TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Tukar Tambah iPhone di iBox Secara Online, Mudah Banget!

Lebih simpel untuk dapatkan iPhone impian kamu

iPhone 15 Pro Max (apple.com)

Siapa yang baru tahu kalau iBox menyediakan layanan tukar tambah? Sekarang, iBox memfasilitasi tukar tambah ponsel lama kamu khusus iPhone yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan iPhone keluaran terbaru. Adapun, produk Apple yang ditawarkan untuk tukar tambah, antara lain iPhone, iWatch, iPad, MacBook, dan iMac.

Tak perlu repot-repot datang ke store iBox terdekat, cukup unduh aplikasinya secara online, lakukan pemeriksaan kondisi perangkat lama kamu di rumah, dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Nantinya, tim dari iBox akan datang ke rumahmu untuk melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap perangkat iPhone lama kamu yang ingin kamu tukar tambah.

Melalui layanan Trade In Plus ini, iBox memberikan kemudahan bagi kamu untuk meng-upgrade perangkat Apple atau memperoleh produk iPhone idaman dengan mendapatkan potongan harga dari device lama. Makin penasaran cara tukar tambah ponsel lama kamu ke produk iPhone terbaru melalui iBox secara online? Simak langkah-langkahnya berikut!

1. Unduh aplikasi Trade In dan pemeriksaan device secara online

infografis cara tukar tambah HP dengan Aplikasi Trade in Online iBox (ibox.co.id)

Tahap yang pertama apabila kamu melakukan proses trade in atau tukar tambah produk Apple ke iPhone adalah kamu perlu mengunduh aplikasi Trade In Online dari iBox. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan device yang akan kamu tukarkan untuk dilakukan penilaian dan pemeriksaan fungsinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah petunjuk yang bisa kamu ikuti saat melakukan proses trade in secara online dari aplikasi Trade in Online milik iBox.

  • Unduh aplikasi Trade In Online di App Store ataupun Play Store.
  • Setelah berhasil mengunduh aplikasi, masuk ke dalam aplikasi tersebut. Kemudian, lakukan pemeriksaan perangkat secara bertahap dengan mengikuti prosedur yang muncul di aplikasi Trade In Online.
  • Foto perangkat yang ingin kamu tukar tambahkan, kemudian kamu akan mendapatkan kode unik, beberapa pertanyaan untuk keperluan verifikasi, dan pemrosesan identitas menggunakan nomor KTP.
  • Aplikasi Trade In Online akan mengeluarkan harga tukar tambah berdasarkan penilaian pemeriksaan smartphone lama.
  • Apabila kamu setuju dengan penawaran harga yang ditampilkan pada aplikasi Trade In, kamu bisa langsung menyalin kode unik yang tertera pada layar. Kode unik ini diperlukan untuk proses tukar tambah iPhone melalui situs resmi iBox. Ingat, kode unik hanya berlaku 7 hari. Apabila sudah melewati masa berlaku, pengguna akan diminta untuk melakukan pengecekan ulang.

Baca Juga: 7 Negara Asia yang Punya Apple Store, Indonesia Berikutnya?

2. Melakukan pembelian produk iPhone di situs resmi iBox

tampilan situs iBox untuk melakukan proses pembelian iPhone 15 (ibox.co.id)

Setelah melakukan pemeriksaan dan cek kondisi perangkat Apple lama kamu, selanjutnya kamu bisa mengunjungi situs resmi iBox untuk melakukan pembelian iPhone favorit kamu. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti:

  • Buka situs iBox dengan tautan iBox.co.id untuk melakukan pembelian produk iPhone yang kamu inginkan.
  • Lakukan proses pemilihan unit iPhone. Kemudian, selesaikan prosesnya hingga masuk ke halaman pengiriman.
  • Jika sudah sampai di halaman pengiriman, kamu akan menemukan pilihan tukar tambah online. Klik bagian tersebut.
  • Masukkan kode unik yang sudah kamu dapatkan saat pengecekan perangkat di aplikasi Trade In Online.
  • Secara otomatis, harga pembelian iPhone incaran kamu akan dipotong sesuai dengan penilaian kelayakan harga smartphone lama atau perangkat Apple lama di aplikasi Trade In Online.
  • Segera selesaikan proses pembayaran menggunakan pilihan metode pembayaran yang tersedia hingga transaksi berhasil.

3. Tim iBox akan mengunjungi lokasi pemesan sekaligus mengecek langsung kondisi device lama. Jika berhasil maka dilakukan serah terima

Komunikasi tim iBox dengan pelanggan saat memilih iPhone incarannya. (instagram.com/iboxindonesia)

Setelah melakukan proses pembelian dan transaksi pembayaran, tim dari iBox akan menuju ke lokasi pemesan untuk mengirim iPhone pesanan kamu dan mengambil perangkat lama yang akan ditukar tambah. Dalam proses ini, tim iBox akan melakukan pemeriksaan dan validasi guna memastikan apakah device yang akan ditukarkan sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika proses pengecekan dan validasi berhasil dilakukan, tim dari iBox akan melakukan proses serah terima dari perangkat lama dan kamu bisa langsung menerima dan menggunakan produk iPhone incaranmu.

4. Belum semua daerah bisa melakukan proses tukar tambah secara online dari iBox

tampilan gerai iBox (instagram.com/iboxindonesia)

Meski proses tukar tambah secara online terbilang mudah dan praktis, sayangnya belum semua daerah menyediakan fasilitas ini. Sedikit informasi, sementara ini proses tukar tambah secara Online bisa dilakukan di beberapa kota, seperti Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Kab. Bandung Barat, Kab. Bantul, Kota Bandar Lampung, Kota Bandung, Kota Cilegon, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Magelang, Kota Makassar, Kota Malang, Kota Medan, Kota Padang, Kota Palembang, Kota Pekanbaru, Kota Semarang, Kota Serang, Kota Sukabumi, Kota Surabaya, Kota Surakarta (Solo), dan Kota Yogyakarta. Jika kamu berdomisili atau berada di daerah di luar dari kota yang disebutkan di atas, kamu belum bisa melakukan proses tukar tambah perangkat Apple secara online. 

5. Syarat dan Ketentuan tukar tambah melalui iBox

ilustrasi pengguna bermain ponsel (unsplash.com/Jonas Leupe)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tim dari iBox akan melakukan validasi dan pengecekan lebih mendalam saat proses tukar tambah dan sebelum serah terima dari perangkat Apple lama ke iPhone baru. Pastikan sebelum proses tukar tambah dilakukan, kamu memperhatikan syarat dan ketentuan berikut agar lolos dan kamu bisa langsung mendapatkan iPhone incaranmu. Berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  • Pembeli dapat melakukan tukar tambah 1 (satu) smartphone bekas dengan beragam pilihan produk baru yang tersedia di situs resmi iBox.
  • Smartphone bekas yang akan ditukar tambahkan harus dalam keadaan menyala (tidak mati total).
  • Pembeli harus memastikan kebenaran fisik smartphone bekas pada saat pengecekan melalui aplikasi Trade In Online, seperti ada atau tidaknya kondisi LCD dead pixel, LCD berbayang, LCD burn in (terbakar), LCD layar pecah/patah/retak, bisa atau tidak ponsel bekas dilakukan pengisian daya (di-charge), bebas dari data ataupun informasi pembeli pada penggunaan sebelumnya (akun/password/pattern/pola/fingerprint/FaceID), dan melepaskan soft case/casing/tempered glass saat smartphone bekas difoto.
  • Pada saat serah terima smartphone bekas kepada tim iBox maupun kurir EnB, pastikan data pribadi pembeli pada smartphone bekas sudah dipindahkan terlebih dahulu. Kemudian, pembeli harus mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori dari smartphone bekas.
  • iBox.co.id tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan metode pembayaran pada platform iBox.co.id.
  • Pengiriman ponsel baru dilakukan bersamaan dengan pengambilan smartphone bekas oleh Kurir EnB di alamat pengiriman produk sesuai dengan alamat yang tertera pada saat transaksi di iBox.co.id. Alamat tidak dapat diubah setelah transaksi diterima dengan alasan apa pun. Jika alamat tidak sesuai karena kesalahan pembeli, maka dapat terjadi keterlambatan pengantaran.
  • Kurir EnB berhak memeriksa kondisi smartphone bekas yang ditukartambahkan.
  • Smartphone bekas yang telah di serahkan kepada kurir EnB dan sesuai dengan syarat dan kondisi tukar tambah, maka smartphone bekas telah sepenuhnya menjadi milik EnB dan tidak dapat diminta kembali.

6. Pihak kurir berhak melakukan pembatalan proses penukaran ponsel dan transaksi pembelian jika pemesan tidak ada di tempat

ilustrasi kurir (unsplash.com/Victoria Kubiaki)

Ada beberapa situasi di mana tim iBox maupun kurir EnB berhak untuk tidak memproses penukaran ponsel bekas maupun membatalkan transaksi pembelian. Misalnya, kondisi saat pengecekan di aplikasi ternyata datanya tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah tertera pada pengecekan secara langsung. Meski transaksi lewat situs resmi iBox telah berhasil, pihak iBox maupun kurir EnB berhak melakukan pembatalan dengan alasan sebagai berikut:

  • Pembeli tidak dapat dihubungi oleh kurir.
  • Pembeli menolak untuk menerima unit smartphone baru.
  • Ketika proses pengantaran maupun serah terima smartphone, pembeli tidak berada di tempat. Pengantaran akan dijadwalkan ulang maksimal sebanyak 1 kali (paling lama 1 hari berikutnya).
  • Smartphone bekas mati total dan tidak dapat dihidupkan.
  • Informasi smartphone bekas yang tercantum pada aplikasi Trade In tidak sesuai saat kurir melakukan pick up smartphone bekas, seperti data nomor IMEI, tipe, dan spesifikasi ponsel bekas.
  • Terdapat ketidaksesuaian informasi kondisi fisik saat penilaian di aplikasi Trade In Online iBox dengan kondisi saat kurir melakukan pick up.

Apabila pembeli mendapatkan pembatalan transaksi, maka pembeli akan dikenakan biaya pengiriman smartphone dan penalti pembatalan. Namun, penalti tidak berlaku apabila perangkat baru yang diterima pembeli tidak sesuai dengan pesanan yang tercantum pada bukti transaksi. Dilansir situs resmi iBox, berikut adalah rincian penalti yang dikenakan kepada pembeli:

  • Rate harga ≤ Rp2.000.000 dikenakan penalti sebesar Rp50.000
  • Rate harga Rp2.000.001 sd Rp5.000.000 dikenakan penalti sebesar Rp100.000
  • Rate harga Rp5.000.001 sd Rp8.000.000 dikenakan penalti sebesar Rp150.000
  • Rate harga Rp8.000.001 sd Rp10.000.000 dikenakan penalti sebesar Rp200.000
  • Rate harga > Rp10.000.000 dikenakan penalti sebesar Rp250.000

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas trade in ini untuk upgrade perangkat lama kamu dan menukarkannya dengan produk iPhone impian kamu. Oh, iya, untuk proses tukar tambah produk Apple, pihak iBox juga menerima garansi apa pun, ya. Tidak hanya ex dari iBox, tetapi juga garansi dari toko maupun inter. Perlu diingat juga bahwa kamu tidak bisa nego harga jual karena harga jual dari perangkat (device) yang akan kamu tukarkan nanti sudah ditentukan melalui aplikasi Trade In. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera manfaatkan fasilitas trade in ini buat dapatkan produk iPhone impian kamu!

Baca Juga: 6 Produk Andalan Apple sebelum Ada iPhone, Inovatif sejak Dulu

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya