TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Samsung Galaxy Watch 7: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

Bisa track kebugaran secara lengkap

ilustrasi Samsung Galaxy Watch7 (dok. Samsung)

Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Watch 7 sebagai seri terbaru dari lini smartwatch. Jam tangan pintar ini rilis pada acara Galaxy Unpacked yang digelar pada awal Juli 2024 lalu. Dibanding pendahulunya, jam ini mendapat berbagai peningkatan spesifikasi, termasuk dukungan artificial intelligence alias AI. 

Apa hal yang bisa dilakukan dengan Samsung Galaxy Watch 7 ini? Untuk mengetahuinya, baca spesifikasi Samsung Galaxy Watch 7, harga, dan fitur unggulan dalam artikel berikut. 

1. Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 7

ilustrasi Samsung Galaxy Watch7 (dok. Samsung)

Keberadaan Galaxy AI menjadi salah satu pembeda Samsung Galaxy Watch 7 dengan versi pendahulunya. Adanya kecerdasan buatan ini dapat mendukung berbagai sensor dan fitur yang tersedia. Termasuk fitur Energi Score yang bisa digunakan untuk memantau kebugaran dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Samsung juga membekali Galaxy Watch 7 dengan spesifikasi yang klaimnya lebih baik dari versi lawasnya. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy Watch 7 lebih lengkapnya:

  • Layar: Sapphire Crystal Super AMOLED 1,5 inci (37,3 mm) dan 1,3 inci (33,3 mm)
  • Resolusi: 480 x 480 piksel dan 432 x 432 piksel
  • Dimensi: 44.4 x 44.4 x 9.7 mm dan 40.4 x 40.4 x 9.7 mm
  • Bobot: 33,8 gram dan 28,8 gram
  • Durabilitas: 5 ATM 
  • Material: aluminium, kaca, stainless steel
  • Prosesor: Exynos W1000 3nm
  • RAM: 2GB
  • Penyimpanan internal: 32GB
  • Sensor: Accelerometer, Barometer, Bioelectrical Impedance Analysis Sensor, Electrical Heart Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Infrared Temperature Sensor, Light Sensor, Optical Heart Rate Sensor
  • Konektivitas: WiFi, Bluetooth versi 5.3, NFC, GPS, Glonass, Beidou, Galileo
  • Baterai: 435mAH dan 300mAh
  • Sistem operasi: WearOS 5 by Samsung dengan antarmuka One UI 6
  • Fitur: mendukung aplikasi pihak ketiga, Workout Routine and Race, Body Composition, Dual-frequency GPS systemapnea risk detectionfall detection, terhubung ke Samsung Health.

2. Harga Samsung Galaxy Watch 7

Samsung menghadirkan Galaxy Watch 7 dengan dua ukuran berbeda, yakni 44mm dan 40mm. Adanya perbedaan pada ukuran layar dan baterai membuat harga perangkat ini juga tak sama. Berikut harga Samsung Galaxy Watch 7 dari keduanya:

  • Samsung Galaxy Watch 7 44mm: Rp4,9 jutaan
  • Samsung Galaxy Watch 7 40mm: Rp4,5 jutaan

3. Desain

Seperti dijelaskan sebelumnya, Samsung merilis Galaxy Watch 7 dalam dua ukuran berbeda. Untuk produk 44mm, dimensinya sekitar 44,4 x 44,4 x 9,7 mm. Sementara itu, Galaxy Watch 7 40mm dimensinya 40,4 x 40,4 x 9,7 mm.

Selain dimensi, bobot keduanya pun berbeda. Galaxy Watch 7 versi lebih besar punya berat sekitar 33,8 gram, sedangkan ukuran kecilnya hanya 28,8 gram.

Dari segi desain, Samsung membuat Galaxy Watch 7 cocok dikenakan siapa saja. Desain kaca bagian layarnya dibuat mengambang dengan titik jahitan berwarna-warni sehingga menambah kesan elegan. Baik versi 44mm maupun 40mm, keduanya tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Green, Silver, and Cream. 

4. Display

ilustrasi Samsung Galaxy Watch7 (dok. Samsung)

Samsung mengukir layar Galaxy Watch dengan material Sapphire Crystal yang klaimnya lebih tahan lama dan tahan air. Samsung bahkan menyebutkan bahwa material tersebut 1,6 kali lebih kokoh jika merujuk pada uji kekerasan beban.

Mendukung aktivitas outdoor, Samsung Galaxy Watch 7 menggunakan layar Super AMOLED. Untuk versi 44mm, resolusi layarnya 480 x 480 piksel, sedangkan 40mm dengan resolusi 432 x 432 piksel. 

Tak hanya itu, diameter layar keduanya juga berbeda. Pada versi 44mm, ukuran layarnya 37,3 mm, sedangkan versi satunya hanya berukuran 33,3 mm. Tipis memang, tetapi membuat kedua perangkat memiliki tampilan yang berbeda dan cukup signifikan ketika dikenakan. 

5. Performa

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 7 yang paling ditunggu tentu saja berkaitan dengan performa. Samsung menyematkan most powerful smartwatch processor bernama Exynos W1000 pada produk terbarunya ini. Ukuran litografi 3nm dikatakan mampu memproses berbagai kebutuhan dengan super cepat.

Tidak hanya itu, cip dari Samsung tersebut menawarkan kinerja multitasking anti-lag meski digunakan untuk aktivitas outdoor. Lebih lagi, cip tersebut mengoptimalkan baterai sehingga membuat daya perangkat menjadi lebih awet. 

Mendukung kinerja cip tersebut, Samsung membekali Galaxy Watch 7 dengan RAM 3GB dan kapasitas penyimpanan internal 32GB. Jika dibandingkan ponsel memang sangat jauh, tetapi ini sudah cukup untuk ukuran smartwatch

Baca Juga: 7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga, Punya Sensor Canggih

6. Baterai

Baterai Samsung Galaxy Watch 7 berbeda, tergantung pada ukuran perangkat yang kamu pilih. Lebih besar ukuran jamnya, kapasitas baterainya pun mengikuti.

Samsung menyematkan baterai 425mAh untuk versi Watch 7 44mm. Sementara itu, pada Watch 7 40mm baterainya hanya 300mAh.

Meski demikian, keduanya diperkirakan memiliki durasi penggunaan yang tidak jauh berbeda. Dengan kapasitas tersebut, usage time-nya diklaim mencapai 30 jam ketika fitur Always on Display (AOD)-nya dalam posisi aktif dan 40 jam saat AOD mati. 

7. Konektivitas

ilustrasi Samsung Galaxy Watch7 dan Samsung Health App (dok. Samsung)

Dari segi konektivitas, Samsung Galaxy Watch 7 terbilang cukup bersaing jika disandingkan dengan produk lain di kelasnya. Location technology-nya pun dikombinasikan dengan GPS, Glonass, Beidou, Galileo. Keseluruhannya dinilai dapat meningkatkan akurasi deteksi lokasi. 

Selain itu, Samsung Galaxy Watch 7 juga menjadi salah satu smartwatch NFC terbaik yang mendukung transaksi contactless. Sementara itu, dari segi jaringan perangkat ini hanya mendukung WiFi, ya. Kamu pun bisa tetap menggunakan Bluetooth dengan versi 5.3 dan membuka seluruh riwayat aktivitas melalui aplikasi Samsung Health.

8. Sensor

Salah satu poin penting yang jadi pertimbangan saat membeli smartwatch adalah sensor yang disematkan. Apalagi jika perangkat digunakan untuk mendeteksi kondisi tubuh secara menyeluruh. Memahami kebutuhan tersebut, Samsung meningkatkan sensornya untuk Galaxy Watch 7 ini.

BioActive Sensor yang ditingkatkan memiliki 13 LED sensor untuk melacak heart rate, pola tidurdan aktivitas lainnya yang lebih akurat. Selain itu, Samsung juga menyematkan barometer, akselerometer, dan sejumlah sensor lain yang membantu mendeteksi suhu sekitar, suhu tubuh, tingkat aktivitas jantung, saturasi oksigen, dan banyak hal lainnya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya