TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ulik OPPO Find N2 Flip, HP Selfie Jokowi di Hari Kebaya Nasional

HP ini sukses bikin warganet salah fokus

HP Oppo Find N2 Flip yang digunakan Presiden RI Joko Widodo saat selfie di Hari Kebaya Nasional (instagram.com/jokowi)

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghadiri Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta
  • Warganet salah fokus dengan HP OPPO Find N2 Flip yang digunakan oleh Presiden Jokowi
  • OPPO Find N2 Flip menawarkan desain inovatif, layar lipat, performa mumpuni, dan baterai besar namun tanpa IP Rating dan fitur OIS

Presiden RI Joko Widodo "Jokowi" bersama Ibu Iriana menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, pada 24 Juli 2024 lalu. Acara ini diadakan untuk memerjuangkan kebaya sebagai warisan budaya yang akan diusulkan dalam nominasi UNESCO.

Peringatan ini juga dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 dan diilhami lewat sejarah Kongres Wanita Indonesia (Kowani) ke-10 pada 1964. Pada kesempatan tersebut, salah satu momen yang menarik perhatian warganet adalah ketika Presiden Jokowi berfoto selfie bersama ibu-ibu yang mengenakan kebaya.

Seperti tebak-tebak buah manggis, kolom komentar dipenuhi oleh netizen yang salah fokus dengan HP yang digunakan Presiden Jokowi. Setelah diselidiki, ternyata HP tersebut adalah OPPO Find N2 Flip. Dirilis pada 2023, OPPO Find N2 Flip berhasil menggebrak pasar HP lipat, terutama di Indonesia. Konon, harga OPPO Find N2 Flip mencapai Rp14,9 juta berdasarkan harga di toko resmi OPPO melalui marketplace

1. Telah lolos uji coba 400.000 kali dengan new generation Flexion Hinge

OPPO Find N2 Flip dengan teknologi New Generation Flexion Hinge (oppo.com)

OPPO Find N2 Flip membawa era baru dalam ketahanan smartphone lipat dengan teknologi New Generation Flexion Hinge. Dengan teknologi engsel generasi terbaru ini, desain engsel OPPO Find N2 Flip menjadi lebih kompak yang memungkinkan HP lipat ini memiliki layar penutup yang lebih besar, baterai berkapasitas lebih besar, dan pengisian daya yang lebih cepat. OPPO meningkatkan ketahanan engsel Find N2 Flip ke level berikutnya dengan sertifikasi dari TÜV Rhineland. Mereka melakukan pengujian ekstrem yang menunjukkan bahwa engsel OPPO Find N2 Flip dapat bertahan hingga 400.000 kali lipatan, melebihi HP lipat lainnya di pasaran. Ini setara dengan penggunaan lebih dari 10 tahun dengan membuka dan menutup layar 100 kali sehari.

Dengan teknologi New Generation Flexion Hinge, OPPO Find N2 Flip menawarkan desain yang kompak, fleksibel, dan tanpa celah saat ditutup untuk mengurangi risiko masuknya debu ke dalam smartphone. Selain itu, teknologi New Generation Flexion Hinge memungkinkan OPPO Find N2 Flip memiliki bekas lipatan layar yang paling dangkal dibandingkan HP lipat lainnya. Desain engsel waterdrop-nya memungkinkan OPPO Find N2 Flip membentuk sudut lekukan yang minim saat ditutup sehingga kedalaman lipatan pada layar utama hanya 0,11 mm yang secara signifikan lebih dangkal dan hampir tidak terlihat dibandingkan smartphone lipat lainnya. Sudut lipatan layar dioptimalkan menjadi 1,29º yang merupakan terbaik di pasaran untuk memberikan pengalaman layar utama yang halus serta menghilangkan kecemasan pengguna terhadap ketahanan dan kenyamanan penggunaan HP lipat.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold6 vs OPPO Find N3, Dua HP Lipat Termahal!

2. Layar luas berukuran 3,26 inci dan berorientasi vertikal

OPPO Find N2 Flip memiliki layar luas berukuran 3,26 inci dan berorientasi vertikal (oppo.com)

Dengan ukuran 3,26 inci dan orientasi vertikal, layar depan ini adalah yang terbesar di kategori HP lipat saat perilisan. Layar depan yang besar memudahkan pengguna untuk melihat pratinjau selfie secara utuh, memeriksa notifikasi, dan meningkatkan fungsionalitas dengan menampilkan hingga delapan widget. Pengguna dapat menjawab pesan, mengatur pengaturan, merekam catatan suara, menjawab panggilan, dan lainnya tanpa harus membuka smartphone. Layar penutup dapat menampilkan 7 baris teks, notifikasi WhatsApp hingga 5 baris, dan bahkan dapat disinkronkan dengan layar utama.

Selain sangat fungsional, layar luar OPPO Find N2 Flip memberikan pengalaman yang lebih personal dan menyenangkan. Pengguna dapat memilih lima hewan peliharaan interaktif sebagai kover, yaitu burung, kucing, anjing, hamster, atau kelinci, yang akan menemani berbagai aktivitas dan bisa dijadikan wallpaper GIF untuk meme secara berulang. Bagi penggemar Bitmoji, tersedia paket stiker yang dapat digunakan sebagai tampilan mode always-on display (AOD). Selain stiker Bitmoji dan OMOJI, AOD juga bisa menampilkan informasi waktu, tanggal, status daya, dan notifikasi.

3. Hadir dengan dua warna dan mengusung pola desain gelombang micro-etched

OPPO Find N2 Flip memiliki kamera Hasselblad (oppo.com)

OPPO Find N2 Flip tersedia dalam dua warna, Astral Black dan Moonlit Purple. Smartphone ini memiliki desain bodi aluminium yang bebas sidik jari dengan pola gelombang micro-etched unik di sepanjang engselnya sehingga menjadikannya salah satu smartphone paling estetik. Dengan berat hanya 191g dan ketebalan 7,45 mm saat dibuka, OPPO Find N2 Flip sangat tipis dan ringan. Penutup belakangnya yang melengkung dengan presisi memberikan kenyamanan saat digenggam, baik dalam keadaan terbuka maupun tertutup.

Keunggulan desain dan keandalannya tidak mengorbankan kualitas kamera. Smartphone lipat pertama OPPO ini dilengkapi dengan kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX890, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera depan 32MP dengan sensor Sony IMX709. Kolaborasi dengan Hasselblad menghasilkan gambar dengan tone warna natural dan akurasi warna tinggi. Selain itu, dukungan MariSilicon X Imaging NPU dari OPPO membuat video 4K memiliki noise rendah dan dynamic range yang luas. Mode FlexForm yang didukung oleh engsel terbaru memungkinkan OPPO Find N2 Flip dilipat dengan sudut antara 45º dan 110º yang memberikan fleksibilitas lebih untuk mengambil gambar dari berbagai sudut untuk hasil yang lebih dinamis.

4. Kapasitas baterai 4300 mAh dan lebih tahan lama

OPPO Find N2 Flip dengan 44W SUPERVOOC dan kapasitas baterai 4300 mAh (oppo.com)

OPPO Find N2 Flip memiliki kapasitas baterai sebesar 4.300 mAh. Kapasitas tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan HP lipat dari Samsung yang hanya 3.700 mAh dan Motorola Razr 2022 dengan kapasitas 3.500 mAh. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati daya tahan baterai yang lebih lama.

Teknologi engsel pada OPPO Find N2 Flip memungkinkan pemasangan baterai berkapasitas besar 4.300 mAh dalam ruang yang terbatas. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu smartphone lipat dengan baterai terbesar di pasaran saat ini. Selain itu, dengan dukungan pengisian baterai SuperVOOC 44W, daya baterai dapat terisi dari 0 hingga 62 persen dalam 30 menit.

5. Digawangi chipset powerful Dimensity 9000+

OPPO Find N2 Flip diotaki oleh chipset Dimensity 9000+ besutan MediaTek (oppo.com)

Mengenai dapur pacu, OPPO Find N2 Flip diotaki oleh chipset Dimensity 9000+ besutan MediaTek. Bisa dibilang chipset yang satu ini tergolong ke dalam chipset tergahar dan pertama kalinya dibenamkan pada HP lipat. Melansir Kimovil, OPPO Find N2 Flip mencapai skor 1.160.000 dalam uji benchmark AnTuTu v10. Sementara itu, dalam uji benchmark Geekbench 5, OPPO Find N2 Flip meraih 1306 poin untuk single core dan 4293 poin untuk multi core, menurut Gizmochina.

6. OPPO Find N2 Flip punya kekurangan di sertifikasi tahan air

OPPO Find N2 Flip (oppo.com)

OPPO Find N2 Flip memiliki minus yakni tidak disertakan IP Rating atau sertifikasi tahan air. Dilansir Community OPPO dan GSMArena, meski OPPO Find N2 Flip tergolong baru dan pada saat perilisan memang merupakan HP lipat pertama OPPO. Namun, tetap saja sebagian pengguna mungkin merasa tidak puas dengan absennya fitur tahan air tersebut. IP Rating merupakan salah satu fitur yang penting bagi banyak pengguna, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan atau berada di lingkungan yang rentan terhadap percikan air dan debu. Ketiadaan sertifikasi tahan air ini membuat OPPO Find N2 Flip kurang ideal digunakan dalam kondisi ekstrem atau cuaca yang tidak menentu.

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya