TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yang Perlu Dilakukan Pertama Kali Setelah Membeli iPhone Baru

Mulai dari mengatur layar, fitur keamanan hingga kustomisasi

ilustrasi iPhone (Unsplash/David Grandmougin)

Melakukan unboxing iPhone yang baru dibeli tentu menjadi salah satu bagian paling disukai oleh para penggemar produk Apple. Namun, itu baru awalan saja karena sebagaimana HP baru, ada banyak hal yang perlu dikonfigurasi agar iPhone bisa digunakan dengan maksimal.

Mulai dari mengatur konfigurasi layar, meningkatkan keamanan hingga mengkustomisasi Home Screen serta Lock Screen, berikut 7 hal yang perlu dilakukan setelah membeli iPhone baru.

1. Mengatur konfigurasi layar

ilustrasi iPhone (Unsplash/Adrien)

Mengatur konfigurasi layar jadi salah satu hal pertama yang wajib dilakukan ketika baru membeli iPhone baru. Langsung saja pergi ke Settings, kemudian Display & Brightness. Dari situ, kamu bisa mengubah mode gelap atau terang maupun mengaturnya agar aktif di waktu tertentu. Selain itu, aktifkan juga True Tone untuk menyesuaikan warna layar iPhone secara otomatis berdasarkan pencahayaan sekitar.

2. Aktifkan beberapa fitur keamanan

ilustrasi iPhone (Unsplash/Onur Binay)

Keamanan juga tak kalah penting dari melakukan konfigurasi layar. Pergi ke Settings > Face ID & Passcode untuk mengatur autentikasi biometrik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Face ID untuk mengizinkan pembelian di App Store, transaksi via Apple Pay maupun menggunakan Password AutoFill. Pastikan pula untuk mengaktifkan Find My agar kamu bisa mengetahui lokasi iPhone kamu apabila tiba-tiba hilang atau dicuri.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Harus Segera Upgrade iPhone, Sudah Saatnya!

3. Membatasi pelacakan iklan

ilustrasi iPhone (Unsplash/dole777)

Selanjutnya, manfaatkan pengaturan iklan untuk meningkatkan privasi iPhone kamu. Pergi ke Settings > Privacy & Security > Apple Advertising dan pastikan jika Personalized Ads dalam kondisi nonaktif. Lalu, pastikan jika Allows Apps to Request to Track juga dalam kondisi mati. Sebab fitur tersebut dapat membatasi beberapa aplikasi untuk melacak lokasi dan pola penggunaanmu.

4. Manfaatkan fitur backup di iCloud

ilustrasi iCloud (dok. Apple)

iCloud jadi penyimpanan cloud dan solusi backup terbaik untuk perangkat Apple termasuk iPhone. Manfaatkan fitur backup di iCloud dengan cara pergi ke Settings > [Namamu] > iCloud dan pilih iCloud Backup. Jika aktif, fitur tersebut akan secara otomatis mencadangkan data iPhone kamu ketika dalam kondisi terkunci, mengisi daya dan terhubung ke Wi-Fi. Jika tidak berlangganan, iCloud hanya menyediakan penyimpanan gratis sebesar 5GB saja.

5. Instal aplikasi yang dibutuhkan di App Store

ilustrasi iPhone (Unsplash/James Yerema)

Meski iOS bisa melakukan banyak hal sendiri, ada beberapa hal butuh aplikasi pihak ketiga. Mulai dari aplikasi password manager hingga budget tracker, ada banyak aplikasi luar biasa yang bisa kamu instal di iPhone. Selain aplikasi-aplikasi dengan fitur yang tidak dimiliki iPhone, kamu juga menginstal aplikasi file manager jika kamu merasa aplikasi Files bawaan iPhone terasa kurang punya opsi kustomisasi yang mendalam.

6. Manfaatkan fitur aksesibilitas

ilustrasi iPhone (Unsplash/Malte Helmhold)

iPhone memiliki banyak fitur aksesibilitas untuk membantu penggunaan iPhone dengan lebih mudah, terutama untuk penyandang disabilitas. Contohnya, iPhone memiliki fitur bernama VoiceOver yang sangat membantu bagi pengguna tunanetra. Selain itu, ada pula fitur seperti Assistive Touch yang akan memberi kamu Home Button virtual untuk mengakses berbagai action dengan lebih cepat.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Battery Health iPhone, Biar Tetap Awet!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya