TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

OPPO Reno12 Pro vs POCO F6, Fitur AI Melawan Chipset Kencang

OPPO Reno12 Pro andalkan AI, POCO F6 punya performa ngebut

OPPO Reno12 Pro dan POCO F6 (oppo.com | instagram.com/poco_id)

Intinya Sih...

  • OPPO Reno12 Pro hadir dengan fitur kecerdasan buatan GenAI yang tidak dimiliki oleh POCO F6.
  • POCO F6 memiliki performa lebih cepat dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3, sementara OPPO Reno12 Pro menggunakan MediaTek Dimensity 7300.
  • OPPO Reno12 Pro unggul dalam kualitas kamera dan fitur kecerdasan buatan, sementara POCO F6 menawarkan harga lebih terjangkau.

OPPO kembali merilis HP kelas premiumnya, yaitu OPPO Reno12 Pro. Ini merupakan smartphone dengan fitur kecerdasan buatan. Fitur ini bertajuk GenAI dan diklaim menghadirkan inovasi yang tidak semua smartphone memiliki fitur tersebut. Meski begitu, OPPO Reno12 Pro punya spesifikasi tidak jauh berbeda dengan HP lain yang menjadi pesaingnya. 

Salah satu pesaing OPPO Reno12 Pro di pasar Indonesia saat ini adalah POCO F6. Menariknya, POCO F6 dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari OPPO Reno12 Pro. Bahkan, selisih harga keduanya hampir dua kali lipat. Nah, lalu seperti apa perbandingan spesifikasi OPPO Reno12 Pro dan POCO F6 secara keseluruhan? Simak lewat komparasi berikut!

1. Kualitas layar OPPO Reno12 Pro dan POCO F6 tidak berbeda jauh

OPPO Reno12 Pro (oppo.com)

Kedua HP ini sama-sama memiliki desain menawan dengan material polikarbonat. Di sektor layar, OPPO Reno12 Pro dan POCO F6 punya kualitas yang bersaing. Keduanya menggunakan panel AMOLED beresolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Akan tetapi, tingkat kecerahan puncak POCO F6 lebih tinggi dengan 2400 nits, sedangkan OPPO Reno12 Pro hanya 1200 nits. Selain itu, kedua layar HP ini sudah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass Victus. 

Baca Juga: Rekomendasi HP Termurah buat Anak Kos Nonton Olimpiade 2024

2. Performa POCO F6 menang telak atas OPPO Reno12 Pro

Snapdragon 8s Gen 3 di POCO F6 (po.co)

Salah satu hal menarik dari komparasi kedua HP ini adalah bahwa POCO F6 ternyata unggul telak atas OPPO Reno12 Pro di sektor performa. POCO F6 diketahui menggunakan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 yang jauh lebih kencang dari MediaTek Dimensity 7300 andalan OPPO Reno12 Pro. 

Di situs Kimovil, skor AnTuTu v10 yang dihasilkan OPPO Reno12 Pro adalah sekitar 700 ribuan. Sedangkan, skor AnTuTu v10 yang dicatatkan oleh POCO F6 adalah sekitar 1,5 jutaan. Perbedaan skor benchmark ini jelas cukup berpengaruh pada tingkat kinerja saat penggunaan perangkat. Selain itu, jenis memori POCO F6 sudah memakai UFS 4.0, sedangkan OPPO Reno12 Pro masih UFS 3.1. OPPO Reno12 Pro hanya tersedia dalam satu opsi RAM (12/512GB), sedangkan POCO F6 hadir dengan dua varian RAM (8/256GB dan 12/512GB). Tetapi, POCO F6 punya kekurangan berupa absennya slot memori eksternal. 

3. OPPO Reno12 Pro punya spesifikasi kamera lebih superior

OPPO Reno12 Pro (oppo.com)

OPPO Reno12 Pro dan POCO F6 sama-sama memiliki sistem kamera mumpuni. Tetapi di sini tampaknya OPPO Reno12 Pro memang lebih unggul, khususnya di bagian kamera belakang yang berjumlah tiga jenis termasuk tersedianya kamera telephoto. Selain itu, kamera depan OPPO Reno12 Pro juga lebih unggul. Berikut adalah perbandingan kamera kedua HP ini:

OPPO Reno12 Pro:

  • Kamera belakang: 50MP (wide), 50MP (telephoto), 8MP (ultrawide);
  • Kamera depan: 50MP.

POCO F6:

  • Kamera belakang: 50MP (wide), 8MP (ultrawide);
  • Kamera depan: 20MP. 

4. OPPO Reno12 Pro punya fitur GenAI

fitur AI OPPO Reno12 Pro (oppo.com)

Smartphone kelas premium di zaman sekarang sepertinya sedang berlomba menyajikan fitur kecerdasan buatan. Ya, OPPO Reno12 Pro menawarkan fitur kecerdasan buatan bernama GenAI yang tidak dimiliki POCO F6. Fitur GenAI ini menyediakan berbagai tool seperti edit foto canggih bernama AI Studio. Fitur GenAi milik OPPO Reno12 Pro bisa menjadi nilai jual walaupun tidak semua pengguna smartphone sekarang membutuhkan fitur ini. 

5. POCO F6 memiliki fitur fast charging dengan daya lebih besar

fast charging POCO F6 (po.co)

Kedua HP ini punya kapasitas baterai 5000mAh. Namun, POCO F6 unggul dengan pengisian daya 90W. Sedangkan, OPPO Reno12 Pro punya fast charging 80W. Meski begitu, OPPO Reno12 Pro tetap punya kelebihan berupa tersedianya fitur reverse charging. Adapun beberapa kesamaan fitur dari kedua HP ini adalah adanya NFC, infrared, pemindai sidik jari dalam layar, dan speaker stereo. Perlu diketahui, kedua HP ini tidak memiliki port audio 3,5mm. 

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya