TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Menggunakan Kamera DSLR bagi Pemula, Jangan Keliru!

Penggunaan yang tepat bisa memberikan hasil maksimal

ilustrasi DSLR (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Menggunakan kamera DSLR bagi pemula menjadi hal yang cukup menantang. Sebab, kamera tersebut dinilai profesional dan dianggap rumit dalam pengaturannya. DSLR memiliki berbagai fitur dan juga pengaturan yang tidak biasa, sehingga kamu harus berlatih untuk menggunakannya agar bisa benar-benar maksimal.

Sebetulnya, jika memahami beberapa teknik dasar dalam menggunakan kamera DSLR, kamu bisa memaksimalkan potensi kameranya secara maksimal. Dengan begitu, kamu dapat mengambil foto dengan kualitas yang tinggi.

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips penting berikut ini yang mungkin dapat membantumu menggunakan kamera DSLR dengan lebih terpercaya. Hasilnya dijamin sempurna!

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kamera DSLR saat Dibawa ke Alam Terbuka

1. Pelajari dasar-dasar pengaturan kamera

ilustrasi DSLR (unsplash.com/Alexander Wang)

Kamera DSLR biasanya memiliki pengaturan manual yang memungkinkanmu dalam mengontrol berbagai aspek fotografi. Ada beberapa pengaturan manual, seperti aparture, shutter speed, dan ISO, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Sebelum memulai proses memotret, tentu ada baiknya jika kamu dapat mempelajari dasar-dasar dari ketiga elemen fotografi yang sering kali disebut sebagai segitiga eksposur. Memahami bagaimana ketiga elemen tersebut bekerja secara bersama sama tentunya akan membantumu untuk bisa mengambil foto yang lebih terang, gelap, atau fokus terhadap detail tertentu dengan hasil yang lebih baik.

2. Gunakan mode manual secara bertahap

ilustrasi kamera DSLR (pexels.com/JESHOOTS.com)

Bagi pemula, sebetulnya sangat penting untuk bisa menggunakan mode manual secara bertahap, sehingga bisa dilakukan dengan cermat. Biasanya, pemula mungkin akan menganggap mode otomatis terasa lebih nyaman. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tentu bisa mencoba untuk beralih ke mode manual secara bertahap.

Mode manual memang akan memungkinkanmu mengatur semua pengaturannya sendiri, sehingga bisa mengasah kemampuan fotografi dengan baik. Mulailah dengan menggunakan mode aperture priority atau shutter priority, yaitu kondisi di mana kamera akan membantu menyeimbangkan eksposur berdasarkan pengaturan yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kamera DSLR agar Awet dan Gak Jamuran

3. Memanfaatkan fokus manual dan autofokus

ilustrasi kamera DSLR (pexels.com/Krewr Studio)

Kamera DSLR biasanya dilengkapi dua mode fokus, yaitu manual fokus atau auto fokus, sehingga kamu bisa memanfaatkan keduanya. Untuk pemula, biasanya mode auto fokus akan lebih sering digunakan karena dianggap praktis, khususnya pada saat memotret objek yang bergerak.

Sebetulnya kamu bisa mencoba untuk menggunakan mode manual fokus apabila ingin mengambil foto objek yang lebih statis atau pada saat memerlukan kontrol lebih presisi. Melakukan eksperimen dengan kedua model tersebut untuk membantumu agar lebih memahami cara menangkap detail foto secara lebih tajam dan akurat.

4. Gunakan tripod untuk foto yang lebih stabil

ilustrasi kamera DSLR (unsplash.com/Ben Griffiths)

Keberadaan tripod sangat berguna apabila kamu akan memotret dalam kondisi cahaya yang rendah atau pun ketika menggunakan lensa telefoto. Penggunaan tripod sangat membantu menjaga kondisi kamera tetap stabil, sehingga nantinya dapat memberikan hasil yang jelas dan tidak kabur apabila ada guncangan.

Penggunaan tripod dianggap penting apabila kamu ingin mengambil foto yang memiliki long eksposur atau pemandangan malam yang memerlukan waktu pengambilan gambar cukup lama. Oleh sebab itu, kamu mungkin bisa mulai mempertimbangkan penggunaan tripod untuk hasil yang lebih baik dan stabil.

Menguasai dasar-dasar penggunaan kamera DSLR memerlukan waktu dan latihan tersendiri. Selain itu, penting bagi memahami dasar dasar pengaturan fokus, sehingga stabilitas kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih menakjubkan. Harus lebih tekun dalam belajar menggunakan kamera DSLR!

Baca Juga: Perbedaan SLR dan DSLR, Penggemar Fotografi Wajib Tahu

Verified Writer

Marcel Arumi

Tetap semangat dan jangan menyerah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya