TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

vivo Y100 5G: Harga, Spesifikasi, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Salah satu pilihan HP terjangkau, nih

ilustrasi vivo Y100 5G (dok. vivo Indonesia)

Smartphone dengan dukungan jaringan 5G kini jadi salah satu yang dicari. Tentu bukan hal aneh, mengingat layanan tersebut menyediakan jaringan internet yang lebih cepat. Baru-baru ini, produsen ponsel berbondong-bondong merilis device dengan dukungan jaringan 5G. Salah satunya vivo yang merilis Y100 versi 5G.

Dari segi tampilan, vivo Y100 5G memang tampak serupa dengan versi 4G. Meski demikian, perangkat ini dibekali sejumlah spesifikasi dan fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut harga, spesifikasi, dan fitur vivo Y100 5G yang bisa kamu ulik. 

1. Spesifikasi vivo Y100 5G

Meski termasuk HP mid-range, vivo menyematkan lebih banyak keunggulan pada seri Y100 versi 5G ini. Termasuk ponsel mendukung jaringan 5G, flash charge, dan penggunaan layar AMOLED yang lebih nyaman di mata. Berikut spesifikasi vivo Y100 5G lebih lengkapnya.

  • Layar utama: AMOLED 6,67 inci 
  • Resolusi: 2400 x 1080 (FHD+)
  • Refresh rate: 120Hz 
  • ChipsetSnapdragon 4 Gen 2 5G
  • RAM: 8GB (+8GB extended RAM)
  • Penyimpanan internal: 128GB dan 256GB
  • Kamera utama: 50MP
  • Kamera ultrawide: 8MP
  • Kamera depan: 8MP
  • Kapasitas baterai: 5000mAh
  • Fast charging80W FlashCharge
  • Konektivitas: 5G, Wi-Fi, Bluetooth v5.0, USB Type-c, NFC
  • Sistem operasi: Funtouch OS 14 berbasis Android 14
  • Dimensi: 163.17 X 75.81 X 7.79 mm 
  • Berat: 185,5 gram (Hitam Onyx) dan 191 gram (Ungu Anggrek)
  • Warna: Ungu Anggrek, Hitam Onyx
  • Aksesori: pengisi daya, kabel isi daya, SIM card ejector, case pelindung, dan film pelindung yang sudah diaplikasikan.

2. Harga vivo Y100 5G

Hadir dengan fitur tambahan yang mendukung jaringan 5G, harga vivo Y100 5G memang terhitung lebih mahal daripada versi 4G. Meski demikian, tambahan biaya tersebut worth it, kok. Apalagi ponsel ini punya dua pilihan kapasitas memori yang dapat dipilih sesuai bujetmu.

  • Harga vivo Y100 5G 128GB: Rp3.599.000
  • Harga vivo Y100 5G 256GB: Rp4.199.000

3. Desain

potret vivo Y100 5G (dok. youtube.com/infofotografi)

Dari segi desain, vivo memberikan peningkatan kualitas untuk seri Y100, termasuk pada versi 5G. Desainnya tipis dengan frame metalik yang mengusung kesan elegan. Selain itu, bagian belakangnya menggunakan kulit fiber yang dilengkapi dengan anti-stain coating. 

Keseluruhan kombinasi desain tersebut tak hanya ciamik, tetapi juga membuatnya anti-noda dan tahan goresan. Adapun dimensinya 163.17 X 75.81 X 7.79mm sehingga tetap nyaman digengam.

4. Display

Pabrikan menjanjikan vivo Y100 5G menampilkan layar yang jernih. Hal itu karena ponsel ini dibekali layar AMOLED dengan refresh rate maksimal 120Hz yang dikatakan memberikan detail, warna, dan sensasi menonton yang terasa nyata. 

Melindungi penglihatan, vivo melengkapi Y100 5G dengan Eye Care Display. Kamu pun dikatakan bisa melihat layar secara nyaman tanpa khawatir pantulan berlebih bahkan di bawah sinar matahari langsung. 

5. Performa

vivo mengandalkan Snapdragon 4 Gen 2 5G Mobile Platform sebagai prosesor vivo Y100 5G. Cip ini dikatakan menghasilkan kinerja lancar untuk penggunaan harian. Lebih lagi, prosesor mempercepat performa aplikasi, meningkatkan dukungan fotografi dan videografi, efisiensi daya, serta koneksi 5G. 

Kinerja tersebut dikombinasikan dengan RAM 8GB yang bisa diperluas hingga 8GB lagi secara virtual. Tidak perlu khawatir akan penyimpanan karena ponsel ini dibekali memori hingga 256GB dan bisa disematkan MicroSD tambahan.

6. Kamera

ilustrasi kamera vivo Y100 5G (dok. vivo Indonesia)

Spesifikasi vivo Y100 5G yang tidak bisa ketinggalan tentu saja konfigurasi kameranya. vivo menyematkan lensa 50MP sebagai kamera utama dan melengkapinya dengan 8MP kamera wide angle. Kamera tersebut makin ciamik dengan pilihan filter hingga Super Night fotografi.

Uniknya, perangkat ini memiliki Sensor Flicker yang mampu mendeteksi kedipan sehingga pencahayaan kamera dapat disesuaikan secara otomatis. Kombinasi tersebut memungkinkan kamera menangkap gambar dengan tajam.

Baca Juga: OPPO A18: Harga, Spesifikasi, dan Fitur

7. Baterai

Sektor baterai jelas jadi satu poin penting untuk ponsel masa kini. Nah, ponsel ini dibekali baterai kapasitas 5000mAh. Meski ukurannya tidak jauh beda dengan perangkat lain, klaimnya baterai HP ini bertahan sepanjang hari. 

Adanya 80W Flash Charge pun membuat perangkat bisa isi daya lebih cepat dan efisien. Smart Charging Engine 2.0-nya melindungi isi daya semalaman dan berfungsi dalam mengontrol suhu. vivo pun menjanjikan 4 tahun proteksi baterai.

8. Konektivitas

Sesuai dengan namanya, ponsel ini mendukung jaringan 5G yang lebih baru. Kamu bisa menikmati layanan berbagai provider untuk kebutuhan konektivitas lebih cepat. Selain itu, perangkat ini pun sudah dilengkapi NFC untuk berbagai kebutuhan. 

Tidak perlu khawatir terkait transfer data atau fungsi lain. Pasalnya, vivo Y100 5G sudah dibekali Bluetooth dan USB Type-c yang lebih universal.

9. Fitur

ilustrasi vivo Y100 5G (dok. vivo Indonesia)

Meski dilengkapi sejumlah peningkatan spesifikasi unggul, fitur vivo Y100 5G bisa dibilang tidak terlalu berubah. Meski demikian, adanya Funtouch 14 terbaru membuatnya bisa digunakan untuk multitasking. Pasalnya, layar ponsel ini bisa dibagi menjadi beberapa jendela. 

Dari segi ketahanan, vivo membuat Y100 5G sesuai IP54 yang membuatnya cukup tahan debu dan percikan air. Fitur ini dapat meningkatkan ketahanan perangkat secara keseluruhan, bahkan saat digunakan di luar ruangan. 

Lebih lanjut, fitur vivo Y100 5G yang tak kalah unggul adalah adanya Memory Booster. Fungsinya tentu membuatmu bisa menginstal lebih banyak aplikasi tanpa mengorbankan kinerja dan fungsi.

10. Kelebihan vivo Y100 5G

Kalau ditanya apa keunggulan Vivo Y100 5G dibandingkan ponsel lain, ada sejumlah poin yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut uraiannya:

  • Sudah mendukung jaringan 5G
  • Fitur pengisian daya cepat mengoptimalkan penggunaan
  • Layar AMOLED yang jernih
  • Ketahanan smartphone dari segi fisik dengan desain ciamik 

11. Kekurangan vivo Y100 5G

Di sisi lain, ada beberapa poin dari vivo Y100 5G yang mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli. Pasalnya, beberapa hal berikut mungkin berpengaruh pada penggunaan ponsel.

  • Pilihan warna perangkat yang kurang variatif
  • Kamera belum bisa digunakan untuk perekaman video dengan frame rate 60FPS.

Dari keseluruhan deskripsi spesifikasi dan fitur di atas, bisa dikatakan vivo Y100 5G cukup bandel dan tahan untuk penggunaan outdoor. Jika kamu membutuhkan ponsel yang demikian, smartphone seri ini bisa jadi opsi. Jadi, harga, spesifikasi, dan fitur vivo Y100 5G ini worth it, kan?

Baca Juga: Samsung Galaxy A55 5G: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya