TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

itel S23+ Resmi Lahir, Upgrade Besar-besaran dari iTel S23 

Tampil paling mewah di kelasnya

itel S23+ (itel-life.com)

Produsen HP dari grup Transsion Holdings, itel, lagi-lagi membuat kejutan untuk segmen smartphone entry level lewat peluncuran itel S23+. Smartphone ini tentu masih satu saudara dengan itel S23 yang debut lebih dulu pada semester pertama 2023.

Dari namanya, itel S23+ merupakan versi peningkatan dari itel S23 dengan sederet pembaharuan. Seberapa signifikan pembaharuan itu? Yuk, telusuri spesifikasi itel S23+ sekaligus perbandingannya dengan itel S23 lewat ulasan kali ini!

Baca Juga: 5 HP POCO Terbaik untuk Gaming 2023, GPU Telah Teruji! 

1. Pakai punch hole dan lengkungan di kiri dan kanan layar

ilustrasi fungsi Dynamic Bar di itel S23+ (itel-life.com)

itel S23+ memiliki perubahan cukup signifikan di bagian eksterior. Khusus di sisi depan, itel S23+ mengusung punch hole yang membuatnya tampak lebih modern dari itel S23 dengan poni tetesan air. Punch hole tersebut memuat kamera swafoto 32MP. Resolusinya empat kali lebih tinggi dari kamera swafoto 8MP milik itel S23. Menariknya lagi, ada fitur Dynamic Bar (serupa dengan fitur Mini Capsule di HP realme) yang terinspirasi dari Dynamic Island di iPhone yang bertujuan untuk menampilkan beberapa informasi seperti kapasitas baterai, panggilan masuk, pengingat (reminder), dan status penguncian layar (unlock status).

Bagian depan itel S23+ juga mewah karena sisi kiri dan kanannya didesain melengkung. Layarnya berpanel AMOLED dengan bentang 6,78 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel (Full HD+), rentang warna 99 persen DCIP3, dan tingkat kecerahan 500 nit. Sebagai perbandingan, bagian depan itel S23 memiliki permukaan datar. Layarnya berpanel IPS LCD dengan bentang 6,6 inci dan resolusi 720 x 1612 piksel (HD+). Layar itel S23+ bahkan lebih tahan terhadap goresan dan benturan berkat perlindungan Gorilla Glass 5.

2. Bagian belakang juga mewah layaknya HP flagship

itel S23+ (itel-life.com)

Tak hanya bagian depan, sisi kiri dan kanan punggung itel S23+ ternyata juga melengkung. Ini tentu membuatnya terasa lebih tipis ketika digenggam dibandingkan itel S23. Lalu, modul kameranya juga berubah. Di itel S23, kamera dan LED flash ditempatkan di dalam satu lingkaran yang terlapisi pelindung. Di sisi lain, modul kamera itel S23+ dibuat menyerupai iPhone.

Terkait konfigurasi kamera, kedua HP ini hanya memiliki 2 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dan kamera pendamping. Kamera utamanya beresolusi 50MP dengan diafragma f/1.6 dan fitur auto focus. Kamera utama tersebut juga dibekali beberapa mode, seperti 10x Zoom, Super Night, Eye Tracking, dan Portrait Life.

3. Pakai Prosesor octa-core lebih tangguh

ilustrasi fitur penambahan RAM virtual (itel-life.com)

Baik itel S23+ maupun itel S23 mengandalkan prosesor buatan Unisoc yang berbeda. itel S23+ diperkuat prosesor Unisoc T616 dengan clock speed maksimal 2,0GHz, sedangkan itel S23 diperkuat Unisoc T606 berkecepatan maksimal 1,6GHz. Kedua prosesor tersebut memiliki fabrikasi 12 nm dan delapan prosesor inti (octa-core).

Terkait varian RAM, itel S23 maupun itel S23+ dibekali dua pilihan kapasitas RAM, yakni 4GB dan 8GB. Ada fitur penambahan RAM virtual sebesar dua kali lipat dari kapasitas RAM dasar. Varian RAM 4GB menyediakan memori internal 128GB, sedangkan varian RAM 8GB menawarkan memori internal 256GB. Sebagai tambahan, varian RAM 8GB itel S23 juga menyediakan opsi memori internal 128GB. Ada slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas media penyimpanan keduanya.

4. Charging lebih cepat dan pemindai sidik jari canggih

ilustrasi mengisi baterai itel S23+ yang berkapasitas 5000 mAh (itel-life.com)

Terkait sumber energi, kedua HP ini ditenagai baterai 5000mAh yang diisi ulang melalui soket USB Type C. Meski begitu, ternyata dukungan charging keduanya berbeda. Baterai itel S23+ mendukung charging 18W. Tentu baterainya akan lebih cepat penuh ketika isi daya dibandingkan itel S23 yang mendukung charging 10W saja.

Kedua HP ini dilengkapi sensor pengenal wajah yang terintegrasi ke kamera depan. Ada pula pemindai sidik jari yang ternyata berada di posisi berbeda. itel S23+ menggunakan pemindai sidik jari dalam layar yang tentu lebih canggih dari itel S23 dengan pemindai sidik jari terintegrasi ke tombol daya. Apalagi, itel S23+ kabarnya juga dilengkapi NFC.

Baca Juga: 3 HP TECNO Terbaik dengan Dukungan Chipset MediaTek Dimensity 9000

Verified Writer

Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya