TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

OPPO Reno12 Series Rilis di Indonesia, Punya Fitur AI Menarik!

Punya beragam fitur AI yang menarik

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Intinya Sih...

  • OPPO memperkenalkan Reno12 Series sebagai AI Phone dengan fitur GenAI inovatif, seperti AI Eraser 2.0, AI Clear Face, dan AI Studio.
  • Reno12 hadir dengan kamera utama tajam, teknologi MediaTek Dimensity 7300-Energy, dan platform ColorOS Trinity Engine terbaru.
  • Reno12 dilengkapi dengan All-Round Armour untuk ketahanan fisik, Corning Gorilla Glass Victus® 2, serta teknologi AI LinkBoost dan BeaconLink.

Di tahun 2024 ini, OPPO sepertinya cukup serius untuk menghadirkan smartphone yang punya daya tahan tinggi. Setelah beberapa waktu lalu menghadirkan OPPO A3 Pro yang tangguh, kini giliran Reno12 series yang diperkenalkan oleh OPPO.

Reno12 Series dilengkapi dengan beragam perlindungan menyeluruh yang tersembunyi dengan inovasi pada material dan teknik desain, OPPO Reno12 Series menjadi perangkat yang terkuat dalam sejarah Reno Series. Selain itu, OPPO juga menyebut Reno12 Series sebagai AI Phone, lho!

Punya fitur AI yang menarik

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Di awal tahun ini, OPPO mengumumkan komitmennya untuk memperluas aksesibilitas fitur AI tidak hanya pada smartphone flagship. OPPO berkolaborasi dengan Google, Microsoft, MediaTek, Qualcomm, dan mitra lain untuk mempercepat peluncuran generasi baru AI Phone. Seri Reno12 menawarkan berbagai fitur GenAI inovatif yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Berikut beberapa fitur AI menarik di OPPO Reno12 series:

  • AI Eraser 2.0 pengguna dapat dengan mudah menghapus orang lain di foto dengan sekali sentuh berkat kemampuan mengidentifikasi orang dan objek yang tidak diinginkan secara otomatis.
  • AI Clear Face memastikan setiap orang dalam foto grup tertangkap dengan kejernihan yang luar biasa dengan mengembalikan detail definisi tinggi seperti kontur wajah, rambut, dan alis.
  • AI Best Face dapat secara otomatis mengidentifikasi orang di foto dengan mata yang berkedip dan menggunakan teknologi GenAI canggih untuk memperbaikinya.
  • AI Studio dapat membuat avatar digital hanya dari 1 foto pengguna, seperti tema koboi, cyberpunk, dan lainnya dengan memanfaatkan kemampuan GenAI.
  • AI Toolbox memanfaatkan kemampuan pengenalan canggih untuk memahami konten di layar dan menyarankan fitur AI yang relevan, seperti pembuatan konten untuk media sosial atau ringkasan untuk artikel panjang.
  • AI Recording Summary memungkinkan pengguna untuk menghasilkan ringkasan teks dari rekaman suara secara cerdas dan mengatur catatan yang berisi informasi penting seperti daftar tugas, waktu, lokasi, dan detail lainnya.

Kemampuan kamera dengan AI Portrait Expert

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

OPPO Reno12 Series hadir dengan dengan kamera utama yang jernih dan tajam dengan sensor Sony LYT-600 yang memiliki autofocus omnidirectional full pixel dan OIS. Kedua model ini juga memiliki Mode Portrait dengan kemampuan zoom hingga 2x, memungkinkan pengambilan gambar bokeh portrait yang mengagumkan, sebanding dengan kamera profesional.

Reno12 Pro 5G mengangkat pengalaman potret profesional dengan Kamera Telefoto Portrait 50MP yang menyediakan zoom optik sampai 2x, serta Kamera Selfie 50MP yang dilengkapi autofocus dan efek Retouching Potret AI untuk menyesuaikan fitur-fitur wajah seperti bentuk wajah, garis rambut, tulang pipi, dan lain-lain secara real-time saat selfie.

Seri Reno12 menawarkan Flash Snapshot yang lebih canggih untuk mengatur eksposur kamera dengan lebih cepat, memungkinkan pengambilan foto dengan efek pencahayaan yang realistis dan warna kulit yang lebih alami. Video 4K 30fps juga tersedia di kamera belakang dan depan, memberikan video dengan detail tinggi dan resolusi yang sangat jernih.

Performa menarik Dimensity 7300-Energy

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Seri Reno12 merupakan smartphone pertama yang hadir dengan platform mobile MediaTek Dimensity 7300-Energy. Hasil pengembangan bersama MediaTek dan OPPO, SoC octa-core berfabrikasi 4nm ini menawarkan efisiensi daya yang mengagumkan dengan empat inti performa tinggi A78 dan empat inti efisiensi tinggi A55. Kolaborasi OPPO dan MediaTek dalam Dimensity 7300-Energy ini juga membuahkan inovasi pada performa memori dan penyimpanan SoC melalui ColorOS Trinity Engine yang terbaru.

Menggunakan model AI untuk mengenali kebiasaan pengguna, teknologi CPU-Vita terbaru dari Trinity Engine dapat mengalokasikan sumber daya SoC dengan akurat, menghasilkan konsumsi daya yang lebih efisien serta stabilitas dan kelancaran sistem yang meningkat.

Teknologi RAM-Vita meningkatkan penggunaan RAM untuk mempercepat pembukaan dan pergantian aplikasi, serta mempertahankan aplikasi di latar belakang tetap aktif hingga 72 jam tanpa masalah. Fitur RAM Expansion juga memungkinkan konversi 12GB penyimpanan menjadi RAM tambahan, memberikan peningkatan performa sesuai kebutuhan.

Terakhir, teknologi ROM-Vita dapat melakukan kompresi lossless pada aplikasi yang kurang sering digunakan dan mengatur file duplikat untuk meminimalkan penggunaan ruang penyimpanan yang tidak esensial, sehingga menyediakan lebih banyak ruang untuk file pengguna dan meningkatkan kecepatan baca/tulis memori.

Baca Juga: OPPO Reno12 Series Bakal Jadi Reno Series Terkuat, Segera Rilis!

OPPO Reno Series paling kuat

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Dalam merancang Reno12 Series, OPPO memiliki misi untuk mempertahankan kenyamanan genggaman khas Reno dan memberikan tingkat keandalan yang luar biasa. Melalui upaya kolaboratif dari berbagai tim ahli dalam ilmu material, kimia, dan teknik, OPPO berhasil menghadirkan solusi ketahanan inovatif yang disebut dengan OPPO All-Round Armour.

Bicara soal desain OPPO Reno12 series mampu mempertahankan desain tipis seperti pendahulunya. Ketebalan hanya 7,4 millimeter dan berat 180 gram. Namun, OPPO telah mengembangkan kerangka High-Strength Alloy standar aerospace yang dinamai dengan AM04. Paduan yang mengoptimalkan proporsi elemen logam seperti tembaga (Cu), magnesium (Mg), dan silikon (Si) dalam AM04, membuahkan hasil lab yang mengesankan dengan meningkatkan kekuatan tarik hingga lebih dari 280MPa dan kekuatan tekuk hingga 360MPa.

Karakteristiknya yang luar biasa seperti kekuatan tinggi, ketangguhan tinggi, konduktivitas termal, dan sifat anti-korosi, membuat Reno12 Series berhasil memenuhi standar kualitas aerospace. Dibandingkan dengan bahan perangkat generasi sebelumnya, ketahanan tekuk tekanannya meningkat lebih dari 10%.

Untuk mengatasi masalah benturan dan jatuh yang mungkin dialami selama bertahun-tahun penggunaan, OPPO menerapkan desain sponge bionic yang mensimulasikan struktur internal spons. Desain ini meningkatkan daya tahan dan keandalan struktural smartphone, membuatnya dapat bertahan terhadap kecelakaan mendadak yang tidak disengaja. Dalam uji laboratorium, performa jatuh Reno12 Series melebihi rata-rata industri hingga lebih dari 60% lebih tinggi.

Reno12 Pro 5G dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass Victus® 2, kaca terkuat yang pernah digunakan pada smartphone Reno Series dan di kelasnya. Kaca ini menggunakan teknologi pertukaran ion eksklusif yang meningkatkan kekuatan secara signifikan dan menunjukkan hasil yang mengesankan dalam berbagai uji ketahanan termasuk peningkatan ketahanan jatuh hingga 180%.

Sementara Reno12 5G dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 7i untuk memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap jatuh, goresan, dan tekukan, menjadikannya salah satu layar yang paling tahan lama di kelasnya.

Dilengkapi fitur AI LinkBoost untuk koneksi

OPPO Reno12 Series (IDN Times/Fatkhur Rozi)

AI LinkBoost dari OPPO menggunakan model AI tingkat sistem untuk memastikan konektivitas yang stabil di mana pun pengguna berada. Pengguna dapat menikmati konektivitas yang mulus saat bermain game atau streaming video, bahkan di area dengan sinyal yang lemah atau ditengah jaringan yang sibuk.

Teknologi ini menggabungkan mesin transmisi data yang dikembangkan oleh OPPO, antena 360 derajat, daya antena yang ditingkatkan, dan pemilihan jaringan cerdas untuk mengatasi sinyal lemah dan hambatan jaringan, sehingga dapat memberikan pengalaman konektivitas yang stabil dalam kondisi jaringan yang kompleks.

  • Tetap Lancar di Berbagai Zona Web: Di lingkungan dengan sinyal Wi-Fi yang buruk seperti di mall dan kantor, AI LinkBoost dapat meningkatkan kecepatan beralih antara jaringan Wi-Fi dan seluler sebesar 20%.
  • Taklukan Sinyal Lemah: Dengan AI LinkBoost, OPPO A3 Pro 5G dapat berbagi konten lebih cepat dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi saat membagikan foto dalam kondisi jaringan yang lemah seperti di konser atau festival musik.
  • Tetap Terhubung Selama Perjalanan: Update peta yang lebih cepat saat navigasi di jalanan padat atau kawasan perkotaan yang sibuk untuk posisi yang akurat. Baik saat menggunakan aplikasi navigasi atau Google Maps, pengguna tidak perlu khawatir tersesat karena OPPO A3 Pro 5G selalu siap membantu dengan cepat.

Ketika pengguna berada dalam penerbangan, di kereta bawah tanah, atau saat mendaki gunung di mana tidak ada jaringan seluler, OPPO telah meluncurkan BeaconLink untuk seri Reno12. BeaconLink memperkuat transmisi Bluetooth untuk panggilan suara antar perangkat hingga jarak 200 meter dalam kondisi darurat, tanpa perlu pulsa atau data.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya