TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbandingan Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro

Mengusung banyak upgrade dan Apple Intellegence

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro (apple.com)

Intinya Sih...

  • Apple meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Pro dalam Apple Event di Steve Jobs Theater, California.
  • iPhone 16 memiliki layar 6,1 inci dengan chipset A18, sedangkan iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci dengan chipset A18 Pro.
  • Kedua model memiliki perbedaan desain kamera belakang dan fitur kamera, serta hadir dengan teknologi kecerdasan buatan bernama Apple Intellegence.

Apple telah resmi meluncurkan seri iPhone 16 dalam gelaran Apple Event di Steve Jobs Theater, California, pada Senin (9/09/2024). Dua produk yang ditampilkan dalam acara tersebut adalah iPhone 16 dan iPhone 16 Pro. Dua smartphone tersebut mengusung sejumlah peningkatan spesifikasi dan fitur dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, desain iPhone 16 tampak berbeda karena tampil dengan susunan kamera vertikal yang mengingatkan kita pada iPhone 12. 

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro menghadirkan spesifikasi berbeda meski banyak juga persamaannya. Mari bedah perbedaan spesifikasi antara iPhone 16 dan iPhone 16 Pro berikut, yuk!

1. Desain kamera iPhone 16 mirip dengan iPhone 12

iPhone 16 (apple.com)

Mari mulai dari sektor desain. Tampilan iPhone 16 cukup berbeda dengan pendahulunya, di mana bagian belakang HP ini terdapat susunan kamera vertikal yang mirip iPhone 12. Sementara itu, iPhone 16 Pro hadir dengan konfigurasi kamera yang mirip dengan seri sebelumnya, yakni susunan kamera belakang bergaya boba.

Secara keseluruhan, ukuran bodi iPhone 16 Pro lebih besar, namun, sama-sama memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dengan kedalaman maksimal 6 meter (maksimal 30 menit). Apple menghadirkan iPhone 16 dalam varian warna, black, white, pink, teal, dan ultramarine. Di sisi lain, iPhone 13 Pro punya opsi warna black titanium, white titanium, natural titanium, dan desert titanium.

Baca Juga: 7 Meme Soal iPhone 16, Kocak Mengocok Perut

2. Layar iPhone 16 Pro lebih besar dengan resolusi lebih tinggi

iPhone 16 Pro (apple.com)

Di bagian display, perbedaan kedua HP ini cukup signifikan. iPhone 16 punya layar berukuran 6,1 inci dengan panel Super Retina XDR OLED dan fitur Dolby Vision. Adapun, resolusi layarnya adalah 2556 x 1179 piksel dengan perlindungan Ceramic Shield Glass. Sementara itu, layar iPhone 16 Pro tampil lebih baik dengan ukuran 6,3 inci yang dibalut panel LTPO Super Retina XDR OLED. Resolusi layar iPhone 16 Pro juga lebih tinggi dengan 2662 x 1206 piksel. Kedua layar HP ini mampu memberikan tingkat kecerahan hingga 2000 nits

3. Performa iPhone 16 Pro lebih kencang dengan chipset Apple A18 Pro

ilustrasi Apple A18 Pro (apple.com)

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro menggunakan chipset berbeda. iPhone 16 dibekali dengan chipset A18, sementara iPhone 16 Pro menggunakan chipset A18 Pro. Perbedaan utama terletak pada kinerja, di mana A18 Pro menawarkan performa lebih tinggi, terutama dalam tugas-tugas berat seperti pengolahan grafis dan AI. Hal ini membuat iPhone 16 Pro lebih unggul dalam menjalankan aplikasi yang menuntut, game dengan grafis tinggi, dan multi-tasking kompleks.

Sistem operasi kedua model iPhone ini datang dengan iOS 18 yang membawa fitur baru, termasuk kustomisasi. Seri iPhone 16 dibekali RAM sebesar 8GB. Ia lebih besar dari seri sebelumnya. Kedua model iPhone ini menawarkan kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB. Namun, iPhone 16 Pro juga menawarkan penyimpanan hingga 1TB. 

4. iPhone 16 Pro memiliki tiga kamera belakang

ilustrasi fotografi iPhone 16 (apple.com)

Kamera iPhone 16 memiliki dua lensa belakang, yaitu kamera utama 48 MP dan kamera ultra-wide. Kamera ini dilengkapi dengan fitur kontrol untuk memudahkan pengguna dalam mengambil gambar. Selain itu, iPhone 16 juga mendukung perekaman video 4K dengan Dolby Vision.

Di sisi lain, iPhone 16 Pro memiliki tiga lensa belakang berupa kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide, dan kamera telephoto 5x. Kamera Pro ini menggunakan sensor quad-pixel generasi kedua yang lebih cepat dalam mengurangi jeda rana saat mengambil gambar. iPhone 16 Pro juga mendukung perekaman video 4K pada 120fps yang menawarkan kualitas video yang lebih tinggi.

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya