TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesifikasi HP yang Cocok untuk Fotografer dan Videografer

Gak harus smartphone dengan chipset powerful

ilustrasi memotret (pexels.com/cottonbro studio)

Di era modern seperti saat ini, banyak fotografer ataupun videografer yang beralih menggunakan smartphone untuk menunjang kebutuhan mereka. Alasannya simpel, yaitu karena kemajuan teknologi pada smartphone yang semakin canggih, sehingga mampu memberikan kualitas gambar yang jernih. Selain itu, smartphone juga lebih compact, mudah dioperasikan, dan praktis ketika dibawa ke mana-mana.

Namun, tidak semua smartphone yang beredar di pasaran cocok untuk para fotografer dan videografer, lho. Hanya smartphone dengan spesifikasi berikut yang direkomendasikan untuk profesi tersebut. Penasaran apa saja spesifikasi HP yang cocok untuk fotografer dan videografer? Berikut ulasannya.

1. Kamera yang beresolusi tinggi dan fitur mumpuni

potret Huawei Pura 70 Ultra (consumer.huawei.com)

Kamera yang beresolusi tinggi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto dan video yang tajam dan berkualitas tinggi. Namun, ada yang tak kalah penting dibandingkan resolusi, yaitu fitur yang dibenamkan pada smartphone. Jadi, pastikan smartphone yang kamu beli tak cuma menawarkan kamera beresolusi tinggi, tetapi juga fitur-fitur yang lengkap.

Ada banyak fitur keren yang biasa kamu temui di kamera smartphone, seperti OIS, PDAF, optical zoom, pixel shift, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya memiliki fungsinya tersendiri, seperti OIS untuk menjaga gambar agar stabil, PDAF untuk meningkatkan fokus, optical zoom untuk melihat foto dengan lebih detail, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, pastinya smartphone kamu juga memiliki kualitas perekaman video yang tinggi, ya!

Baca Juga: OPPO K12x 5G Resmi Meluncur, Punya Bodi Ringan dan Tahan Banting 

2. Memiliki memori berukuran besar untuk menyimpan file

ilustrasi slot memori (pexels.com/Silvie Lindemann)

Selanjutnya, selain punya kamera beresolusi tinggi, smartphone kamu juga wajib punya ruang penyimpanan yang luas agar semua foto dan video bisa disimpan. Penyimpanan yang luas juga diperlukan untuk menyimpan berbagai aplikasi pengeditan, file multimedia lainnya, serta memastikan performa perangkat tetap optimal tanpa terbebani oleh kekurangan ruang. Selain itu, pastikan juga smartphone kamu mendukung slot memori eksternal atau support OTG agar bisa memindahkan file dengan lebih cepat. Untuk smartphone era sekarang, kami bisa menemukan cukup banyak varian memori mulai dari 256GB, 512GB, dan 1TB.

3. Punya layar jernih dan tajam

potret layar Oukitel WP19 Pro (oukitel.com)

Tak kalah penting, layar yang jernih dan tajam pada smartphone diperlukan oleh para fotografer dan videografer agar mereka bisa dengan akurat melihat dan mengedit detail dari foto dan video yang diambil. Layar yang berkualitas tinggi membantu dalam menilai ketajaman gambar, warna, dan komposisi dengan lebih baik, memastikan hasil akhir yang lebih memuaskan dan profesional. Selain itu, akurasi warna pada layar smartphone juga diperlukan seperti mendukung 1B colors, mendukung HDR10+, Dolby Vision, dan fitur-fitur canggih lainnya. Dengan spesifikasi layar yang mempuni, hasil karya foto ataupun video jadi lebih menarik.

4. Baterai awet dan mendukung fast charging

potret baterai Oukitel WP19 Pro (oukitel.com)

Gak ketinggalan soal baterai, gak mau kan smartphone kamu tiba-tiba lowbat saat sedang bekerja? Ya, untuk menunjang kegiatan profesional, smartphone wajib memiliki baterai yang tahan lama. Selain itu, kecepatan penyisihan daya juga wajib cepat agar kamu tidak perlu berlama-lama menunggu. Saat ini, baterai berkapasitas 5000mAh dan dukungan fast charging di atas 67W sudah sangat banyak di pasaran.

Verified Writer

Sumahir Hidayanto

Bersatu kita teguh, bercerai kita bebas🇮🇩

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya