TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

iPhone 16: Harga, Spesifikasi, Fitur, Kelebihan, dan Kekuarangan

Seri iPhone terbaru dan termurah, nih

ilustrasi iPhone 16 (dok. Apple)

Apple secara resmi merilis iPhone baru dalam gelaran acara bertajuk Glowtime yang diselenggarakan pada Selasa (10/09/24) waktu Indonesia. Dalam event tahunan tersebut, Apple memperkenalkan iPhone 16 sebagai produk terbaru dan termurah dari keseluruhan rangkaian iPhone 16 series

Memiliki tampilan berbeda dari pendahulunya, iPhone 16 dikatakan mendapatkan sejumlah pembaruan yang menarik. Termasuk adanya tombol mirip shutter hingga Apple Intelligence. Nah, berikut harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan iPhone 16.

1. Spesifikasi iPhone 16

Seperti disebutkan sebelumnya, iPhone 16 menjadi smartphone Apple seri terbaru dengan harga paling terjangkau dari seluruh rangkaian produknya. Meski demikian, produk ini tetap menghadirkan spesifikasi unggul yang membuatnya worth untuk dimiliki. Berikut spesifikasi iPhone 16 yang perlu kamu tahu:

  • Layar utama: Super Retina XDR OLED 6,1 inci Ceramic Shield glass 
  • Resolusi: 1179 x 2556 piksel
  • Refresh rate: 60Hz
  • Chipset: Apple A18 (3nm)
  • RAM: 8GB
  • Penyimpanan internal: 128GB, 256GB, dan 512GB
  • Kamera utama: 48MP
  • Kamera ultrawide: 12MP
  • Kamera depan: 12MP
  • Kapasitas baterai: 3561mAh
  • Pengisian daya: 4.5W wired dan 25W MagSafe
  • Konektivitas: 5G, Wi-Fi, Bluetooth v5.3, USB Type-c, NFC
  • Audio:  3D (spatial) audio, stereo sound rec
  • Sistem operasi: iOS 18
  • Dimensi: 147.6 x 71.6 x 7.8 mm 
  • Berat: 170 gram
  • Warna: Black, White, Pink, Teal, Ultramarine
  • Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Ultra Wideband (UWB) support (gen2 chip), Emergency SOS, Messages and Find My via satellite
  • Aksesori: kabel isi daya, SIM card ejector

Catatan, spesifikasi di atas berdasar informasi yang disediakan oleh GSM Arena, ya. Update informasi akan dilakukan setelah situs Apple menampilkan spesifikasi secara lengkap.

2. Harga iPhone 16

Apple menghadirkan iPhone 16 dalam tiga pilihan penyimpanan berbeda. Masing-masing produk pun dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kapasitasnya. Makin besar penyimpanannya, makin tinggi pula harganya. Nah, berikut daftar harga iPhone 16 yang baru saja rilis:

  • iPhone 16 128GB: 799 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp12,3 jutaan
  • iPhone 16 256GB: 899 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp13,8 jutaan
  • iPhone 16 512GB: 1099 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp16,9 jutaan

3. Desain

potret iPhone 16 (dok. youtube.com/Apple)

Apple seolah ingin mengusung kesuksesan desain iPhone X series dengan membuat dua kamera tampak saling bertumpuk di belakang. Desain tersebut membuat tampilannya lebih simple. Salah satu gebrakan lainnya adalah hadirnya tombol shutter di bagian kanan bodi perangkat untuk akses kamera. 

Selain itu, Apple juga masih menyematkan action button di bagian kiri layaknya Pro Max pada seri sebelumnya. Perangkat ini mengombinasikan aerospace-grade aluminum dengan infused glass di bagian belakang. Warna-warna yang dihadirkan pun lebih vibrant dan mencolok sehingga membuat ponsel ini makin menarik dengan desain iPhone 16 terlihat modern dan elegan.

4. Display

Dari segi display, iPhone 16 memang tidak mendapat banyak perubahan dari seri sebelumnya. Layarnya masih menggunakan refresh rate terbatas di 60Hz. Ukuran layarnya pun jauh lebih kecil dibanding saudara satu seri 16 lainnya. Meski demikian, Apple tetap menjanjikan tampilan jernih dengan layar Super Retina yang khas. 

Dengan banyaknya kesamaan, bukan berarti tampilan iPhone 16 tidak ada keunggulannya. Apple membekali produknya dengan perlindungan Ceramic Shield yang diklaim membuat layar tersebut dua kali lebih kokoh. iPhone 16 pun memiliki layar canggih yang imersif untuk kebutuhan harian.

5. Performa

Satu keunggulan Apple yang paling ditunggu tentu saja gebrakan performa melalui dapur pacunya. Seperti biasa, Apple menyematkan seri terbaru dari cip Apple, yakni A18. Cip tersebut klaimnya 30 persen lebih cepat dibanding seri iPhone 15 pendahulunya.

Keberadaan cip ini juga mengakomodasi seluruh fitur baru pada iPhone 16. Termasuk dukungan fitur kamera tingkat lanjut, seperti Photographic Styles dan Camera Control. Tak hanya itu, efisiensi daya yang luar biasa pada ponsel ini juga membuat masa pakai baterai lebih panjang.

Lebih lanjut, penyematan cip tersebut juga menjawab pertanyaan apakah iPhone 16 mendukung jaringan 5G. Jawaban untuk pertanyaan tersebut sudah jelas iya, ya.

Baca Juga: iPhone 16 Diperkenalkan, Peningkatan di Performa dan Kamera

6. Kamera

ilustrasi kamera iPhone 16 (dok. Apple)

Gebrakan Apple menghadirkan shutter button di bagian kanan fisik iPhone 16 tentu membuat penasaran. Faktanya, tombol tersebut mempermudah pengguna untuk mengakses kamera dan fitur-fiturnya. Kamu hanya perlu menekan dan geser tombol menggunakan jari untuk mengakses kamera. 

Di luar itu, Apple menghadirkan kamera fusion yang mengombinasikan kemampuan ambil foto wide dan telephoto untuk hasil gambar yang bervariasi. Kamera ultrawide-nya pun memungkinkan pengguna mengambil foto makro jarak dekat yang ekstrem atau gambar lebih lebar dan luas. Hasilnya pun ciamik, seperti seri sebelumnya, kamera iPhone 16 menangkap foto berkualitas tinggi.

7. Baterai

Jika dibanding dengan HP Android di pasaran, kapasitas baterai iPhone memang tertinggal. Meski demikian, baterai iPhone 16 klaimnya lebih awet. Walau secara kapasitas tidak besar, penggunaan cip Apple A18 membuat ponsel ini bisa digunakan hingga 22 jam untuk pemutaran video.

Pengguna juga dapat mengisi daya baterai dengan cepat menggunakan kabel maupun  metode wireless. Pengisian dayanya pun ngebut, Apple mengklaim produknya bisa mengisi daya 50 persen dalam waktu 30 menit menggunakan MagSafe.

8. Konektivitas

Seperti disebutkan sebelumnya, keberadaan cip A18 yang disematkan pada iPhone 16 membuat perangkat ini bisa terhubung ke jaringan 5G. Selain itu, Apple telah menyematkan NFC untuk kebutuhan aktivitas wireless

Sama seperti seri iPhone sebelumnya, Apple akhirnya menghilangkan port kabel lightning dan menggantinya dengan Type-c yang lebih universal. Selain itu, kamu bisa menemukan sejumlah fitur konektivitas AirDrop yang sudah lebih dahulu ada pada produk sebelumnya.

9. Fitur

ilustrasi iPhone 16 (dok. Apple)

Meski tidak menampilkan banyak keunggulan baru dari segi fisik, Apple seolah membanjiri iPhone 16 dengan berbagai fitur canggih. Seperti dibahas di bagian kamera, perangkat ini dilengkapi tombol shutter yang memudahkan akses ke kamera untuk foto maupun video.

Selain itu, perangkat ini menjadi salah satu smartphone yang secara resmi mengusung fitur iOS 18. Lebih lanjut, iPhone 16 dibekali kemampuan kirim pesan secara satelit sehingga bisa saling terhubung bahkan saat tidak tersambung internet.

Lantas, apa fitur terbaru dari iPhone 16 lainnya? Fitur yang tidak kalah menarik adalah hadirnya Apple Intelligenc. AI tersebut dapat berperan sebagai asisten pribadi yang lebih canggih. Apple pun menjanjikan perlindungan privasi di setiap langkah penggunaanya, lho.

10. Kelebihan iPhone 16

Meski merupakan seri paling compact dan harganya paling murah, Apple tetap membekali sejumlah pembaruan canggih pada ponsel ini. Pembaruan tersebut lantas menjadi kelebihan iPhone 16. 

  • Adanya shutter button yang mempermudah akses kamera 
  • Susunan dua kamera vertikal yang bisa digunakan untuk perekaman spasial 
  • Warna produk yang lebih menarik dan bervariasi
  • Keberadaan action button untuk mengakses berbagai fungsi pada ponsel hanya dengan sekali tekan
  • Dibekali Apple Intelligence dan cip A18 yang merupakan seri terbaru dari Apple.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya