TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

iPhone 16 Pro Series Hadir, Ukuran Layar Lebih Luas!

Bisa merekam hingga 4K 120fps lho

iPhone 16 Pro (YouTube/Apple)

Intinya Sih...

  • Apple menggelar event "It's Glowtime" untuk memperkenalkan iPhone 16 Pro/Max
  • Desain iPhone 16 Pro/Max tidak berubah, hanya layar yang lebih luas dengan bodi dari bahan titanium
  • iPhone 16 Pro/Max dilengkapi dengan chipset A18 Pro, kamera fussion 48MP, dan dapat merekam video 4K pada 120fps

Apple secara resmi menggelar event tahunan mereka yang bertajuk "It's Glowtime" pada Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia bagian barat. Event tahunan Apple tersebut akan digelar di kawasan Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat serta dapat disaksikan secara online di akun YouTube Apple.

Ada beberapa produk yang diperkenalkan oleh Apple di event tersebut, salah satu yang dinanti tentu adalah pengumuman mengenai seri iPhone 16 terbaru. Selain iPhone 16 biasa dan Plus, ada pula iPhone 16 Pro/Max yang layak jadi idaman!

Desain yang sama dengan ukuran layar lebih luas

iPhone 16 Pro/Max (YouTube/Apple)

Bagi yang menantikan perubahan dari segi desain untuk iPhone 16 Pro/Max rasanya harus kecewa. Secara garis besar, desain iPhone 16 Pro/Max masih sama dengan versi sebelumnya yakni iPhone 15 Pro/Max. Yang menjadi pembeda ada pada ukuran layarnya yang lebih luas.

Smartphone andalan Apple ini memiliki layar yang sedikit lebih besar di kedua model: 6,3 inci pada iPhone 16 Pro dan 6,9 inci pada iPhone 16 Pro Max. Sebelumnya, ukuran layarnya hanya 6,1 inci dan 6,7 inci pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Bodi smartphone masih terbuat dari bahan titanium yang memberi kesan premium. Kali ini ia hadir dalam beberapa opsi warna yaitu, hitam, putih, natural, dan "desert titanium".

Baca Juga: iPhone 16 Diperkenalkan, Peningkatan di Performa dan Kamera

Performa lebih kencang berkat chipset A18 Pro

chispet A18 Pro Apple (YouTube/Apple)

Di bagian performa, Apple membenamkan chipset terbaru mereka di iPhone 16 Pro/Max ini. Jajaran iPhone 16 Pro/Max hadir dengan chipset A18 Pro. Chipset ini memiliki Neural Engine 16-core yang disebut akan menawarkan "kinerja luar biasa" untuk fitur-fitur Apple Intelligence, termasuk kinerja 15 persen lebih cepat daripada iPhone 15 Pro.

Performa grafisnya juga ditingkatkan berkat GPU 6-core yang 20 persen lebih cepat daripada A17 Pro pada iPhone 15 Pro. Alhasil performa gaming yang ada pada iPhone 16 Pro/Max ini seharusnya terasa meningkat dibanding versi sebelumnya.

Kemampuan kamera yang di-upgrade

iPhone 16 Pro/Max (YouTube/Apple)

iPhone 16 Pro hadir dengan "kamera fussion" 48MP dengan sensor quad-pixel yang disebut lebih instan dalam pemrosesannya, untuk zero shutter lag saat mengambil foto dalam format ProRAW dan HEIF. Lalu ada kamera ultrawide 48MP baru, dan kamera telefoto 12MP yang dilengkapi optical zoom 5x. Fitur desain kamera tatraprisma yang sebelumnya eksklusif untuk seri iPhone 15 Pro Max ini juga untuk pertama kalinya hadir pada iPhone 16 Pro biasa. 

Jajaran iPhone 16 Pro.Max juga memiliki tombol Camera Controll baru, serupa dengan iPhone 16 biasa. dan Apple mengatakan bahwa sebagai bagian dari pembaruan perangkat lunak akhir tahun ini, tombol tersebut akan mendapatkan "two-stage shutter" yang tentunya akan memudahkan pengguna.

Di bagian perekaman, iPhone 16 Pro/Max juga akan dapat merekam video 4K pada 120fps. Artinya, smartphone andalan Apple ini akan mampu menangkap video dalam mode slow-mo. Pengguna dapat menyesuaikan kecepatan pemutaran setelah pengambilan di aplikasi Foto. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya