TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menangkap Foto Hitam-Putih Bersama Xiaomi 14, Estetik!

Ada tips menarik menggunakan fitur BW Leica di Xiaomi 14

Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Intinya Sih...

  • Xiaomi 14 memiliki kemampuan kamera menarik dengan fitur BW Leica yang istimewa.
  • Fotografi hitam putih memberikan keunikan dalam menangkap detail dan kontras, serta memungkinkan subjek berbicara sendiri.
  • Tips memotret hitam-putih menggunakan Xiaomi 14 antara lain mode terbaik, grid, zoom tepat, stabilitas foto, dan arah cahaya.

Kemampuan kamera smartphone saat ini semakin istimewa. Hal tersebut mendorong naiknya tren fotografi melalui kamera smartphone atau mobile photography. Salah satu smartphone yang memiliki kemampuan kamera menarik di 2024 ini adalah Xiaomi 14.

Smartphone flagship dari Xiaomi ini mampu memberikan detail gambar yang istimewa serta warna foto yang menarik lantaran berkolaborasi dengan Leica. Tak cuma foto berwarna, ia juga punya kemampuan istimewa dalam hal menangkap momen melalui format hitam putih atau black and white

TwentyTwoSecond, sebuah komunitas mobile fotografi, baru-baru ini menyelenggarakan sebuah lokakarya untuk menghasilkan photo story yang menarik menggunakan foto-foto hitam putih bergaya Leica dengan menggunakan Xiaomi 14. Dalam acara yang berlangsung hari Sabtu (21/9) di kawasan Jakarta Selatan tersebut, TwentyTwoSecond membagikan beberapa tips menarik untuk memotret hitam-putih menggunakan Xiaomi 14.

Hitam putih tawarkan kontras yang menarik

hasil foto Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Fotografi hitam putih menandai permulaan era fotografi, dengan foto pertama yang diciptakan pada tahun 1826. Walaupun kamera smartphone modern mampu menghasilkan gambar berwarna yang tajam dan hidup, fotografi hitam putih tetap memiliki penggemarnya, salah satunya dikarenakan keunikannya dalam ketiadaan warna.

"Melalui foto hitam putih kita bisa lebih mengarahkan perhatian pada detail tekstur dan kontras dalam foto, termasuk objek utama di dalamnya," ujar perwakilan TwentyTwoSecond.

Memotret dengan mode hitam putih melalui kamera smartphone menawarkan kelebihan unik. Ukuran smartphone yang ringkas memudahkan pengambilan momen secara instan di berbagai situasi. Ditambah lagi, filter hitam putih pada smartphone modern kini semakin autentik, memungkinkan subjek atau pemandangan dalam foto untuk berbicara sendiri, memberikan kesan naratif yang mendalam tanpa perlu kata-kata atau keterangan tambahan.

Bagikan tips dasar mobile photography

tim TwentyTwoSecond (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Dalam workshop TwentyTwoSecond yang berkolaborasi bersama Xiaomi Indonesia, disampaikan bagaimana kita dapat mengabadikan proses pembuatan photo story menggunakan kamera smartphone, secara spesifik memanfaatkan fitur foto hitam putih.

Ada sejumlah tips yang perlu kamu terapkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil foto. Apa saja?

  • Pastikan kamu sudah memanfaatkan mode terbaik untuk ambil foto berkualitas tinggi.
  • Nyalakan opsi grid agar membantu mempermudah framing obyek
  • Gunakan kemampuan zoom pada smartphone secara tepat dan tidak berlebihan—agar kualitas foto bisa tetap terjaga.
  • Pastikan agar pengambilan foto steady alias tidak bergerak (bisa memanfaatkan alat bantu, dengan menahan nafas saat menekan tombol shutter, maupun membuat tangan rileks agar tidak bergetar)
  • Perhatikan arah cahaya. Untuk foto portrait, misalnya, perhatikan arah cahaya agar wajah obyek utama tidak memiliki siluet pada sisi tertentu.

Setelah tips dasar sudah dikuasai, tak lupa kita perlu menentukan tema yang ingin diceritakan. Dalam sesi workshop yang diadakan di Ruma Coffeatery, peserta diberikan kesempatan untuk mengabadikan momen seorang barista meracik kopi secara manual. Dari sebuah aktivitas ini, masing-masing dapat menentukan cerita apa yang ingin mereka hasilkan.

Baca Juga: Flagship Xiaomi 14 Resmi Diumumkan, Harga Rp11 Jutaan

Manfaatkan set of three dalam bercerita melalui foto

Dalam fotografi, prinsip "set of three" sering digunakan. Seperti menyusun narasi, tiga foto dipilih untuk menjadi fokus cerita. Susunan tersebut secara berurutan dapat dimulai dari foto pertama sebagai pengantar yang menggambarkan tema umum cerita. Foto kedua dapat menangkap adegan tertentu, baik itu aktivitas atau subjek yang menjadi fokus cerita. Terakhir, bisa mengambil foto detail sebagai pelengkap dari rangkaian skenario yang ingin diceritakan.

Ketika sebuah rangkaian foto hitam putih telah dihasilkan dengan menggunakan ketiga format itu, maka dapat terbentuk sebuah cerita foto yang lebih menarik, yang mampu membangkitkan emosi yang lebih intens dari para penontonnya.

Sebagai informasi, saat ini Xiaomi Indonesia tengah memberikan promo khusus pembelian Xiaomi 14. Di mana hingga 30 September 2024 mendatang, konsumen bisa mendapatkan bonus Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact. Promo ini berlaku baik untuk pembelian secara online maupun offline di seluruh toko dan peritel resmi Xiaomi Indonesia.

Hasil foto Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)
Hasil foto Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)
Hasil foto Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)
Hasil foto Xiaomi 14 (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Kemampuan istimewa kamera Xiaomi 14

Xiaomi 14 (IDN Times/Misrohatun)

Xiaomi 14 hadir sebagai smartphone flagship Xiaomi di Indonesia. Tentu sebagai smartphone flagship, ia hadir dengan kemampuan kamera yang istimewa.

Kamera utamanya menggunakan sensor “Light Fusion 900” 50MP 1/1,31 inci dengan aperture f/1.6 dan OIS yang dilengkapi dengan sensor ultrawide JN1 50MP dengan aperture f/2.2 dan FoV 115° serta 50MP Sensor telefoto JN1 untuk zoom optik 3,2x dan aperture f/2.0 serta OIS.

Perpaduan spesifikasi kamera yang menarik dan kolaborasi bersama Leica mampu menghasilkan foto yang istimewa. Tak cuma untuk foto berwarna, namun foto hitam putih dari Xiaomi 14 juga tak kalah cantiknya!

Baca Juga: Xiaomi 14T Series Dikonfirmasi Hadir di Indonesia, Kapan?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya