TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Cek Kecepatan, Tipe, Merek, Ukuran RAM di OS Windows 10

Bisa pakai aplikasi atau tidak

ilustrasi mengoperasikan laptop (Unspalsh.com/Glenn Carstens-Peters)

Intinya Sih...

  • RAM mempengaruhi kinerja laptop atau PC
  • Cara sederhana mengecek spesifikasi RAM di Windows 10
  • Metode alternatif menggunakan Command Prompt, PowerShell, atau aplikasi pihak ketiga

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penting di dalam laptop atau PC yang dapat mempengaruhi kinerja perangkatmu. Semakin besar ukuran dan kecepatan RAM yang kamu gunakan, semakin lancar pula perangkatmu dapat menjalankan berbagai macam aplikasi atau gaming.

Mengetahui informasi spesifikasi RAM di laptop juga penting jika suatu saat nanti kamu ingin meng-upgrade-nya. Dengan melihat merek, kecepatan, dan ukuran yang ada, kamu akan jadi bisa lebih tepat lagi untuk membeli perangkat peningkatan yang paling sesuai.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin tahu bagaimana informasi tentang spesifikasi RAM yang terpasang pada perangkat Windows 10, ikuti sederet langkah-langkah mudah yang berikut!

1. Cek spesifikasi RAM di OS Windows 10 lewat pengaturan sistem

tampilan Device specifications di Windows 10 (YouTube.com/ WebbyFan)

Cara paling sederhana untuk mengecek ukuran RAM adalah melalui pengaturan sistem yang ada di Windows 10. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka pengaturan dengan mengklik tombol Start di pojok kiri bawah layar, kemudian pilih “Settings” (ikon roda gigi). Atau shortcut-nya bisa menggunakan “Win+I”
  2. Setelah jendela Settings terbuka, pilih “System”
  3. Selanjutnya, scroll ke bawah pada menu di sebelah kiri dan pilih “About”
  4. Di bagian "Device specifications," kamu akan melihat informasi tentang RAM yang terinstal. Lalu, kamu juga akan bisa mengetahui berapa ukuran RAM yang terpasang di perangkatmu.

Itu adalah cara paling sederhana dan paling umum untuk mengetahui spesifikasi RAM pada OS Windows 10. Namun, jika ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap lagi, kamu bisa mencobanya dengan mengikutin langkah-langkah pada subjudul berikutnya.

Baca Juga: Cara Install Windows 10 di Laptop dan PC yang Mudah

2. Cara cek informasi RAM di Windows 10 menggunakan Command Prompt

menggunakan CMD untuk melihat spesifikasi RAM di laptop atau PC (alphr.com)

Jika kamu butuh informasi yang lebih mendetail tentang RAM, seperti merek atau nomor seri, kamu bisa menggunakan Command Prompt. Caranya seperti ini:

  1. Buka Command Prompt dengan mengetik “cmd” di kotak pencarian Windows, kemudian tekan “Enter”. Atau cara cepatnya tekan bersamaan “Windows+R”, ketik “cmd”, lalu “Ok”.
  2. Jika sudah, ketikan perintah berikut ini: “wmic MemoryChip get MemoryType, Name, Capacity, Configuredclockspeed, DeviceLocator, FormFactor, Manufacturer, Serialnumber, Speed”. Kemudian “Enter”
  3. Setelah menjalankan perintah tersebut, kamu akan melihat informasi detail tentang RAM yang mencakup merek (manufacturer), ukuran (capacity), kecepatan, dan nomor seri yang terpasang pada laptopmu.

Masih kurang lengkap? Kalau begitu kamu bisa menambahkan perintah tambahan berikut ke dalamnya, “ConfiguredVoltage, DataWidth, MaxVoltage, CreationClassName, InterleavePosition”. Namun, untuk melihat semua perintah yang ada, kamu bisa menggunakan perintah di awal sekali dengan mengetikan, “WMIC MemoryChip List /?”. Lalu, cek bagian "FULL" untuk melihat informasi apa saja yang diberikan.

3. Cara melihat spesifikasi RAM pada Windows 10 menggunakan PowerShell

ilustrasi sedang bekerja menggunakan laptop (Pixabay.com/Christin Hume)

Langkah selanjutnya bisa kamu gunakan fitur Windows PowerShell yang ada untuk melihat spesifikasi lengkap dari RAM yang kamu punya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan “Start Menu” di pojok kiri bawah, kemudian pilih “Windows PowerShell”. (Tidak perlu menggunakan bagian Admin untuk melakukan hal yang ini)
  2. Selanjutnya ketikan perintah berikut ini: “Get-CimInstance -ClassName Win32_PhysicalMemory | Format-Table Capacity, Manufacturer, MemoryType, FormFactor, Name, Configuredclockspeed, Speed, Devicelocator, Serialnumber –AutoSize”. Lalu “Enter”
  3. Dengan demikian kamu akan bisa melihat informasi seperti kecepatan, ukuran, dll,  pada RAM-mu yang ada.

Namun, jika merasa kurang, kamu bisa mungunjungi situs “https://powershell.one/wmi/root/cimv2/win32_physicalmemory#memorytype” untuk mengetahui informasi dan perintah apa yang ingin kamu cari agar mengetahui spesifikasi lebih lengkap lagi dari RAM pada laptopmu.

4. Cek spesifikasi RAM menggunakan aplikasi pihak ketiga

tampilan menggunakan Speccy (kiri) (ccleaner.com) dan CPU-Z (kanan) (cpuid.com)

Jika kamu ingin informasi yang lebih lengkap dan visual, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan, seperti CPU-Z atau Speccy. Aplikasi ini biasanya memberikan informasi detail tentang seluruh komponen di dalam perangkatmu, termasuk RAM. Cukup unduh dan instal salah satu aplikasi tersebut, lalu buka aplikasinya. Navigasi ke bagian “Memory” untuk melihat hal seperti berapa slot yang PC kamu punya, jenis memori apa yang terpasang (DDR, DDR2, DDR3, dll.), ukuran RAM, frekuensi kerja RAM, rincian latensi dan clock speed pada RAM-mu.

Mengetahui informasi tentang RAM di perangkat PC atau laptop sangatlah penting. Apalagi jika kamu berencana untuk meningkatkan performa atau hanya sekadar memastikan bahwa perangkatmu berjalan optimal. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa dengan mudah untuk mengeceknya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Duel Samsung Galaxy M05 vs Galaxy A05, Kembar Siam Beda di RAM

Verified Writer

Kelvin Alexsander

Nenek atletis joget di genteng. Enggak nulis, enggak ganteng

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya