TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Processor? Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Jenis

Kecil-kecil cabe rawit

ilustrasi sedang mengetik (freepick.com)

Bila kamu hendak melakukan servis PC, biasanya kamu akan ditanyakan perihal kerusakan pada processor pada PC tersebut. Selain itu, kamu pasti akan diberikan informasi mengenai spesifikasi processor pada saat membeli laptop.

Lalu, apa itu processor? Processor merupakan komponen utama dalam sebuah rangkaian komputer. Dengan kata lain, processor adalah otak dari sebuah komputer atau PC. Nah,  agar lebih paham, berikut IDN Times sajikan rangkuman lengkap seputar processor, dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenisnya.

1. Pengertian processor

Ilustrasi orang memegang gadget (freepik.com)

Processor adalah inti dari sebuah sistem komputer yang berfungsi sebagai otak dalam komputer, laptop, dan smartphone. Processor menjadi organ vital yang bertanggung jawab untuk memproses instruksi dan melakukan perhitungan yang diperlukan untuk menjalankan program dan aplikasi.

Biasanya processor terpasang di motherboard dan memainkan peran vital dalam menjalankan operasi komputasi yang diperlukan. Tanpanya, kinerja komputer, smartphone, dan laptop akan terganggu sehingga menyulitkan pengguna dalam mengakses informasi sehari-hari.

2. Fungsi processor

Ilustrasi mengetik laptop (freepik.com/freepik)

Processor berfungsi seperti otak dalam komputer, yang membantu semua komponen dalam berinteraksi dengan lancar. Selain itu, processor juga bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas sistem komputer agar semua komponen dapat bekerja dengan baik tanpa tumpang tindih.

Dengan peran pentingnya, processor merupakan kunci dalam memastikan komputer berjalan dengan lancar. Berikut beberapa fungsi processor yang penting diketahui:

  • Fetch: Mengambil instruksi dari memori.
  • Decode: Mengubah instruksi menjadi format yang dapat dipahami oleh CPU.
  • Execute: Melaksanakan instruksi.
  • Store: Menyimpan hasil operasi ke memori.

3. Komponen processor

IlustrasiPC (freepik.com)

Komponen processor terdiri dari 3 bagian penting yaitu di antaranya ALU, CU, dan MU. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Artimatics Logical Unit (ALU): Komponen ALU berfungsi melakukan perhitungan aritmatika sesuai perintah yang diperoleh.

2. Control Unit (CU): Bagian komponen ini bertugas untuk mengendalikan processor seperti input dan output yang dilakuakn processor.

3. Memori Unit (MU): Berfungsi untuk menyimpan cache dalam bentuk memori sehingga dapat menyimpan hal kecil dan akses kecepatannya pun tinggi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Intel vs AMD Paling Lengkap, Siapa Juaranya?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya