TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih HP Gaming Terbaik ala Pricebook

Gak bakal salah saat beli HP baru!

ilustrasi bermain game di chipset Snapdragon 8 Gen 1 (youtube.com/Snapdragon)

Memilih HP yang dikhususkan untuk menunjang kebutuhan gaming memang bukan hal mudah. Apalagi jika bujetmu sedikit. Tentu proses memilih lebih membutuhkan banyak riset agar HP gaming yang kamu incar sesuai ekspektasi.

Untungnya, salah satu situs perbandingan harga, Pricebook, melalui kanal YouTube-nya memberikan tips kepada konsumen memilih HP gaming. Situs yang sudah berdiri sejak 2013 ini tentu memiliki pandangan tersendiri yang patut diperhatikan, bahkan kamu simak sebagai panduan. Langsung intip apa saja trik memilih HP gaming ala Pricebook lewat artikel berikut, yuk!

1. Kapasitas RAM dan memori internal harus besar

ilustrasi RAM Realme Narzo 50 5G (realme.com)

Kapasitas RAM dan memori internal yang besar adalah salah satu aspek yang wajib dimiliki HP gaming. Hal ini karena banyak game-game kekinian memiliki ukuran besar sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar juga. Selain itu, RAM yang besar juga memungkinkan performa smartphone lebih powerful. Minimal kapasitas RAM dan memori internal untuk smartphone gaming yang ideal adalah 4GB/64GB.

2. Semakin luas ukuran layar, maka semakin bagus

potret layar Poco X3 NFC (mobile.mi.co.id)

Layar adalah salah satu sektor terpenting dalam bermain game. Dengan ukuran layar yang luas, para pemain bakal merasa lebih nyaman saat bermain. Tak cuma luas, kamu juga harus memperhatikan resolusi dan juga refresh rate dari layar smartphone yang kamu incar.

Ukuran layar yang ideal untuk bermain game ada di atas 6 inci. Sedangkan, untuk resolusi, minimal adalah FHD+. Terakhir, untuk refresh rate, pastikan di atas 60Hz, ya, agar kamu bisa memanfaatkan konfigurasi grafis tertinggi dari game yang ingin kamu mainkan.

3. Baterai harus awet agar gak bolak-balik charging

ilustrasi charging Poco M4 Pro 4G (po.co)

Sektor baterai bisa dibilang sangat krusial karena menentukan kenyamanan dan kepuasan saat bermain game. Dengan ukuran baterai yang luas, kamu bisa bermain dalam jangka waktu yang lama. Minimal kapasitas baterai untuk kebutuhan gaming adalah 5000mAh.

Selain baterai awet, pastikan HP kamu juga sudah mendukung fitur fast charging. Fitur ini memungkinkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai menjadi lebih singkat. Untuk smartphone gaming, minimal kecepatan charging yang perlu dimiliki paling tidak adalah sekitar 30W.

4. Usahakan punya sistem pendingin

ilustrasi fan cooler Memo DL-05 (shopee.com/memo_gaming_store)

Sistem pendingin adalah salah satu teknologi yang wajib dimiliki smartphone gaming. Namun, fitur pendingin ini jarang ditemui di smartphone kelas bawah. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan fan cooler. Ada beberapa teknologi fitur pendingin di smartphone gaming, seperti fan pendingin di dalam mesin, liquid cooling, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: 5 HP Gaming dengan Chipset Snapdragon Turun Harga Oktober 2023

Verified Writer

Sumahir Hidayanto

Kritik saran: contacts us: 0858-4124-4290

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya