi lebih efisien. Kamu bisa memanfaatkan beberapa AI untuk membuat makalah berikut ini!

1. Scholarcy

tampilan dasbor Scholarcy (dok. Scholarcy)

Rekomendasi AI untuk membuat makalah yang pertama adalah Scholarcy. Tools AI Scholarcy dirancang khusus untuk membuat ringkasan jurnal akademik. Alat ini akan membantu kamu menyaring informasi penting dari berbagai literatur dan penelitian.

Selain itu, Scholarcy juga mampu merangkum dokumen dengan cepat dan akurat. Dengan kemampuannya itu, kamu dapat meringkas pokok bahasan dalam sebuah jurnal dengan lebih cepat. Jadi, waktumu untuk meninjau banyak sumber literatur bisa jadi lebih singkat.

2. Zotero

tampilan laman Zotero (dok. ZoteroBib)

Zotero tidak hanya membantu dalam penulisan makalah, tetapi juga dapat mengelola referensi yang dikutip di dalamnya. Bagi kamu yang sering kesulitan mengatur sumber dan literatur makalah, kamu bisa gunakan tools AI ini. Sebab, tools ini mampu mengumpulkan, menyimpan, dan mengatur referensi yang digunakan dalam makalah kamu secara otomatis.

Menariknya, Zotero juga integrasi dengan berbagai platform seperti Google Scholar dan perpustakaan daring. Dengan begitu, Zotero dapat memudahkanmu menyisipkan kutipan yang sesuai lengkap dengan format bibliografi sesuai kebutuhanmu.

3. Grammarly

tampilan aplikasi Grammarly (dok. Google Play Store/Grammarly)

Jika kamu kesulitan dalam memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya kepenulisan makalah, maka kamu bisa gunakan Grammarly. Sebab, AI untuk membuat makalah ini mampu memeriksa tata bahasa, ejaan, dan tanda baca secara otomatis.

Umumnya, gaya bahasa makalah yang ditulis dengan AI memiliki kesan sedikit kaku. Namun, kamu bisa mengubah hal tersebut dengan membuat nada tulisan sesuai yang kamu inginkan dengan Grammarly. Menariknya lagi, AI ini juga memiliki fitur untuk memeriksa plagiarisme, lho.

Baca Juga: 7 AI untuk Merangkum Artikel, Cepat dan Efisien

4. Quillbot

tampilan dasbor Quillbot (dok. Quillbot)

QuillBot adalah AI untuk membuat makalah yang berfokus pada parafrase kalimat. Alat AI ini dibekali fitur paraphrasing cerdas yang dapat membuat makalahmu jadi lebih kaya kosakata sehingga lebih menarik untuk dibaca. Banyak penulis akademik yang menggunakan QuillBot untuk memperbaiki kalimat tanpa mengubah substansi dari konten aslinya.

Selain itu, QuillBot juga memiliki fitur penyederhanaan kalimat. Fitur ini akan sangat berguna untuk memperbaiki setiap kalimat di makalahmu menjadi lebih efektif. Uniknya lagi, AI ini mampu menjaga keaslian gaya bahasa penulis, sehingga makalah terasa lebih autentik, lho.

5. EndNote

tampilan dasbor EndNote (dok. EndNote)

EndNote memiliki beberapa keunggulan yang sangat membantu dalam proses pembuatan makalah. Pertama, EndNote dapat memudahkan kamu dalam mengelola referensi. Berkat fitur Reference Management pada EndNote, kamu bisa menyimpan, mengatur, dan mengimpor referensi dari berbagai sumber secara otomatis.

Di samping itu, EndNote juga bisa mengintegrasikan referensi langsung ke dalam dokumen makalah kamu. Nantinya, AI dalam EndNote akan secara otomatis membuat daftar pustaka dan kutipan dengan berbagai gaya penulisan, seperti APA, MLA, maupun Chicago.

Baca Juga: 5 Situs Beli Meterai Online untuk CPNS 2024

6. Writefull

tampilan dasbor Writefull (dok. Writefull)

Salah satu fitur menarik dari Writefull adalah saran kosakata yang lebih spesifik dan akademis. Writefull menggunakan AI untuk memeriksa tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan secara otomatis. Ini sangat membantu dalam pembuatan makalah akademik sehingga tulisan kamu lebih profesional dan sesuai standar jurnal atau institusi.

Selain itu, Writefull memiliki fitur Paraphrasing dan Copy-Editing. Fitur ini berguna untuk memperbaiki kejelasan serta menghindari pengulangan kata dalam makalah yang kamu tulis.

7. Scribbr

tampilan dasbor sitasi Scribbr (dok. Scribbr)

Scribbr dikenal karena kemampuannya mengoreksi serta memberikan saran perbaikan referensi dan format kutipan. Scribbr memiliki fitur khusus yang dapat memeriksa kutipan secara otomatis dan menyesuaikan dengan berbagai gaya penulisan seperti APA, MLA, dan Chicago.

Gak cuma itu, Scribbr juga unggul dalam memperbaiki detail kecil yang sering kali terlewatkan oleh penulis. Jadi, jika kamu ingin memastikan semua referensi dan kutipan tersusun rapi dan akurat, menggunakan Scribbr adalah salah satu pilihan tepat.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi AI untuk membuat makalah yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Semoga informasi ini membantumu menemukan AI yang tepat, ya!

Baca Juga: 7 Situs Parafrase Online Gratis, Jangan Sampai Plagiat!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya