TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Perlengkapan Bikin IRL Live Streaming, Tidak Harus Mahal!

Bisa streaming sambil mobile

potret IRL stream IShowSpeed (youtube.com/IShowSpeed)

Intinya Sih...

  • IRL live streaming semakin populer di kalangan content creator, seperti YouTuber IShowSpeed yang baru-baru ini melakukan live streaming di Indonesia.
  • Perlengkapan utama untuk IRL live streaming antara lain smartphone/kamera dengan kualitas tinggi, stabilizer/gimbal, power bank berkapasitas besar, dan wireless microphone.
  • Beberapa rekomendasi perlengkapan terjangkau untuk IRL live streaming antara lain Samsung Galaxy S20 FE 5G/Realme 12 Pro Plus 5G, Hohem iSteady X/DJI Osmo Mobile 3/Zhiyun Smooth 4, Xiaomi Mi Power Bank 3 Ultra Compact/Anker PowerCore Essential 20000mAh, serta Rode Wireless GO II/BOYA BY-WM4 Pro-K2.

Melakukan IRL (In Real Life) live streaming kini makin populer di kalangan content creator. Salah satu sosok yang paling populer menerapkan konsep ini adalah IShowSpeed, seorang YouTuber terkenal yang baru-baru ini berkunjung dan melakukan live streaming di Indonesia. IRL Stream memungkinkan streamer untuk menyiarkan aktivitas sehari-hari, petualangan, dan pengalaman mereka secara langsung kepada penonton.

Agar bisa melakukan IRL live streaming, kamu perlu memiliki peralatan yang tepat agar pengalaman menonton penggemar tetap menarik dan lancar. Takut dengan biaya perlengkapan yang mahal? Jangan khawatir karena ada beberapa set up yang bisa digunakan dengan harga yang lebih terjangkau, namun, tetap mampu memberikan kualitas video yang baik dan memungkinkan kamu berinteraksi dengan penonton dengan lancar. Yuk, simak beberapa perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk melakukan IRL live streaming berikut!

1. Smartphone atau kamera dengan kualitas tinggi

ilustrasi smartphone (unsplash.com/Redd F)

Smartphone atau kamera dengan kualitas tinggi adalah perlengkapan utama yang kamu butuhkan untuk bikin IRL live streaming. Smartphone modern sudah dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi yang mampu merekam video dengan resolusi tinggi, seperti 1080p atau bahkan 4K. Selain itu, smartphone juga memiliki keunggulan dalam hal portabilitas dan kemudahan penggunaan. Fitur-fitur seperti stabilisasi gambar, autofocus, dan kemampuan merekam di kondisi cahaya rendah membuat smartphone menjadi pilihan ideal, terutama untuk streamer yang ingin bergerak bebas tanpa membawa banyak peralatan sehingga lebih praktis.

Beberapa smartphone terkini yang direkomendasikan untuk live streaming adalah Samsung Galaxy S20 FE 5G atau Realme 12 Pro Plus 5G. Kedua smartphone ini menawarkan kamera berkualitas tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Jika kamu menggunakan kamera, pastikan memilih kamera yang mendukung live streaming dengan mudah, seperti kamera mirrorless yang ringan dan portable. Merek yang menarik untuk kamu lirik ada Logitech C920 HD Pro Webcam yang terkenal dengan kualitas video 1080p dan fitur autofokus yang baik atau Sony ZV-1 yang menjadi pilihan populer di kalangan streamer.

Baca Juga: Daftar Harga Alat Live Streaming IShowSpeed di Indonesia

2. Stabilizer atau gimbal

ilustrasi stabilizer (pexels.com/Julia M Cameron)

Stabilizer atau gimbal adalah gadget yang punya peran gak kalah penting untuk memastikan video live streaming kamu tetap stabil dan bebas guncangan, terutama saat kamu banyak bergerak. Alat ini bekerja dengan menyeimbangkan kamera atau smartphone kamu sehingga gerakan tangan atau tubuh tidak mempengaruhi kualitas video. Tanpa stabilizer, video yang dihasilkan sering kali akan terlihat goyang yang bikin pengalaman menonton menjadi kurang menyenangkan.

Rekomendasi stabilizer yang terjangkau, namun, berkualitas ada dalam diri Hohem iSteady X, DJI Osmo Mobile 3, atau Zhiyun Smooth 4. Alat ini ringan, mudah digunakan, dan memiliki fitur seperti mode follow dan panoramic shooting. Harganya yang bersahabat membuatnya cocok untuk streamer pemula maupun yang sudah berpengalaman.

3. Power bank berkapasitas besar

ilustrasi power bank (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Power bank berkapasitas besar merupakan perlengkapan yang sangat krusial untuk IRL live streaming, terutama jika kamu berencana untuk melakukan siaran dalam waktu yang lama. Streaming video secara langsung dapat menguras baterai perangkat dengan cepat. Oleh karena itu, power bank akan sangat berguna untuk menjaga live stream tetap berlanjut.

Power bank dengan kapasitas minimal 20,000mAh sangat direkomendasikan karena mampu memberikan daya yang cukup untuk penggunaan yang lama dan intensif. Beberapa rekomendasi power bank berkapasitas besar yang terjangkau dan bagus antara lain ada Xiaomi Mi Power Bank 3 Ultra Compact atau Anker PowerCore Essential 20000mAh. Kedua power bank ini menawarkan keseimbangan antara kapasitas besar, portabilitas, dan harga yang terjangkau sehingga pas untuk kebutuhan live streaming.

Verified Writer

Theodore Siagian

ig : the_namora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya