TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tools SEO Terbaik untuk Content Writer Pemula, Traffic Melesat!

Tools SEO ini siap bantu tingkatkan peringkatmu di Google

ilustrasi content writer memanfaatkan tools SEO (freepik.com/Frolopiaton Palm)

Intinya Sih...

  • SEO adalah seni mengoptimalkan halaman web agar mudah ditemukan di Google dan Bing, penting untuk identitas brand dan pemasaran digital yang efektif.
  • Serpple adalah tools SEO terbaik untuk memantau peringkat kata kunci dengan akurasi tinggi, memberikan wawasan mendalam, dan skor kinerja lalu lintas organik.
  • Google Trends memudahkan menemukan topik tren, Google Search Console memberikan data penting tentang kata kunci, dan Google Analytics serta Similarweb membantu analisis pengunjung dan kinerja situs web.

SEO atau Search Engine Optimization adalah seni mengoptimalkan halaman web dan konten agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. SEO bukan hanya strategi pemasaran digital yang efektif, tetapi juga sangat penting untuk membuat identitas brand-mu muncul di depan ribuan, bahkan jutaan pelanggan potensial. Bayangkan, betapa hebatnya dampak ini buat bisnismu!

Google memproses 8,5 miliar pencarian setiap hari dan menguasai 92 persen pasar mesin pencari. Meski hanya meraih kurang dari 1 persen dari pasar ini, kamu tetap memiliki peluang besar untuk mendapatkan proyek dan pekerjaan dengan bayaran tinggi sebagai content writer. Meraih posisi teratas di halaman hasil pencarian Google memang memerlukan usaha besar, Namun, dengan strategi SEO yang cerdas dan tools yang tepat untuk menganalisis data, kamu akan mulai melihat hasilnya.

Jika kamu adalah pemula yang baru terjun ke dunia content writer, artikel ini akan membahas beberapa tools SEO terbaik yang dapat membantu meningkatkan traffic situsmu. Melansir Forbes, simak lima tools SEO yang wajib kamu coba untuk riset, analitik, dan memberikan wawasan berharga yang bisa menaikkan traffic serta performa kontenmu!

1. Serpple adalah tools SEO yang efektif untuk pemula

tampilan tools SEO Serpple (dok. serpple.com)

Serpple adalah tools SEO terbaik untuk memantau peringkat kata kunci dengan akurasi hingga 99,95 persen. Tools ini juga menyediakan wawasan mendalam tentang metrik SERP, termasuk informasi terperinci seperti sejarah volume pencarian dan data domain. Dirancang khusus untuk profesional SEO, Serpple menawarkan fitur canggih untuk analisis yang lebih lengkap dan akurat.

Selain itu, tools ini memberikan skor untuk menilai kinerja lalu lintas organik dan posisi kata kunci. Kamu juga dapat mengekspor data ke format CSV atau PDF sekaligus memanfaatkan laporan langsung yang mudah dibagikan dalam satu tempat. Untuk pengalaman yang lebih maksimal, jangan lupa pertimbangkan untuk upgrade ke versi berbayar yang menawarkan fitur SEO tambahan guna meningkatkan kinerja situsmu.

2. Google Trends adalah tools SEO untuk riset kata kunci

tampilan tools SEO Google Trends (dok. trends.google.com)

Google Trends adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk menganalisis popularitas pencarian kata kunci dari waktu ke waktu. Tools ini menampilkan data dalam bentuk grafik yang mudah dipahami dan memberikan wawasan tentang tren pencarian di berbagai wilayah dan bahasa. Dengan Google Trends, kamu bisa menemukan topik yang sedang naik daun dan pastinya relevan.

Menulis tentang topik yang sedang tren atau viral akan meningkatkan kemungkinan artikelmu dibaca oleh banyak orang. Tools ini mempermudah identifikasi kata kunci yang paling sering dicari serta memantau perubahan tren pencarian dari waktu ke waktu. Dengan melihat tren jangka panjang, kamu bisa merencanakan konten yang relevan untuk ke depannya sehingga kamu bisa mengantisipasi dan selangkah lebih maju.

3. Google Search Console adalah tools SEO untuk meningkatkan traffic web

tampilan tools SEO Google Search Console (dok. search.google.com/search-console)

Google Search Console adalah tools penting bagi content writer pemula yang ingin meningkatkan traffic situs web. Fitur seperti pemantauan kinerja, pemeriksaan indeks dan analisis kata kunci memberikan wawasan mendalam tentang cara Google mengindeks konten. Tools ini juga membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis, seperti halaman yang tidak dapat diakses atau kesalahan pengindeksan untuk memastikan situs web berfungsi optimal di mesin pencari.

Google Search Console memberikan data penting tentang kata kunci yang membawa pengunjung ke situsmu, seperti jumlah klik, tayangan, dan posisi rata-rata di hasil pencarian. Informasi ini mempermudah penulis konten untuk menyesuaikan strategi SEO mereka serta menargetkan audiens yang tepat dan meningkatkan visibilitas konten. Google Search Console bisa menjadi tools yang sangat efektif untuk mengoptimalkan situs web dan meningkatkan traffic, terutama bagi content writer pemula.

4. Google Analytics adalah tools SEO untuk menganalisis data pengunjung

tampilan tools SEO Google Analytics (dok. analytics.google.com)

Google Analytics adalah tools canggih untuk menganalisis pengunjung situs web dan memberikan wawasan mendalam tentang lalu lintas serta interaksi pengguna. Dengan tools ini, pelacakan pengunjung, durasi kunjungan dan kata kunci pencarian menjadi sangat mudah dilakukan. Kamu juga akan mendapatkan gambaran lengkap dan mudah dipahami tentang bagaimana pengguna benar-benar berinteraksi dengan situsmu.

Informasi dari Google Analytics membantu mengoptimalkan situsmu sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Peningkatan tersebut akan menarik lebih banyak pengunjung ke situsmu. Hasilnya, jumlah pengunjung situsmu pun akan meningkat pesat.

Verified Writer

Jubaedah Haryani

I find beauty in every story of life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya