TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Pesan Makanan Online untuk Orang Lain dari Beda Kota

Cocok buat kamu yang lagi LDR, nih!

Ilustrasi makanan hasil pesan online (unsplash.com/Cristiano Pinto)

Di era digital seperti sekarang ini, memesan makanan online jadi salah satu hal yang normal dilakukan. Dengan menggunakan layanan pesan antar makanan online, kamu bisa memesan makanan dari restoran favorit tanpa perlu keluar rumah. Sudah banyak fitur pengiriman makanan online yang bisa digunakan.

Seiring berkembangnya teknologi, kini kamu bisa mengirimkan makanan atau minuman dari beda kota secara real-time, lho. Saat ini, layanan pesan antar makanan online sudah mendukung pengiriman makanan ke luar kota.

Begini cara pesan makanan online untuk orang lain dari beda kota. Kamu tetap bisa berhubungan baik dengan teman atau kerabat meski berjauhan, nih!

Baca Juga: 5 Cara Pesan Makanan di Restoran All You Can Eat, Sudah Tahu?

1. Buka aplikasi pesan antar makanan online

Ilustrasi buka aplikasi pesan antar makanan online (unsplash.com/Karthik Balakrishnan)

Langkah pertama adalah membuka aplikasi pesan antar makanan online yang kamu gunakan, misalnya, Gojek, Grab, atau Shopee. Kamu bisa memeriksa terlebih dahulu, apakah restoran atau tempat makan yang akan kamu pesan ada di aplikasi tersebut.

2. Ganti lokasi di aplikasi

ilustrasi ganti lokasi di aplikasi (dok. Grab Indonesia)

Setelah memilih layanan pesan antar makanan, kamu perlu mengganti lokasi di aplikasi. Ini dilakukan agar kamu bisa melihat daftar makanan dari kota yang ingin kamu pesan. Berikut cara mengganti lokasi pengiriman berdasarkan fitur aplikasi.

Cara mengganti lokasi di GoFood:

  1. Buka aplikasi Gojek.
  2. Klik ikon "Alamat" di bagian atas layar.
  3. Pilih lokasi dengan nama kota dan alamat tujuan.
  4. Pilih kota dan alamat tujuan yang sesuai.

Cara mengganti lokasi di GrabFood:

  1. Buka aplikasi Grab.
  2. Klik ikon "Food".
  3. Klik ikon "Deliver to" di bagian atas layar.
  4. Pilih kota dan alamat tujuan.

Cara mengganti lokasi di ShopeeFood:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Klik ikon "ShopeeFood".
  3. Klik ikon "Antar ke" di bagian atas layar.
  4. Pilih kota dan alamat tujuan.

3. Pilih restoran dan menu

ilustrasi pilih restoran dan menu (dok. Grab Indonesia)

Setelah menentukan kota tujuan, kamu bisa mulai memilih restoran yang ingin dipesan. Pilih restoran dengan menu yang sesuai dengan seleramu. Pastikan pilih restoran yang terpercaya dan memiliki rating yang baik, paling tidak 4.6 ke atas, ya!

Baca Juga: 5 Plus Minus Kebiasaan Pesan Makanan Online, Lebih Hemat atau Boros?

4. Cek kembali alamat tujuan

Ilustrasi mengecek kembali alamat tujuan (dok. Gojek)

Pastikan kamu memasukkan alamat tujuan dengan benar dan lengkap. Pastikan juga alamat tujuan tersebut merupakan alamat rumah atau tempat tinggal orang yang kamu ingin kirim makanan.

5. Pilih metode pembayaran

ilustrasi pilih metode pembayaran (dok. Shopee)

Setelah semuanya sesuai, kini kamu bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Metode pembayaran yang biasanya tersedia adalah tunai, kartu kredit, atau saldo e-wallet. Agar biaya lebih murah, kamu bisa memasukkan voucer, promo, atau berlangganan subscription yang disediakan oleh aplikasi.

6. Konfirmasi pesanan

Ilustrasi pesanan diantar ke alamat tujuan (unsplash.com/Lucian Alexe)

Setelah semua data sudah diisi dengan benar, klik tombol "Pesan" untuk mengkonfirmasi pesananmu. Setelah kamu melakukan pemesanan, maka pesananmu akan segera diproses oleh mitra pengemudi. Mitra pengemudi akan menjemput makanan dari restoran dan mengantarnya ke alamat tujuan.

Fitur yang disediakan aplikasi transportasi dan e-commerce kini berkembang pesat, salah satunya dengan menyediakan fitur food delivery. Fitur ini tidak hanya dapat digunakan untuk konsumsi pribadi, tetapi juga dapat digunakan untuk tujuan di kota yang berbeda. Fitur ini cocok terutama untuk pasangan yang sedang LDR agar tetap harmonis.

Baca Juga: Cara Hemat saat Memesan Makanan Online, Pesan Bareng Teman!

Verified Writer

Hamdiki Roziqi

All-time learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya