TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Review realme 13 Pro+ 5G, HP Elegan dengan Kamera Menawan

Kamarenya hadir dengan teknologi HYPERIMAGE+

realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Intinya Sih...

  • realme 13 Pro+ 5G hadir dengan teknologi lensa telefoto periskop pertama di segmen midrange, disempurnakan dengan kehadiran dukungan teknologi AI.
  • Desain realme 13 Pro+ 5G terinspirasi dari karya Monet, memiliki layar 6,7 inci berkualitas tinggi, teknologi layar dan perlindungan mata berbasis AI.
  • realme 13 Pro+ 5G dibekali prosesor Snapdragon 7s Gen 2, baterai besar 5200mAh, serta kemampuan fotografi yang luar biasa berkat teknologi HYPERIMAGE+.

realme akhirnya merilis smartphone andalan mereka ke tanah air pada Kamis (19/09/2024) lalu. Seperti pendahulunya, realme number series memang identik dengan kemampuan kamera yang bisa diandalkan. Pada realme 13 Pro Series 5G ini, realme kembali menghadirkan teknologi lensa telefoto periskop pertama di segmen midrange. Bahkan kali ini disempurnakan dengan kehadiran dukungan teknologi AI.

Tim IDN Times berkesempatan untuk menjajal realme 13 Pro+ 5G. Berikut ulasan dari kami:

Desain elegan nan mewah

realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

realme 13 Pro 5G series menampilkan desain yang terinspirasi dari karya-karya legendaris Monet, merupakan hasil kerjasama dengan Museum of Fine Arts Boston. Terdapat dua varian warna yang hadir pada realme 13 Pro+ 5G, yaitu Monet Gold dan Emerald Green.

Menurut realme,  Warna Monet Gold pada realme 13 Pro+ 5G mencerminkan keindahan abadi yang diwakili oleh lukisan "Haystacks" dan "Water Lilies" karya Claude Monet. Permukaan kaca berkilau Frosted High-gloss Glass memberikan kenyamanan serta kesan mewah bagi penggunanya.

Namun unit yang dipegang oleh tim IDN Times kali ini adalah versi Emerald Green. Bagian belakangnya dilapisi vegan leather yang membuatnya tampil premium. Warna hijaunya cantik dan dipadukan camera ring yang berwarna emas membuatnya jadi tampil elegan.

Hadir dengan curved screen

realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Menambah keunggulan smartphone ini, realme 13 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan layar 6,7 inci berkualitas tinggi. Layar120Hz Curved Vision Display yang ada pada smartphone ini menjamin tampilan visual sehari-hari yang mulus, serta layar Pro-XDR yang menyajikan kontras dan detail yang tajam.

Teknologi layar tersebut juga didukung oleh 2160 PWM Dimming yang memiliki fitur perlindungan mata berbasis AI. Untuk perlindungan, layar ini dilengkapi Gorilla Glass 7i yang semakin membuat aman sepanjang penggunaan.

Baca Juga: realme 13 Pro Series 5G Segera Rilis, Bawa Fitur HYPERIMAGE+

Performa kamera HYPERIMAGE+

realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

realme 13 Pro+ 5G hadir dengan kemampuan kamera luar biasa. Ia dibekali teknologi lensa telefoto periskop dengan Dual Sony Lenses yang pertama di kelasnya. Didukung oleh HYPERIMAGE+, realme 13 Pro+ 5G menjanjikan peningkatan yang signifikan dalam fotografi, khususnya di tiga area utama: Foto Ultra Jernih, Zoom Ultra Jernih, dan AI Ultra Jernih.

Teknologi Ultra Clear Photos hadir dalam realme 13 Pro+ 5G, menampilkan sensor kamera utama Sony LYT-701 yang merupakan yang pertama di industri smartphone saat ini. Dengan sensor berukuran 1/1.56” dan Optical Image Stabilization (OIS), realme 13 Pro+ menjanjikan kualitas gambar profesional dalam berbagai situasi. Fitur Ultra Clear Zoom pada kamera utama 50MP ini dilengkapi dengan kamera telefoto periskop 50MP Sony LYT-600 yang mendukung 3x Optical Zoom dan 6x In-Sensor Zoom, memungkinkan pengambilan gambar berkualitas tinggi dengan perbesaran yang jernih.

Melengkapi keunggulan fotografi terdepan pada realme 13 Pro+ 5G, realme akan ikut meluncurkan realme 13 Pro 5G di Indonesia yang membawa keunggulan dalam hal fotografi dan performa. Smartphone ini akan mengusung sensor Sony LYT-600 dengan dukungan OIS dan 2x In-Sensor Zoom pada kamera utama yang mampu menghasilkan kualitas foto yang jernih dan detail. Turut menghadirkan dukungan HYPERIMAGE+, realme 13 Pro 5G juga didukung dengan berbagai fitur berbasis AI untuk melengkapi pengalaman fotografi para penggunanya.

Berikut adalah beberapa contoh hasil jepretan kamera realme 13 Pro+ 5G:

hasil kamera mode portrait realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera malam realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera malam realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)
hasil kamera realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Performa yang bisa diandalkan

realme 13 Pro+ 5G (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Di bagian otak, realme 13 Pro+ 5G dibekali prosesor canggih Snapdragon 7s Gen 2 yang punya fabrikasi 4nm. Prosesor yang satu ini punya konsumsi daya rendah namun tetap bisa menghasilkan performa yang optimal. Berdasarkan pengujian AnTuTu, skornya bisa mencapai hingga 683k+ untuk varian 12GB/512GB yang kami uji. Sementara hasil GeekBench 6 smartphone ini mencapai angka 1020 untuk Single-Core dadn 2879 unuk Multi-Core. 

Semakin bisa diandalkan lantaran smartphone ini dibekali baterai besar 5200mAh yang cukup untuk seharian. Baterai realme 13 Pro+ 5G dirancang untuk bertahan lama, tetap optimal setelah empat tahun penggunaan, dengan lebih dari 80% kesehatan baterai setelah 1600 siklus. Ditambah dengan 38 langkah keamanan untuk memastikan pengisian daya yang aman pada tingkat tinggi.

Yang perlu diperhatikan

Urusan fotografi, realme 13 Pro+ 5G memang luar biasa. Kemampuan kameranya ciamik berkat teknologi HYPERIMAGE+ yang disematkan. Namun yang jadi catatan ada pada kemampuan videografi kamera depannya. Tak ada opsi 60fps di video kamera depan, baik untuk resolusi 720p, 1080p, dan 4K.

Selain itu, patut dicatat bahwa SoC yang dibawa sama dengan pendahulunya, realme 12 Pro+ 5G yaitu Snapdragon 7s Gen 2. Jika 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya