TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

TECNO PHANTOM V Fold2 vs TECNO PHANTOM V Fold, Perlu Upgrade?

Lebih canggih dengan stylus pen dan sertifikasi IP54 

TECNO PHANTOM V Fold2 (kiri) dan TECNO PHANTOM V Fold (kanan) (mobile-phantom.com)

Intinya Sih...

  • TECNO PHANTOM V Fold2 diperkenalkan sebagai penerus TECNO PHANTOM V Fold pada September 2024.
  • Layar, kamera, dan performa TECNO PHANTOM V Fold2 tidak banyak berubah dari pendahulunya, tetapi memiliki peningkatan kapasitas baterai dan dukungan pengisian daya.
  • Perbedaan lainnya terletak pada ukuran, berat, pemakaian stylus pen, serta sertifikasi IP54 (tahan debu dan cipratan air).

TECNO resmi memperkenalkan smartphone lipat foldable generasi kedua pada September 2024. Namanya ialah TECNO PHANTOM V Fold2. Ini menjadi penerus dari TECNO PHANTOM V Fold pada Februari 2023.

Dari eksteriornya, terjadi perubahan utama di bentuk modul kamera. Lalu, apakah terjadi perubahan signifikan dalam hal spesifikasi? Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengikuti perbandingan spesifikasi antara TECNO PHANTOM V Fold2 dan TECNO PHANTOM V Fold berikut.

1. TECNO PHANTOM V Fold punya kamera swafoto 16MP di sisi dalam dan modul lingkaran di luar

TECNO PHANTOM V Fold (mobile-phantom.com)

TECNO PHANTOM V Fold memiliki layar sisi luar maupun dalam dengan panel LTPO OLED dan refresh rate 120Hz. Namun, tentunya bentang dan resolusinya berbeda. Layar sisi dalam memiliki bentang 7,85 inci dan resolusi 1080 x 2296 piksel. Sementara itu, layar sisi luar memiliki bentang 6,42 inci dan resolusi 1080 x 2550 piksel.

Di sektor fotografi, TECNO PHANTOM V Fold dibekali kamera swafoto 32MP di punch hole layar luar dan 16MP di dalam punch hole layar sisi dalam. Sementara itu, di sisi luar, ada modul lingkaran berwarna hitam mengkilat yang memuat LED flash dan tiga kamera. Konfigurasi kameranya ialah kamera utama 50MP (f/1.9), kamera ultrawide 13MP (f/2.2), dan kamera telefoto 50MP (f/2.0) dengan perbesaran optik dua kali.

Baca Juga: 4 HP TECNO Camon Series RAM 8GB Termurah di Indonesia

2. TECNO PHANTOM V Fold2 punya modul persegi panjang berisi tiga kamera 50MP

TECNO PHANTOM V Fold2 (mobile-phantom.com)

TECNO PHANTOM V Fold2 ternyata mempertahankan spesifikasi layar pendahulunya. Punch hole di layar luar juga menyimpan kamera swafoto 32MP. Namun, punch hole di layar dalam berisi kamera 32MP. Resolusinya dua kali lebih tinggi dari pendahulunya.

Nah, perubahan yang cukup mencolok terjadi di modul kamera yang berubah dari lingkaran menjadi persegi panjang, tetapi tetap memuat tiga kamera. Kamera utamanya tetap beresolusi 50MP (f/1.9), tetapi kini lebih stabil karena dilengkapi OIS. Yang kedua ialah kamera ultrawide 50MP untuk menghasilkan foto lebih jelas dibandingkan kamera ultrawide 13MP milik pendahulunya. Kamera yang ketiga ialah kamera telefoto 50MP yang sama seperti pendahulunya.

3. Performa cenderung tak berubah karena sama-sama diperkuat Dimensity 9000+

ilustrasi prosesor MediaTek Dimensity 9000+ (mobile-phantom.com)

Performa TECNO PHANTOM V Fold2 tidak mengalami perubahan dari TECNO PHANTOM V Fold karena keduanya sama-sama masih ditopang Dimensity 9000+. Ini adalah prosesor buatan MediaTek yang diumumkan pada Juni 2022. Ia memiliki fabrikasi 4 nm, 1 Cortex-X2@3,2GHz, 3 Cortex-A710@2,85GHz, dan 4 Cortex-A510@1,8GHz. Terkait varian, keduanya tersedia dengan konfigurasi RAM 12GB dan memori internal 512GB. Namun, TECNO PHANTOM V Fold masih tersedia dalam varian dengan kapasitas memori internal separuh lebih kecil, 256GB, tetapi kapasitas RAM bawaannya tetap 12GB.

4. Baterai bertambah besar, tetapi bodinya lebih tipis dan ringan

ilustrasi pengisian daya baterai TECNO PHANTOM V Fold2 (mobile-phantom.com)

Di sektor energi, terjadi peningkatan kapasitas baterai maupun besaran dukungan pengisian daya. TECNO PHANTOM V Fold ditenagai baterai 5000 mAh dengan dukungan pengisian daya 45W melalui soket USB Type C. Sementara itu, TECNO PHANTOM V Fold2 ditenagai baterai 5750 mAh dengan dukungan pengisian daya 70W lewat soket USB Type C. Selain lewat soket USB Type C, baterai TECNO PHANTOM V Fold2 juga bisa diisi secara nirkabel dengan dukungan daya maksimal 15W. Menariknya, meski baterainya lebih besar, TECNO PHANTOM V Fold2 ternyata lebih tipis dan berat dari pendahulunya dengan rincian perbandingan di bawah ini:

TECNO PHANTOM V Fold

  • Tidak terlipat: 15,4 x 140,4 x 6,9 mm
  • Terlipat: 159,4 x 72 x 14,2-14,5 mm
  • Berat: 299 gram

TECNO PHANTOM V Fold2

  • Tidak terlipat: 159 x 140,4 x 6,1 mm
  • Terlipat: 159 x 72,2 x 11,8-12 mm
  • Berat: 149 gram

5. TECNO PHANTOM V Fold2 dukung pemakaian stylus pen dan punya sertifikasi IP54

ilustrasi penggunaan stylus pen di TECNO PHANTOM V Fold2 (tecno-mobile.com)

Nah, ada setidaknya dua hal tambahan yang hanya bisa dijumpai di TECNO PHANTOM V Fold2. Pertama, smartphone tersebut mendukung pemakaian stylus pen bernama PHANTOM V Pen. Ini tentunya membantu penggunanya menulis atau menggambar layaknya memakai layar tablet. Yang kedua, TECNO PHANTOM V Fold2 bersertifikasi IP54 (tahan debu dan cipratan air) untuk memberi tambahan ketenangan dan kenyamanan kepada penggunanya.

Verified Writer

Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya