TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bahaya! Orang Lain Bisa Lihat Data Pribadimu Tanpa Passcode di iOS 11

Ngeri banget nih kalau foto atau data-data pribadimu dilihat orang lain

pexels

Hampir semua smartphone pasti menggunakan sistem keamanan untuk melindungi penggunanya dari perbuatan orang yang tak bertanggung jawab. Selain sistem keamanan fingerprint, sensor wajah atau sensor retina mata sistem kemanan smartphone yang paling populer adalah passcode. Sistem ini mengharuskan kamu mengetik sejumlah angka atau huruf agar kamu dapat mengakses smartphone tersebut dengan penuh.

Baru-baru ini, sebuah channel di Youtube mengunggah sebuah video yang memperlihatkan ia dapat mengakses foto di dalam smartphone tersebut tanpa harus melewati passcode.
 

Merupakan Bug iOS 11

Akun Youtube, IDeviceHelp menuturkan jika celah keamanan ini merupakan sebuah bug dan menjangkiti perangkat apapun yang sudah menggunakan iOS 11. Bug ini memungkinkan orang lain dapat melihat foto pribadi kamu serta beberapa informasi lainnya dengan hanya mengetuk tombol home dua kali.

Mungkin bug ini tidak begitu berisiko bagi kamu yang tidak masalah jika smartphonemu seringkali dipinjam dan dibuka oleh temanmu. Namun bagi sebagian orang, privasi adalah segala-galanya dan pastinya bug ini membuat mereka khawatir jika secara tidak sengaja ia meninggalkan smartphonenya. Tapi, tak perlu khawatir. Sebelum akun IDevice membuat video ini, ia sudah melaporkannya ke Apple.

Verified Writer

Irvin Pabane

Part of @pk189 LPDP RI || Soli Deo Gloria || Belajar Sepanjang Hayat || Baca tulisan lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya