TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

iPhone 16 Diperkenalkan, Peningkatan di Performa dan Kamera

Gunakan chipset A18 serta punya kamera yang lebih unggul

fitur kamera di iPhone 16 (YouTube/Apple)

Intinya Sih...

  • Apple menggelar event "It's Glowtime" dan memperkenalkan iPhone 16 dengan chipset A18
  • Desain iPhone 16 tetap mirip dengan iPhone 15, namun kamera disusun secara vertikal
  • Layar iPhone 16 memiliki kecerahan puncak 2.000 nits, kamera utama 48MP, dan chip A18 yang lebih cepat

Apple secara resmi menggelar event tahunan mereka yang bertajuk "It's Glowtime" pada Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia bagian barat. Event tahunan Apple tersebut akan digelar di kawasan Steve Jobs Theater di Apple Park, Cupertino, Amerika Serikat serta dapat disaksikan secara online di akun YouTube Apple.

Ada beberapa produk yang diperkenalkan oleh Apple di event tersebut, salah satu yang dinanti tentu adalah pengumuman mengenai iPhone 16 terbaru!

Desain mirip iPhone 15 dengan sedikit perbedaan

iPhone 16 (YouTube/Apple)

Di bagian desain, iPhone 16 mempertahankan desain umum iPhone 15, termasuk bingkai persegi, kaca belakang yang kompatibel dengan pengisian daya nirkabel MagSafe, potongan Dynamic Island di atas untuk kamera depan dan sensor Face ID, serta port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data. 

Salah satu perbedaan yang langsung terlihat ada pada susunan kamera ganda di bagian belakangnya. Tak lagi disusun secara diagonal, kini kedua kamera tersebut disusun secara vertikal, mirip desain iPhone 12 dari tahun 2020 lalu. Kemudian perbedaan lain ada pada kehadiran Action Button serta Camera Controll di sisinya.

iPhone 16 versi standar akan hadir dengan layar 6,1 inci sementara iPhone 16 Plus yang lebih besar akan hadir dengan layar 6,7 inci. Ukuran tersebut sama dengan generasi iPhone 15. Namun, layar yang ada pada iPhone 16 series diberi peningkatan dengan dapat mencapai kecerahan puncak 2.000 nits dan redup hingga 1 nits.

Baca Juga: Kenapa Apple Intelligence Cuma Ada di iPhone 15 Pro? Ini Alasannya

Kemampuan kamera yang lebih baik

fitur kamera di iPhone 16 (YouTube/Apple)

Berbicara soal kamera, konfigurasi ganda iPhone 16 yang terdiri dari kamera utama 48 megapiksel dan kamera ultra lebar dengan fokus otomatis menawarkan "setara" dengan empat lensa melalui mode pemotongan 2x dan mode makro (lebih banyak efek tetesan dari model iPhone Pro terkini).

Salah satu alasan tatanan kamera iPhone 16 series kembali seperti versi iPhone 12 adalah kehadiran fitur Spatial Video. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menangkap momen dengan lebih otentik dan detail yang nantinya bisa diintegrasikan dengan perangkat Apple Vision Pro.

Performa naik kelas berkat chipset A18

chipset A18 Apple (YouTube/Apple)

iPhone 16 menawarkan berbagai peningkatan perangkat keras, termasuk chip A18 baru yang diproses dengan teknologi 3nm dan 30 persen lebih cepat daripada CPU iPhone 15.  Apple mengklaim bahwa chipset A18 tersebut akan mampu meningkatkan performa dari iPhone 16.

Bahkan ia memiliki Game Mode yang sebelumnya hanya hadir di versi iPhone 15 Pro/Max. Dengan begitu, game-game AAA seperti Assassin's Creed Mirage dan Resident Evil bisa dimainkan di iPhone 16 series.

Tak lupa, iPhone 16 akan menjadi ponsel mainstream pertama Apple yang menggunakan Apple Intelligence dalam versi beta setelah pembaruan yang akan datang pada bulan Oktober nanti. Menarik untuk dinanti!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya