TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

realme Note 60 vs realme Note 50, Apa Saja yang Upgrade?

Lebih aman saat terjatuh di permukaan keras

realme Note 60 (kiri) dan realme Note 50 (kanan) (realme.com)

Intinya Sih...

  • realme Note 60 resmi hadir di Indonesia pada Agustus 2024 sebagai penerus realme Note 50 dengan harga Rp1 jutaan.
  • Keduanya memiliki layar IPS LCD 6,74 inci, prosesor Unisoc T612, baterai 5000 mAh, dan kamera utama yang berbeda.
  • Realme Note 60 dibekali fitur ArmorShell Protection, sertifikasi IP64, Android 14, dan layar rainwater smart touch.

realme Note 60 resmi menyapa Indonesia pada akhir Agustus 2024. Ini adalah penerus dari realme Note 50 yang lebih dulu meluncur pada Februari 2024. Kedua smartphone ini sama-sama menyasar segmen smartphone entry level seharga Rp1 jutaan.

Tentunya, realme memberikan pembaharuan untuk realme Note 60. Namun, seberapa jauh perbedaan dan persamaan keduanya? Temukan jawabannya setelah menyimak perbandingan spesifikasi realme Note 60 vs realme Note 50 di artikel ini, ya!

1. Spek layar dan kamera swafotonya tak mengalami perubahan

ilustrasi realme Note 60 dengan layar 90Hz (realme.com)

Mari mulai dari sisi depannya yang terlihat sama persis. Baik realme Note 60 maupun realme Note 50 punya layar berpanel IPS LCD dengan bentang 6,74 inci, resolusi HD+, refresh rate 90Hz, dan kecerahan puncak 540 nit. Keduanya juga punya poni tetesan air yang berisi kamera swafoto beresolusi 5MP. Nah, keduanya bisa terlihat seolah-olah memiliki Dynamic Island ala iPhone berkat adanya fitur Mini Capsule dengan area berwarna hitam yang sedikit memanjang di kiri dan kanan poni untuk menampilkan beberapa informasi, seperti cuaca, kapasitas baterai, status penguncian layar, dan jumlah langkah kaki.

Baca Juga: 5 HP RAM 4GB Termurah untuk Main Harvest Moon: Home Sweet Home

2. Performa setara, tetapi realme Note 60 punya opsi RAM dan memori internal lebih besar

ilustrasi prosesor Unisoc T612 (realme.com)

Di sektor performa, realme Note 60 dan realme Note 50 sama-sama mengandalkan Unisoc T612, prosesor berfabrikasi 12 nm yang rilis pada Mei 2022. Unisoc T612 memiliki dua Cortex-A75 dan enam Cortex-A55 yang sama-sama punya clock speed 1,8GHz. Terkait konfigurasi RAM dan memori internal, realme Note 50 tersedia dalam dua varian dan realme Note 60 tersedia dalam tiga varian dengan rincian masing-masing sebagai berikut:

  • realme Note 50: 4/64GB, 4/128GB
  • realme Note 60: 4/64GB, 6/128GB, 8/256GB

3. Sama-sama ditenagai baterai 5000 mAh dengan dukungan pengisian daya 10W saja

ilustrasi kapasitas baterai realme Note 60 (realme.com)

Baik realme Note 60 maupun realme Note 50 sama-sama ditenagai baterai 5000 mAh. Cukup disayangkan, dukungan pengisian dayanya sangat lambat dengan besaran daya maksimal 10W. Keduanya juga punya pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol daya. Lalu, keduanya juga sama-sama dibekali tiga slot kartu, audio jack 3,5 mm, speaker mono, soket USB Type C, dan satu mikrofon.

4. Tampilan area kamera sedikit berbeda, resolusi kamera utamanya meningkat

realme Note 60 (kiri) dan realme Note 50 (kanan) (realme.com)

Beralih ke sisi belakang, ada dua kamera, terdiri dari kamera utama dan kamera pelengkap, dan LED flash yang terletak di area mengkilat di pojok kiri atas, tetapi tampilannya sedikit berbeda. Di realme Note 50, baik kedua kamera tersebut maupun LED flash dikelilingi bingkai hitam menonjol. Sementara itu, di realme Note 60 hanya kedua kamera yang dikelilingi bingkai lingkaran hitam menonjol. Nah, hal yang cukup menarik ialah terjadi kenaikan resolusi kamera utamanya. realme Note 60 dibekali kamera utama 32MP, lebih tinggi dari kamera utama 13MP milik realme Note 50.

5. realme Note 60 kedap debu, punya ArmorShell Protection, dan jalankan Android 14

ilustrasi realme Note 60 terjatuh ke permukaan keras (realme.com)

Lalu, ada beberapa hal lain yang meningkat dari realme Note 50 ke realme Note 60. Terkait sistem operasi, realme Note 60 langsung menjalankan Android 14 yang lebih baru dari realme Note 50 yang hadir dengan Android 13. Lalu, realme Note 60 bersertifikasi IP64, sedangkan realme Note 50 bersertifikasi IP54. Ini menunjukkan bahwa realme Note 60 kedap debu, sedangkan realme Note 50 masih bisa kemasukan debu tetapi tetap aman selama debu yang masuk masih dalam jumlah tertentu.

Menariknya, bodi realme Note 60 mengusung ArmorShell Protection yang memadukan kombinasi logam, busa, dan silikon. Ini membantu meredam guncangan dengan lebih baik, sehingga smartphone tidak mudah rusak ketika terjatuh. Lalu, layarnya juga dilengkapi fitur rainwater smart touch sehingga tetap nyaman dioperasikan meski permukaan layar atau jari tangan dalam kondisi basah.

Verified Writer

Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya