TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Review vivo V27e, Lebih Murah tapi Tetap Bisa Diandalkan!

Adik dari vivo V27 ini tetap bisa jadi andalan

vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Harus diakui bahwa vivo V27 jadi salah satu smartphone yang direkomendasikan di awal tahun ini. Smartphone yang satu ini punya kamera yang jadi andalan, baterai yang bisa dibawa seharian, hingga performa gaming yang nyaman. Tak heran jika vivo V27 masuk jajaran smartphone andalan di awal 2023. Namun jika budget kita tak mencukupi untuk membelinya, smartphone apa dong yang jadi alternatif?

Perkenalkan vivo V27e, adik dari vivo V27 yang punya performa cukup mumpuni. Dengan harga yang lebih murah, vivo V27e tetap bisa diandalkan!

Desain yang boxy tapi tetap slim

desain vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

vivo V27e memiliki desain yang sedikit berbeda dengan kakaknya, vivo V27. Body-nya cenderung boxy, namun tetap slim dengan dimensi 162,51×75,81×7,80 mm. Punggung V27e berbahan polikarbonat dan juga dilengkapi dengan Fluorite AG Effect sehingga memberikan gradasi serupa.

Seperti V27 5G, punggung HP ini juga dijamin tidak rentan kotor akibat sidik jari. Bedanya, V27e memiliki ketipisan 7,7–7,8mm dan berat 185g. Di Indonesia vivo V27e punya dua opsi warna yang kontras, Glory Black dan Lively Green.

Seperti namanya, Glory Black menyiratkan ketegasan dengan warna hitam yang menonjol. Produk yang dicoba oleh tim IDN Times adalah varian Lively Green. Varian Lively Green ini memberikan kesan playful dan ceria dengan warna hijau yang memancarkan gradasi warna nan cantik.

Display cantik yang nyaman di mata

display vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Untuk tampilan layarnya, vivo menyematkan layar selebar 6,62 inci berteknologi AMOLED dan beresolusi 2400x1080 (FHD+) kepada V27e. Agar semakin nyaman di mata, layar V27e sudah disertifikasi SGS Eye Care Display yang menjamin rendah cahaya biru.

Dengan spesifikasi tersebut, vivo V27e tentu nyaman digunakan untuk digunakan nonton film. Warna yang dihasilkan oleh layar AMOLED vivo V27 cukup vibrant sehingga film yang kita tonton jadi semakin imersif. Bagaimana jika dipakai gaming? Tenang. Layar vivo V27e juga memiliki kemampuan refresh rate sehalus 120Hz. Tentu nyaman banget dipakai untuk gaming!

Oh iya, di layarnya ada in display fingerprint, ya!

Baca Juga: Cara Pre-Order vivo V27 Series, Awas Terlewat! 

Dapur pacu smartphone mid-range kelas atas

Jika kamu butuh smartphone yang mumpuni untuk keperluan sehari-hari, bahkan gaming, vivo V27e bisa jadi opsinya. Tim IDN Times sudah mengetes kemampuan vivo V27e dan singkatnya, vivo V27e jauh mumpuni untuk keperluan sehari-hari!

vivo V27 ditenagai SoC buatan MediaTek, yaitu Helio G99 (6nm). Sistem operasi Funtouch OS 13 berbasis Android 13 jadi antarmuka di smartphone yang satu ini.

Buat yang sudah terbiasa pakai smartphone vivo pasti tahu kalau Funtouch OS 13 ini cukup nyaman digunakan. Alhasil performa sehari-hari vivo V27e juga sangat nyaman dan mumpuni. Mau itu untuk media sosial, chatting, hingga gaming, vivo V27e bisa diandalkan. Terlebih smartphone yang satu ini juga dilengkapi dengan Extended RAM sebesar 8GB. Buka banyak aplikasi bersamaan tetap lancar dan anti lemot!

Terkhusus gaming, SoC MediaTek Helio G99 yang ada pada vivo V27e bekerja dengan cukup mengesankan.

Game-game seperti Pokemon Unite, PUBG Mobile, hingga Mobile Legends: Bang-Bang bisa dijalankan dengan nyaman di kisaran 40-50 fps.

Bagaimana dengan game testing sejuta smartphone, Genshin Impact?

Tim IDN Times menguji vivo V27e dengan bermain Genshin Impact selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya Genshin Impact tetap bisa dimainkan dengan nyaman, kok. Meski begitu performanya tentu tak sehalus jika dimainkan di kakaknya, vivo V27.

Pada vivo V27e, Genshin Impact bisa dimainkan dengan nyaman di kisaran 40-50 fps dengan setting lowest. Namun tentu kita harus menyadari bahwa untuk urusan Genshin Impact, memang game-nya aja yang nyiksa hehe. Bermain selama 30 menit, suhu vivo v27e tetap masuk akal. Hangat, tapi gak sampai panas.

Baca Juga: Vivo V27 5G dan V27e Resmi Rilis, Ini Spek dan Harganya

Kameranya? Simply beatiful!

kamera vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Untuk bagian kamera depan, vivo V27e dipasangi kamera depan 32 MP yang memiliki bukaan f/2,0. Hasil kamera depannya cukup mumpuni jika digunakan pada kondisi cukup cahaya. Cakep!

Sementara untuk kamera belakang, vivo V27e memiliki tiga kamera belakang yang terbagi menjadi:

  • Wide: 64 MP OIS (f/1,79)
  • Ultrawide: 2 MP (f/2,4)
  • Macro: 2 MP (f/2,4)

Meski memang tak dilengkapi dengan sensor kamera seperti V27 5G, lensa 64 MP V27e tetap dilengkapi dengan OIS yang membuat tangkapan foto jernih meski dalam keadaan redup cahaya. Selain itu, Super Night Algorithm membuat tangkapan di kondisi redup cahaya tetap berwarna dan jernih.

Meski fitur Super Night Video absen di V27e, vivo menjamin kamera HP ini tetap efektif menangkap foto dan video dengan jernih meski dalam kondisi redup cahaya. Dalam hal videografi, smartphone yang satu ini juga dilengkapi dengan Hybrid Image Stabilization yang membuatnya lebih stabil.

Apalagi vivo V27e juga memiliki fitur lampu belakang yang diberi nama Aura Light Portrait. Dengan Aura Light ini, tangkapan foto di redup cahaya dijamin 30 persen lebih jelas dan jernih.

Berikut adalah hasil foto-foto yang sudah diambil oleh tim IDN Times. Bagaimana? Cakep, kan?

hasil kamera utama vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera utama vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera depan vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil night mode vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

V27e juga amat efektif untuk dipakai vlogging dengan algoritme dan pengeditan sekali ketuk. Ada fitur Vlog Movie Creator yang memberikan preset lucu yang bisa membantu editing video vlog jadi semakin cantik!

Baterai dan fitur lainnya

charger vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Dari segi baterai, vivo V27e dibekali baterai dengan kapasitas 4.600mAh. Dengan kinerja Dimensity 7200 dan Helio G99, kedua HP dijamin lebih hemat daya sementara memacu performa di atas rata-rata. Tentu digunakan untuk gaming tipis-tipis serta keperluan harian lainnya, baterai 4.600mAh ini jauh dari cukup.

Nah kalau baterai hampir habis gimana?

Tenang, sama seperti kakaknya, vivo V27e ini juga memiliki teknologi FlashCharge 66W. Dengan teknologi tersebut, smartphone ini bisa terisi dari 1 ke 50 menit dalam waktu 19 menit saja. Teknologi 24-Dimension Security Protection menghentikan pengecasan V27 5G dan V27e otomatis saat sudah penuh sehingga mencegah overcharging dan menjaga usia baterai 2x lebih lama.

Bagaimana dengan kekurangannya?

vivo V27e (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Hmm... Kalau bicara soal kekurangan, yang paling terlihat jelas adalah tidak adanya fitur audio jack. Meski memang sekarang zamannya TWS, bagi para pengguna yang masih merasa nyaman dengan earphone berkabel seperti saya, ketiadaan audio jack ini juga bisa jadi nilai negatif.

Selain itu vivo V27e juga masih 4G LTE, belum 5G. Ya memang untuk saat ini coverage 5G di Indonesia memang masih belum merata, namun jika ke depannya 5G sudah tersebar merata, tentu smartphone ini bisa ketinggalan.

Satu lagi kekurangan yang patut dicatat, vivo V27e ini memilih untuk mengusung kamera Macro yang saya rasa jarang digunakan dibanding kamera Ultra-Wide yang lebih useful. Sebuah keputusan yang "hadeeeh...." Meski begitu, sepertinya pilihan itu diambil agar harga vivo V27e tak terlalu mahal. Kalau menurut kamu, mending ada kamera Macro atau Ultra-Wide, nih?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya