TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kelebihan PC Windows Dibanding iMac, Layak Dipilih!

PC Windows menang dalam hal fleksibilitas

ilustrasi PC Windows (pexels.com/Minh Phuc)

Jika membahas tentang komputer, pilihan antara PC Windows dan iMac sering menjadi topik hangat. Kendati iMac terkenal dengan desain elegan dan sistem operasinya yang stabil, PC Windows menawarkan sejumlah keunggulan yang tak dapat diabaikan. Dari segi fleksibilitas hingga performa, PC Windows memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya pilihan utama bagi banyak pengguna.

Saat memilih antara PC atau iMac, penting untuk memahami bagaimana perbedaan dan fitur utama akan memengaruhi produktivitas dan kreativitasmu. Di sini kita akan membahas pertimbangan utama yang perlu diingat saat kamu memutuskan perangkat mana yang tepat untukmu.

1. Hemat biaya

ilustrasi PC Windows (pexels.com/John Petalcurin)

Saat membeli PC Windows, kamu mendapatkan lebih banyak keuntungan dari segi perangkat keras. Ada banyak sekali PC Windows yang dijual di ribuan pengecer, jadi ada banyak variasi dalam hal harga. Di sisi lain, iMac memiliki harga yang hampir universal, jadi kecil kemungkinan kamu mendapatkan penawaran yang bagus.

2. Lebih baik untuk gamer

ilustrasi PC Windows (pexels.com/Ron Lach)

Industri game sangat besar. Game komputer menjadi lebih canggih, dan membutuhkan banyak ruang dan kartu grafis kelas atas. Dengan harga setara iMac, kamu bisa membeli PC Windows kelas atas yang nyaman untuk menjalankan game modern. Ditambah lagi, banyak game yang tidak kompatibel dengan sistem operasi iMac.

3. Lebih mudah di-upgrade

ilustrasi PC Windows (unsplash.com/Alexandru Acea)

PC Windows lebih mudah di-upgrade dan memiliki lebih banyak opsi untuk perangkat keras. Sementara, jika ingin meng-upgrade iMac, kamu hanya dapat meng-upgrade memori dan drive penyimpanan. 

Pengguna PC Windows dapat memilih banyak motherboard, prosesor, drive penyimpanan, kartu video, kartu grafis, kartu audio, dan memori. Hal ini memungkinkan pengguna PC untuk membuat mesin kustom, atau meng-upgrade mesin yang sudah ada dengan mudah. 

Baca Juga: 3 Cara Cek Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Windows, Gampang!

4. Mudah untuk disesuaikan atau dibangun

ilustrasi all-in-one desktop (unsplash.com/Amy Hirschi)

PC Windows dapat dikustomisasi atau bahkan dibangun dari awal tanpa terlalu banyak kesulitan. Sebaliknya, iMac tidak dapat dikustomisasi sama sekali. Ini berarti dengan jumlah uang yang relatif sedikit, kamu dapat memperoleh PC Windows dengan mesin yang sangat kuat.

5. Sistem operasi

ilustrasi PC Windows (pexels.com/cottonbro studio)

PC Windows berjalan di sistem operasi Windows, sementara iMac di macOS. Tiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai sistem operasi mana yang lebih nyaman.

Namun, kebanyakan orang merasa memiliki kontrol lebih besar atas proses perangkat saat menggunakan PC Windows. Ada lebih banyak pengaturan yang bisa dicoba, dan lebih banyak perubahan kecil yang bisa dilakukan untuk mengubah komputer biasa menjadi mesin yang bekerja persis seperti yang kamu butuhkan.

6. Pembuatan konten

ilustrasi PC Windows (pexels.com/Minh Phuc)

PC Windows dikenal karena mendukung beragam aplikasi dan kompatibel dengan plugin dan aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat konten setiap hari. Entah itu foto, video, musik, PC Windows memungkinkan kamu terus menggunakan aplikasi dan plugin yang dibutuhkan, mulai dari aplikasi pembuatan musik hingga workstation.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya