TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Review Samsung Galaxy A55 5G, A Series yang Naik Kelas!

Galaxy A55 5G punya banyak peningkatan

Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Intinya Sih...

  • Samsung Galaxy A55 5G hadir dengan desain mirip Galaxy S series, tiga modul kamera belakang, dan pilihan warna menarik.
  • Layar 6,6 inci Full HD+ SuperAMOLED dengan refresh rate 120Hz memberikan pengalaman nonton dan gaming yang imersif.
  • Prosesor Exynos 1480 4nm, peningkatan performa GPU dan CPU, serta pengalaman gaming yang mumpuni.

Seri A dari lini smartphone Samsung memang cukup menarik. Di Tahun lalu ada Galaxy A54 yang hadir dengan performa mumpuni sebagai smartphone all-rounder. Menurut tim IDN Times, Galaxy A54 5G yang rilis tahun lalu cukup layak disebut sebagai smartphone mid-range all-rounder terbaik sepanjang 2023 lalu.

Tren positif tersebut sepertinya ingin dilanjutkan oleh Samsung. Pada pertengahan Maret 2024 lalu, Samsung merilis penerus dari Galaxy A54 tersebut. Di tahun ini giliran Samsung Galaxy A55 5G yang hadir di pasar Indonesia.

Tim IDN Times berkesempatan untuk menjajal langsung Samsung Galaxy A55 5G. Apakah Galaxy A55 5G bisa melampaui Galaxy A54? Berikut ulasan dari kami!

Usung desain Galaxy Identity, makin mirip S series

Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Misrohatun)

Berbeda dengan Galaxy S series, Samsung A series merupakan smartphone mid-range dari Samsung. Pada Samsung Galaxy A55 5G ini, desain dan rasa genggamannya terasa mirip dengan Galaxy S series yang merupakan kelas premium dari Samsung.

Mengusung desain Galaxy identity, Samsung Galaxy A55 5G hadir dengan tiga modul kamera di belakang. Material kaca yang ada pada bahan belakangnya membuat smartphone ini makin terasa premium dan kaya. Sisi depan dan belakang sudah menggunakan Gorilla Glass Victus+ yang biasanya terdapat di smartphone kelas flagship.

Layaknya Samsung S series baru, Galaxy A55 5G ini juga hadir dengan fitur Key Island pada sisi kanan smartphone. Frame dari smartphone ini juga menggunakan material metal. Membuatnya tarasa premium dan kokoh, persis saat menggenggam smartphone S series dari Samsung.

Ada tiga opsi warna yang hadir pada Galaxy A55 5G ini, yaitu Awesome Ice Blue, Awesome Navy, dan Awesome Lilac

Layar khas Samsung yang berkualitas

Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Ukuran layar Samsung Galaxy A55 5G ini lebih besar jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A54 5G. Layar di Galaxy A55 5G mempunyai layar 6,6 inci Full HD+. Layar yang lebih luas ini tentunya akan membuat pengalaman nonton jadi lebih imersif dan lega.

Untuk panelnya, ia menggunakan panel SuperAMOLED khas Samsung yang punya kualitas display kelas atas. Untuk refresh rate-nya, ia bisa mencapai 120Hz. Digunakan untuk nonton atau gaming, rasanya jelas sangat nyaman!

Layar Galaxy A55 5G ini juga sudah memiliki Vision Booster yang akan membuatnya tetap nyaman digunakan walaupun dalam durasi yang lama.

Baca Juga: Hands On Samsung Galaxy A55 5G, Makin Terasa Premium

Performa mumpuni dengan Exynos 1480

Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Galaxy A55 5G disokong prosesor Exynos 1480. Semakin unik lantaran SoC ini merupakan SoC dengan fabrikasi 4nm. Hal tersebut menjadikan Galaxy A55 5G sebagai Samsung A Series pertama dengan chipset 4nm yang biasanya hadir di smartphone premium.

Untuk performa GPU, terdapat peningakatan yang sangat signifikan hingga 32 persen dibanding pendahulunya. Sementara CPU meningkat 15 persen, akan menghasilkan video yang lebih bagus dibanding pendahulunya. Hasil AnTuTu dari Galaxy A55 5G ini mampu mencapai angka 711 ribu. Hasil yang cukup impresif!

Terkait pengalaman gaming, Samsung Galaxy A55 mampu memberikan gaming experience yang mumpuni. Varian yang kami gunakan adalah varian 8/256 GB. Deretan game kompetitif seperti Mobile Legends, Pokemon Unite, dan PUBG Mobile mampu dijalankan dengan lancar. Semenetara Genshin Impact mampu dimainkan dengan nyaman di kisaran 30 FPS.

Sepanjang 30 menit pengujian, bagian belakang Galaxy A55 5G terasa hangat namun tidak sampai mengganggu. Hal tersebut disebabkan oleh Samsung yang telah memperbesar ruang heat control, sehingga panas yang dihasilkan akan lebih merata, tidak lagi hanya terpusat di satu titik. Good job!

Kamera yang mumpuni, bahkan di low light

Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Pada sisi kamera, Samsung Galaxy A55 5G mempunyai kamera utama 50MP dengan OIS dan sudah disematkan fitur Super HDR Video untuk menghasilkan video yang lebih baik lagi dibanding Galaxy A54. Selain itu, terdapat juga lensa ultrawide 12MP, lensa makro 5MP dan kamera depan 32MP.

Fitur Nightography yang jadi andalan di Galaxy A54 5G juga hadir pada Galaxy A55 5G. Dengan adanya fitur ini, kemampuan pengambilan gambar pada kondisi low light atau minim cahaya di smartphone ini akan meningkat drastis.

Tak lupa ada AI ISP juga untuk membantu kinerja kamera di Galaxy A55 5G ini. ISP ini akan bekerja dengan mengambil frame-frame yang sudah ada dan memilih yang paling cocok. Berikut beberapa hasil jepretan dari Galaxy A55 5G!

hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera Samsung Galaxy A55 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Yang perlu diperhatikan

Selayaknya "Tak ada gading yang tak retak", Galaxy A55 5G juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang pasti langsung terlihat saat menyalakan smartphone ini adalah bezelnya. Untuk ukuran smartphone baru, bezel di Galaxy A55 5G ini sangat tebal. Beberapa kompetitor bahkan ada yang mampu menghadirkan desain layar curved-edge untuk di kelas yang sama.

Desain belakang yang menggunakan kaca membuat smartphone ini terasa licin saat digunakan. Pastikan menggunakan softcase agar grip-nya lebih nyaman dan tak terasa licin.

Performa kameranya juga kadang terasa kurang stabil. Bisa terasa sangat bagus, namun ada suatu momen ketika kameranya terasa sedikit off. Seharusnya hal ini bisa diselesaikan dengan software update dari Samsung.

Terakhir, performa gaming optimal di kisaran 30 menit. Lebih dari itu, bagian belakang terasa hangat dan performa sedikit menurun.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya