TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Spekulasi Spesifikasi Kamera iPhone 16, Lensa Lebar Sensor Besar!

Rumornya akan terdapat lensa telefoto 5X dan ultrawide 48 MP

Potret iPhone 16 (youtube.com/Apple Insider)

Intinya Sih...

  • Apple akan merilis iPhone 16 series pada acara Apple Event 9 September 2024.
  • iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan menggunakan susunan kamera vertikal dengan lensa sudut lebar, ultra wide, dan telefoto.
  • iPhone 16 Pro akan memiliki dimensi lebih besar, layar lebih lebar, serta lensa telefoto 5X dan kamera ultra wide 48MP.

Berhembus kabar bahwa Apple sedang mempersiapkan acara Apple Event pada 9 September 2024. Kemungkinan besar, acara tersebut akan menjadi ajang dirilisnya iPhone 16 series.

Beragam spekulasi mengenai spesifikasi iPhone 16 series mulai muncul di hadapan publik. Salah satunya spesifikasi kamera iPhone 16. Media Apple Insider justru telah menyajikan detail eksklusif soal spesifikasi ini yang rencananya akan disematkan pada model iPhone 16.

Menurut informasi yang beredar, Apple akan mengubah susunan tata letak kameranya. Jika pada model sebelumnya kamera tersusun secara diagonal, iPhone 16 series rumornya mengadopsi tata letak kamera vertikal. Perubahan ini diyakini akan memberikan tampilan yang lebih segar serta meningkatkan pengalaman fotografi yang lebih mengesankan dan ergonomis. Ingin tahu lebih lanjut tentang spekulasi spesifikasi kamera iPhone 16? Mari simak ulasan berikut!

1. Kamera utama iPhone 16 dikabarkan akan tetap sama dengan dua kamera di bagian belakang

Kamera utama iPhone 16 dikabarkan akan tetap sama dengan dua kamera di bagian belakang (91mobiles.com)

Kabar baiknya, iPhone 16 maupun iPhone 16 Plus akan tetap mempertahankan dua kamera di bagian belakang. Ada kamera utama dengan lensa sudut lebar yang menawarkan zoom 1X dan 2X, serta kamera ultrawide sekunder yang mendukung zoom 0,5X. Dalam hal tata letak, seri iPhone 16 akan menggunakan susunan kamera vertikal. Hal ini tentunya memberikan tampilan yang lebih teratur dan simetris dibandingkan dengan model sebelumnya yang menggunakan susunan diagonal. Desain vertikal ini juga berpotensi untuk mengoptimalkan ruang di dalam perangkat sehingga memungkinkan Apple untuk memperbaiki tata letak komponen internal lainnya. Selain keuntungan dari sudut pandang estetika, perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan stabilitas perangkat saat diletakkan di permukaan datar dan mengurangi risiko goyangan yang tidak diinginkan saat mengambil foto atau merekam video.

Melansir GSMArena, bocoran informasi mengungkapkan dimensi baru, yaitu 149,6 x 71,4 x 8,4 mm menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro akan sedikit lebih panjang dan lebar. Ini mendukung laporan sebelumnya bahwa iPhone 16 Pro akan hadir dengan layar 6,3 inci. Layar ini jelas lebih besar dari layar 6,1 inci pada model sebelumnya. Skema ini juga menunjukkan bezel yang lebih tipis sehingga pengguna mungkin akan melihat iPhone 16 Pro yang lebih besar dengan tampilan layar lebih luas.

Keputusan untuk memperbesar versi Pro yang lebih kecil tahun ini mungkin dipengaruhi oleh keterbatasan desain. Ada spekulasi bahwa iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi kamera telefoto tetraprisma yang sebelumnya ada pada iPhone 15 Pro Max. Nah, perangkat keras tersebut mungkin tidak muat di dalam iPhone 15 Pro yang beredar saat ini.

Baca Juga: Bocoran Peningkatan Spek iPhone 16 Pro Max, Layar Lebih Besar

2. Kamera utama tetap berukuran 48 MP dengan kemampuan telefoto 2X hingga tahun 2026

Tabel perbandingan spesifikasi kamera antara iPhone 15 Pro dan iPhone 16 Pro (youtube.com/Apple Insider)

Pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kamera ultrawide akan ditingkatkan dengan menggunakan bukaan aperture f/2.2. Besaran ini dinilai lebih lebar jika dibandingkan dengan f/2.4 pada model sebelumnya (iPhone 15 Pro dan iPhone Pro Max). Hal ini memungkinkan lebih banyak cahaya untuk mencapai sensor dan meningkatkan kualitas foto dalam situasi pencahayaan rendah. Selain itu, untuk pertama kalinya, model iPhone non-Pro akan mendukung fotografi makro yang memungkinkan pengguna mengambil foto close-up dengan detail yang lebih tajam. Apple berencana mempertahankan teknologi sensor kamera utama dan kemampuan telefoto optik 2X hingga 2026.

Perubahan signifikan terlihat pada kamera iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Kedua model Pro ini tetap dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang, yaitu kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera telefoto. Sensor utama akan tetap berukuran 48MP dengan aperture f/1.78. Ia diperkirakan akan mampu menangkap gambar telefoto 12MP dengan kualitas optik 2X dan memiliki piksel berukuran 1,22 mikrometer. Namun, pada 2024 ini, baik iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max akan dilengkapi dengan lensa telefoto 5X yang sebelumnya hanya ada pada model Pro Max. Lensa ini menggantikan lensa telefoto 3X yang terdapat pada iPhone 15 Pro. Lensa telefoto tetap memiliki resolusi 12MP dengan aperture f/2.8.

3. Lensa ultra wide akan meningkat menjadi 48 MP dengan fitur pixel-binning

iPhone 16 Pro (91mobiles.com)

iPhone 16 Pro diisukan akan mengalami peningkatan terutama pada lensa ultrawide menjadi 48MP dengan teknologi pixel-binning serupa dengan kamera utama. Kamera ini akan memiliki piksel 0,7 mikrometer saat memotret dengan resolusi penuh atau 1,4 mikrometer saat dalam mode quad pixel. Teknologi pixel-binning dinilai dapat menggabungkan beberapa piksel menjadi satu sehingga meningkatkan sensitivitas cahaya dan kualitas gambar di kondisi minim pencahayaan. Dampaknya, pengguna dapat mengharapkan foto yang lebih jelas dan detail baik dalam kondisi terang maupun gelap.

Pengguna diharapkan dapat memanfaatkan foto ProRaw dengan kamera ultra wide 48MP pada iPhone 16 Pro untuk menangkap lebih banyak detail dan informasi gambar. Format ProRaw menawarkan fleksibilitas lebih dalam proses pengeditan karena menyimpan lebih banyak data gambar yang memungkinkan penyesuaian lebih akurat pada pencahayaan, warna, dan kontras. Ini menjadikan iPhone 16 Pro pilihan unggul bagi fotografer yang ingin menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan kontrol lebih dalam post-processing.

4. Apple juga mendukung format gambar baru yaitu JPEG-XL dan kemampuan perekaman video 3K

Potret iPhone 16 dan iPhone 16 Pro (youtube.com/Apple Insider)

Apple akan menghadirkan format gambar baru yaitu JPEG-XL. Rencananya, format gambar baru ini akan diperkenalkan pada iPhone 16. Format gamber JPEG-XL akan bersanding dengan format gambar lainnya seperti HEIF, JPEG, dan ProRAW. JPEG-XL menawarkan efisiensi kompresi yang lebih baik serta kualitas gambar yang superior. Dengan demikian, keberadaan format gambar besutan Apple jadi opsi yang menarik bagi fotografer yang mencari proporsi sepadan antara kualitas gambar dan ukuran file.

Selain itu, iPhone 16 Pro akan mendukung perekaman video 3K pada 120 frame per detik dengan Dolby Vision sehingga memberikan kualitas video yang sangat tajam dan smooth. Terobosan ini merupakan salah satu peningkatan signifikan dibandingkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang hanya mampu merekam video 1080P pada 120FPS atau 240FPS, atau 4K pada 60FPS.

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya