TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kendala Simulasi ANBK Daring 2024 dan Cara Mengatasinya

Hari pertama saja sudah banyak kendala teknis

ANBK 2024 (YouTube.com/Pusat Asesmen Pendidikan)

Intinya Sih...

  • Simulasi ANBK 2024 mengalami kendala teknis serius pada hari pertama, seperti server website down dan proktor kesulitan login.
  • Peserta didik perlu diajari cara mengoperasikan komputer dengan lancar, terutama di Sekolah Dasar yang tidak memiliki materi TIK dalam kurikulum.
  • Kendala lainnya adalah putusnya koneksi saat membuka ExamBrowser, namun semua kendala dapat diselesaikan dengan langkah-langkah tertentu.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 untuk jenjang Sekolah Dasar sederajat saat ini tengah dalam tahap simulasi. Untuk moda daring, simulasi dimulai sejak kemarin, Senin (23/9/2024). Simulasi ini menjadi percobaan untuk menilai kemampuan peserta didik, server ANBK, maupun sarana dan prasarana sekolah.

Namun, simulasi ANBK kali ini juga gak lepas dari berbagai kendala. Beberapa kendala bahkan terjadi tepat saat dimulainya simulasi. Akan tetapi, masih ada solusi, kok! Berikut ini kendala simulasi ANBK online dan cara mengatasinya! Yuk, simak!

1. Server ANBK down, tidak bisa dapat password untuk proktor

Laman ANBK yang lemot karena lonjakan traffic. (anbk.kemdikbud.go.id)

Simulasi ANBK kali ini mengalami kendala serius mulai awal pembukaan gelombang pertama pada, Senin (23/9/2024). Belum sempat memulai simulasi, proktor sudah dipusingkan dengan server website ANBK yang down. Ini menyebabkan banyak instansi mengalami delay yang lumayan lama. Pasalnya, untuk memulai simulasi, proktor perlu login menggunakan password yang hanya bisa dilihat di website ANBK. Ini menyebabkan lonjakan traffic yang gak bisa ditangani oleh server karena tiap instansi berlomba mengakses demi cepat memulai simulasi.

Langkah yang bisa dilakukan jika masalah ini terjadi kembali adalah dengan secepatnya mengakses laman ABNK dan melakukan refresh sampai saat password ditampilkan. Ada baiknya kamu screenshot atau catat berbagai kode penting seperti password proktor dan nomor ID proktor. Jika password tidak berubah, kamu gak perlu akses laman ANBK kembali untuk memulai simulasi hari kedua. Cukup login di ProktorBrowser menggunakan ID dan password hari pertama.

Baca Juga: Apa Itu ANBK? Ini Pengertian, Tujuan dan Jadwalnya

2. Kemampuan siswa dalam pengoperasian komputer masih kurang memadai

Banyak siswa masih kesulitan mengoperasikan perangkat komputer/laptop. (dok. Pribadi/Mito Rudito)

Masalah utama yang selalu ada sejak awal program ANBK ini sebenarnya bukan pada koneksi atau perangkat yang digunakan, melainkan faktor kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer dengan lancar. Di Indonesia, masih banyak sekali peserta didik yang belum pernah diajari tentang pengoperasian komputer di sekolah. Apalagi di jenjang Sekolah Dasar yang memang tidak ada materi pembelajaran TIK dalam kurikulum.

Faktor seperti kekurangan sarana dan prasarana juga jadi penghambat masalah tersebut. Jika memang peserta didik kurang bisa mengoperasikan komputer sehingga muncul banyak kendala, sebaiknya proktor memberikan panduan secara step by step tentang tata cara login dan mengisi identitas diri dalam simulasi ini. Luangkan juga waktu untuk mengajari mengetik dan mengoperasikan cursor. Cara ini bakal meminimalisir banyaknya kendala dari peserta didik pada ANBK sungguhan nantinya.

3. Banyak siswa gagal login karena username aktif atau token salah

Gagal login adalah kendala umum yang terjadi tiap tahun. (dok. Pribadi/Mito Rudito)

Kendala gagal login adalah hal yang sering terjadi pada simualsi ANBK moda online. Salah satu masalahnya adalah karena proktor tidak mengaktifkan akun dari perserta didik dengan benar. Pastikan mengaktifkan akun mereka dengan langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi ProktorBrowser yang telah terinstall, klik Run untuk menjalankan aplikasi
  • Masukkan ID proktor dan password
  • Pilih menu Kelompok Tes. Pada menu Filter, pilih "non-active" pada kolom Status. Lalu, isi kolom Kode Tes dan Kelompok sesuai sesi simulasi. Klik Apply, maka akan muncul banyak username dan password yang bisa digunakan untuk peserta simulasi
  • Centang semua username yang ingin digunakan dan klik Assign
  • Jika prosedur yang kamu lakukan sudah benar, peserta didik akan bisa login tanpa masalah. Kamu tinggal memberikan mereka token yang bisa dilihat di ProktorBrowser

Pastikan semua peserta simulasi sudah memiliki akun dummy masing-masing. Jika peserta gagal login, ada kemungkinan username sudah terpakai. Jika akun dummy belum terpakai, tetapi terdeteksi online, peserta simulasi bisa klik Request Reset Login. Jika sudah meminta reset, proktor harus mengonfirmasinya dengan cara berikut:

  • Buka ProktorBrowser
  • Klik pada menu Request Reset Login. Akan ada daftar username untuk akun yang telah meminta reset login
  • Centang pada akun yang dituju, lalu klik Reset Request Login Selected. Setelah konfirmasi, peserta didik bisa mencoba login kembali
  • Jika akun belum muncul di daftar Request Reset Login, proktor bisa klik Refresh

4. Jaringan terputus tiba-tiba, membuat simulasi terganggu

Ilustrasi putus koneksi internet. (Unsplash.com/[Tim Gouw])

Kendala berikutnya yang dilaporkan beberapa instansi adalah putusnya koneksi secara tiba-tiba saat membuka ExamBrowser. Ini cukup bikin panik peserta didik, lho! Pasalnya, ExamBrowser tidak bisa multitasking, bahkan untuk sekadar mengecek koneksi. Buat para proktor, pastikan jaringan internet di sekolah sudah kencang dan stabil, ya! Satu access point hanya bisa digunakan maksimal 15 perangkat.

Jika koneksi galat saat dalam ExamBrowser, beberapa cara berikut perlu kamu lakukan:

  • langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan keluar dari aplikasi dengan menekan tombol shortcut CTRL + C + B. Namun, jika tidak berhasil, kamu bisa menggunakan CTRL + Alt + F4. 
  • Cek kembali koneksimu dan pastikan semua sesuai ketentuan.
  • Buka kembali ExamBrowser dan login ulang. Jika tidak bisa dibuka, klik Request Reset Login.

Simulasi ANBK gelombang pertama yang sedang berlangsung memang tak lepas dari berbagai kendala. Namun, pada akhirnya semua kendala bisa diselesaikan. Bahkan, saat server down di awal sesi pertama simulasi, respons pemerintah untuk memperbaikinya juga cepat. Bagaimana, nih, ANBK di sekolah kamu? Apakah berjalan lancar?

Baca Juga: 4 Tips Atasi Putus Koneksi Server pada ANBK Online

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya