TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

realme 12 5G vs Samsung Galaxy A15 5G, Selisih Rp100 Ribu Saja!

Performa berimbang, spek lainnya beragam

realme 12 5G (realme.com) | Samsung Galaxy A15 5G (samsung.com)

Sampai Maret 2024 ini, ada dua smartphone baru di Indonesia yang diperkuat prosesor MediaTek Dimensity 6100+. Pertama ialah Samsung Galaxy A15 5G yang hadir pada Januari 2024. Berikutnya ada realme 12 5G yang baru saja rilis pada Maret 2024.

Persaingan smartphone ini dipastikan berjalan sengit karena keduanya sama-sama bertarung di kelas harga Rp3 jutaan. Sebagian dari calon konsumen mungkin merasa bingung menentukan pilihan. Jika kamu termasuk salah satunya, cermati perbandingan spesifikasi realme 12 5G dan Samsung Galaxy A15 5G ini untuk membantumu mengetahui apa saja persamaan dan perbedaan keduanya!

1. Prosesor sama berpadu dengan RAM dan memori internal yang sama

ilustrasi prosesor MediaTek Dimensity 6100+ (realme.com)

Baik realme 12 5G maupun Samsung Galaxy A15 5G punya performa yang berimbang karena sama-sama ditopang prosesor MediaTek Dimensity 6100+ dengan pengolah grafik Mali-G57 MC2. Prosesor yang meluncur pada Juli 2023 itu punya fabrikasi 6 nm dan 8 prosesor inti (octa-core), terdiri dari 2 Cortex-A76@2,2GHz dan 6 Cortex-A55@2,0GHz. Di Indonesia, keduanya tersedia dalam satu varian dengan RAM 8GB bertipe LPDDR4X dan memori internal 256GB bertipe UFS 2.2.

Baca Juga: Harga Sama, Pilih Infinix Note 40 atau Infinix Note 30 Pro?

2. Samsung Galaxy A15 5G punya poni tetesan air berisi kamera dengan resolusi lebih tinggi

bagian depan Samsung Galaxy A15 5G (samsung.com)

Bagian depan Samsung Galaxy A15 5G masih menggunakan poni tetesan air yang terlihat ketinggalan zaman di tengah tren smartphone yang mengguanakan punch hole. Poni tersebut memuat kamera swafoto 13MP. Lalu, Samsung membekalinya dengan layar berpanel Super AMOLED yang memiliki bentang 6,5 inci, resolusi Full HD+, refresh rate 90Hz, dan kecerahan puncak 800 nit.

3. Sisi depan realme 12 5G lebih modern, layar lebih mulus dan terang

bagian depan realme 12 5G (realme.com)

Di sisi lain, realme 12 5G terlihat lebih modern karena memakai punch hole. Akan tetapi, resolusi kamera depannya lebih rendah, yakni 8MP. Layarnya berpanel IPS LCD dengan bentang 6,72 inci, resolusi Full HD+, refresh rate 120Hz, dan kecerahan puncak 950 nit. Dibandingkan pesaingnya, layar realme 12 5G lebih besar, lebih mulus, dan lebih terang.

4. Tampilan punggung Samsung Galaxy A15 5G lebih polos, tetapi punya kamera ultrawide

bagian belakang Samsung Galaxy A15 5G (samsung.com)

Beralih ke bagian belakang, punggung Samsung Galaxy A15 5G terlihat sederhana. Ada LED flash dan tiga kamera yang terletak di pojok kiri atas dari punggung yang berkilau. Konfigurasi ketiga kameranya ialah kamera utama 50MP, kamera ultrawide 5MP, dan kamera makro 2MP.

5. Bagian belakang realme 12 5G lebih mewah, punya kamera utama 108MP

bagian belakang realme 12 5G (realme.com)

Sementara itu, punggung realme 12 5G terlihat lebih mewah karena berbahan kulit sintetis dengan aksen jahitan yang memanjang dari atas ke bawah. Apalagi, ada modul lingkaran mengilat yang terinspirasi dari jam tangan trendi. Pada modul tersebut, ada LED flash, kamera portrait 2MP, dan kamera utama 108MP dengan fitur 3X in-sensor zoom.

6. Suara lebih imersif karena punya speaker stereo

ilustrasi realme 12 5G dengan speaker stereo (realme.com)

Di sekeliling bingkai kedua smartphone ini, kamu bisa menjumpai berbagai komponen yang sama, seperti tombol pengatur volume speaker, tombol daya yang merangkap sebagai pemindai sidik jari, soket USB Type C, audio jack 3,5 mm, dua mikrofon, dan slot kartu hybrid. Perbedaan mencolok terletak pada jumlah speaker. Samsung Galaxy A15 5G punya satu speaker saja yang terletak di bingkai bawah. Sementara itu, realme 12 5G sanggup menghasilkan suara lebih imersif karena punya speaker stereo yang masing-masing terletak di bingkai atas dan bawah.

7. Baterai sama-sama 5000 mAh, tapi durasi pengisian ulangnya berbeda

ilustrasi realme 12 5G dengan baterai 5000 mAh (realme.com)

Di sektor energi, kedua smartphone ini sama-sama ditenagai baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Sayangnya, durasi pengisian ulangnya berbeda. Baterai Samsung Galaxy A15 5G terisi penuh lebih lama karena mendukung pengisian daya 25W. Kapasitas tersebut lebih kecil dari pengisian daya 45W yang tersemat pada realme 12 5G.

8. Salah satunya bisa menikmati Android 18 beberapa tahun mendatang

info pembaharuan sistem operasi dan sistem keamanan smartphone Samsung (samsung.com)

Kedua smartphone ini langsung menjalankan sistem operasi terbaru Android 14 dengan antarmuka terkini yang berbeda, yaitu One UI 6 (Samsung) dan realme UI 5 (realme). Nah, pemilik Samsung Galaxy A15 5G bisa menikmati Android 18 karena dijanjikan akan mendapatkan software update hingga 4 tahun dan security update hingga 5 tahun. Di sisi lain, realme 12 5G mendapatkan software update 2 tahun dan security update 3 tahun saja yang artinya hanya bisa menikmati sampai Android 16 saja.

9. Sertifikasi IP54, fitur Mini Capsule, dan Dynamic Button

ilustrasi realme 12 5G dengan sertifikasi IP54 (realme.com)

realme 12 5G punya tiga aspek unggulan yang tak dimiliki pesaingnya. Pertama, bodinya bersertifikasi IP54 yang berarti lebih aman dari debu dan cipratan air. Lalu, ada fitur Mini Capsule 2.0 yang membuat punch hole bisa tampil seperti Dynamic Island iPhone untuk menampilkan beberapa informasi, seperti kapasitas baterai, lagu yang sedang diputar, cuaca, dan jumlah langkah kaki. Selain berfungsi sebagai pemindai sidik jari, tombol dayanya juga didukung fitur Dynamic Button untuk mengaktifkan jalan pintas menuju fungsi tertentu, seperti senter, kamera, mode mute, dan lagu.

Verified Writer

Samuel

Go Racing!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya