TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kelebihan dan Kekurangan realme C63, Apakah Layak Beli?

Masih menggunakan eMMC tapi tampil dengan desain premium

realme C63 (instagram.com/realmeindonesia)

Intinya Sih...

  • realme C63 adalah smartphone entry-level dengan Unisoc T616 sebagai prosesor utama, cocok untuk aktivitas sehari-hari seperti komunikasi, media sosial, streaming, dan game ringan.
  • Layar realme C63 memiliki resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz dan barpanel IPS yang nyaman untuk aktivitas scrolling, streaming video, dan penggunaan aplikasi lainnya.
  • HP ini hadir dengan desain belakang premium vegan leather yang menawan dan tahan noda, serta fitur fast charging 45W. Namun, masih menggunakan eMMC 5.1 dan kurang cocok untuk game berat.

Memasuki pertengahan 2024, sejumlah produsen smartphone mulai gencar memasarkan produk terbarunya. Salah satunya adalah realme C63 yang akan dijual di Indonesia mulai 5 Juni 2024 mendatang. realme C63 adalah smartphone entry level yang mengusung Unisoc T616 sebagai dapur pacunya. 

Jika melihat spesifikasinya, realme C65 tampaknya memang ditujukan untuk penggunaan dasar sehari-hari seperti komunikasi dan hiburan multimedia. Spesifikasi HP ini dapat dikatakan mirip dengan realme C65 yang meluncur pada awal Mei 2024. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan realme C63 berdasarkan desain dan spesifikasi yang mereka usung? Mari simak melalui pembahasan berikut!

1. Prososor Unisoc T612, cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan media sosial

ilustrasi Unisoc T616 (unisoc.com)

Seperti yang sudah disebutkan, realme C63 menggunakan Unisoc T612 sebagai prosesornya. Unisoc T612 kira-kira setara dengan MediaTek Helio G85 yang biasanya digunakan oleh smartphone dengan harga di bawah Rp2 jutaan. Di situs Nanoreview, SoC ini mencatatkan skor sekitar 245 ribuan. Selain itu, Unisoc T612 juga digunakan oleh beberapa HP realme lainnya. 

Dengan demikian, HP ini mampu menunjang aktivitas esensial sehari-sehari seperti untuk komunikasi, media sosial, pekerjaan seperti mengedit dokumen, streaming, dan bermain game ringan. Untuk RAM, realme C63 tersedia dalam dua opsi, yaitu 6/128GB dan 8/128GB. Ruang penyimpanan HP ini dapat ditingkatkan karena realme C63 memiliki slot MicroSD.

Baca Juga: Infinix GT 20 Pro vs realme 12 Plus, Harga Sama Spek Jauh Beda!

2. Layar standar dengan refresh rate 90Hz

realme C63 (realme.com)

Kualitas layar realme C65 dapat dikatakan standar dengan resolusi HD+. Adapun, refresh rate-nya mencapai 90Hz dan barpanel IPS. Spesifikasi layar seperti ini sudah cukup nyaman untuk aktivitas, seperti scrolling TikTok, Instagram, dan berbagai aplikasi lainnya. Selain itu, layarnya juga cukup nyaman untuk streaming video YouTube dan Netflix. 

3. Sudah mendukung fast charging 45W

realme C63 (realme.com)

Tidak banyak smartphone entry level yang menghadirkan pengisian cepat dengan besaran daya yang tinggi. Nah, realme C65 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5000mAH dengan fast charging 45W. Dengan begitu, pengisian daya realme C63 tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama sekaligus menjadi nilai unggul dari HP ini.

4. Desain menawan walaupun dengan modul kamera boba

desain Realme C63 (instagram.com/realmeindonesia)

realme menyebut desain realme C63 sebagai Premium Vegan Leather. Desain belakang HP ini memang cukup menawan dan memiliki kesan premium. Bagian belakang realme C63 terlihat seperti material kulit dan diklaim tahan terhadap noda. Walaupun modul kameranya menggunakan desain boba khas iPhone, secara keseluruhan desain premium realme C63 memang patut diapresiasi. 

5. Jenis memori masih eMMC 5.1

realme C63 (instagram.com/realmeindonesia)

Beralih ke kekurangan, sayangnya realme C65 masih mengandalkan eMMC 5.1 sebagai jenis memorinya. Jenis penyimpanan ini dinilai sudah ketinggalan zaman, di mana brand HP lain sudah mulai beralih ke UFS yang memiliki kecepatan lebih kencang. realme C Series memang dikenal masih menggunakan eMMC meski HP lain di kelas harga yang sama sudah menggunakan UFS. Padahal, memori jenis UFS mampu menjalankan tugas multitasking dan loading aplikasi yang lebih cepat. 

6. Kurang cocok untuk gaming berat

skor AnTuTu realme C63 (youtube.com/LegawaGadget)

Prosesor Unisoc T616 kurang cocok untuk penggunaan game berat. Jadi, realme C63 bukanlah HP yang tepat untuk menjalankan game sepetri Genshin Impact, Wuthering Waves, Solo Leveling, atau sejumlah game berat lain. Meski begitu, HP ini masih bisa menjalankan game seperti Mobile Legends dan Free Fire. 

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya