TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fitur One UI 6 Terbaru dari Samsung yang Wajib Dicoba, Catat!

Mulai dari kamera, home screen, dan masih banyak lagi

ilustrasi One UI 6 terbaru Samsung (Freepik.com)

Sebagai salah satu brand Android yang masih menjadi favorit pengguna dari berbagai kalangan, Samsung mengumumkan berbagai fitur One UI 6 terbaru dengan teknologinya yang canggih. Perlu diketahui, Samsung One UI adalah perangkat lunak yang berfokus pada Interface atau tampilan visual produk.

Tujuan utama dikembangkannya fitur One UI 6 terbaru sendiri untuk memudahkan pengguna Samsung dalam mengoperasikan perangkat. Adapun fitur One UI 6 terbaru yang ditawarkan Samsung sangat beragam, mulai dari penyimpanan, kamera, home screen, dan masih banyak lagi. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Fitur One UI 6 Terbaru

Melansir Samsung.com, inilah beberapa fitur One UI 6 terbaru yang wajib kamu coba, di antaranya yaitu:

1. Widget kamera

Kamu senang berswafoto atau hobi mengambil gambar menggunakan ponsel? Jika iya, kini Samsung memiliki fitur One UI 6 terbaru yang akan memudahkanmu dalam mengakses mode kamera tertentu di home screen secara instan.

Iyup, kamu tak perlu membuka aplikasi kamera jika ingin mengambil gambar. Misalnya, kamu bisa membuka kamera depan ataupun belakang dengan mode Potrait, Pro, Night, Video, dan berbagai mode lainnya dengan mudah hanya melalui widget. Selain itu, kamu juga bisa memilih sampul widget kamera menggunakan foto favoritmu dari galeri.

2. Fitur baru kamera

Masih berhubungan dengan kamera, Samsung juga menawarkan fitur One UI 6 terbaru melalui aplikasi kameranya. Salah satunya, kamu bisa mengaktifkan mode foto dengan resolusi yang tinggi, mulai dari 12MP, 50MP, hingga 200 MP.

Jika ingin berswafoto, Samsung juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mematikan opsi swipe up atau down jika ingin mengubah kamera depan ke kamera belakang, ataupun sebaliknya. Hal ini berguna untuk mencegah pergantian kamera secara tidak sengaja saat sedang berswafoto.

Tak hanya untuk foto, Samsung juga memiliki fitur One UI 6 terbaru untuk merekam video, yakni fitur ‘Auto FPS’ yang bisa digunakan pengguna agar memaksimalkan frame rate dalam merekam video yang lebih terang secara otomatis. Fitur ini terdiri dari tiga opsi, yaitu off, use for 30 fps video only, dan user for 30 fps dan 60 fps video. 

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15, Mana yang Lebih Baik?

3. Fitur pindai dokumen

ilustrasi scan dokumen di hp (Freepik.com/Pressmaster)

Bagi kamu yang sering menggunakan handphone untuk keperluan pekerjaan seperti memindai dokumen, kini Samsung juga menawarkan fitur One UI 6 terbaru yang akan memudahkan dalam memindai foto dokumen secara otomatis.  Fitur pindai dokumen ini juga telah dipisahkan dari Scene optimizer, sehingga kamu tetap bisa memindai dokumen meskipun Scene optimizer dimatikan. 

Fitur pemindaian otomatis terbaru ini memungkinkan kamu untuk memindai dokumen secara otomatis setiap kali kamu mengambil foto-foto dokumen. Jika dokumen sudah dipindai, kamu bisa langsung copy tulisan ke dalam teks atau menyejajarkannya sesuai keinginan.

3. Kosongkan ruang penyimpanan

ilustrasi backup penyimpanan (Freepik.com)

Kamu sering bermasalah dengan ruang penyimpanan yang penuh di perangkat? Jika iya, sekarang tak perlu khawatir lagi. Samsung juga memberikan fitur One UI 6 terbaru yang akan memudahkanmu.

Misalnya, saat terdeteksi perangkatmu telah kehabisan ruang penyimpanan, ponsel akan memberikan kartu rekomendasi untuk membantumu dalam mengosongkan ruang penyimpanan. Menu ini bisa kamu temukan melalui aplikasi File Saya, di mana kamu akan diberikan rekomendasi untuk menghapus file yang tidak perlu, mengatur penyimpanan melalui cloud, hingga pemberitahuan mengenai aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang penyimpanan pada perangkatmu.

4. Edit video melalui studio bawaan

Jika kamu senang mengedit video, maka fitur One UI 6 terbaru yang satu ini jangan sampai terlewat untuk dicoba. Yup, Samsung memiliki fitur terbaru melalui aplikasi ‘Studio’ yang bisa kamu manfaatkan untuk mengedit video sesuai seleramu.

Menariknya, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur lengkap untuk mengedit video, sehingga kamu tak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi. Salah satunya, kamu bisa menambah dua atau lebih background music atau musik latar, efek fade-in dan fade-out yang bisa membuat suara musik menjadi lebih jernih dan smooth. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan blank clip atau video hitam polos secara instan yang sudah tersedia dari stok bawaan Samsung.

5. Akses quick panel cepat

Fitur One UI 6 terbaru berikutnya yang tak kalah penting dan mungkin paling sering diakses oleh pengguna smartphone adalah quick panel. Yup, quick panel merupakan pengaturan utama yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan berbagai fitur bawaan, seperti data seluler, Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, mengatur brightness, senter, dan masih banyak lagi.

Jika pada One UI versi sebelumnya pengguna harus melakukan swipe bar sebanyak dua kali untuk memunculkan quick panel, kini melalui fitur One UI 6 terbaru pengguna bisa mengakses quick panel setting secara cepat, hanya perlu sekali swipe. Cara mengaktifkan fitur ini pun mudah, buka ponselmu, lalu swipe layar sebanyak dua kali. Kemudian, klik ikon pensil > "Quick settings instant access". Jika sudah, klik tombol ‘on’ untuk mengaktifkan fitur terbarunya.

6. Aktifkan notifikasi dengan waktu

ilustrasi tampilan notifikasi di Samsung (Freepik.com/Rawpixel)

Samsung One UI 6 terbaru berikutnya yang tak kalah menarik adalah ‘Sort Notification’. Melalui fitur ini, pengguna bisa memilih salah satu dari dua opsi untuk menampilkan pemberitahuan di panel notifikasi, yakni berdasarkan waktu atau prioritas.

Jika pada Di OneUI 5.1 sebelumnya, urutan notifikasi hanya akan ditampilkan berdasarkan sistem prioritas, misalnya notifikasi chat WhatsApp biasanya berada di paling atas dibandingkan notifikasi dari aplikasi Instagram, TikTok, bahkan e-mail. Dengan fitur baru sort notification di OneUI 6.0, pengguna bisa mengatur sendiri bagaimana ingin melihat notifikasi yang masuk, apakah berdasarkan prioritas atau sesuai urutan waktu saat notifikasi masuk. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya