Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas Indonesia

Dinobatkan pemain terbaik Piala AFF U-16 2024

Pemain Timnas Indonesia U-16, Zahaby Gholy tampil memukau dan menjadi bintang di Piala AFF U-16 2024. Gholy juga menerima penghargaan sebagai pemain terbaik setelah mencetak lima gol selama kompetisi.

Prestasi ini membuatnya digadang-gadang menjadi bintang Timnas Indonesia di masa depan. Skuad Timnas U-16 sendiri mampu mengunci posisi ketiga setelah menggilas Vietnam 5-0 dalam laga perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024).

Berikut profil Zahaby Gholy dan perjalanan karier sepak bolanya yang menarik diketahui.

1. Profil Zahaby Gholy

Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas IndonesiaZahaby Gholy, pemain Timnas Indonesia U-16 (instagram.com/gholyy.z)

Muhamad Zahaby Gholy merupakan pemain muda kelahiran Bekasi, 5 Desember 2008. Zahaby Gholy lahir dari pasangan Muhammad dan Aminah. Naluri bermain sepak bolanya datang dari sang ayah yang merupakan pelatih di sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Bekasi.

Di dalam lapangan, Gholy berposisi sebagai winger kanan dengan kaki dominan kiri. Pada skuad timnas, dia juga sering dipasang sebagai striker di sisi kanan. Pemain setinggi 170 cm ini menggunakan nomor punggung 7 bersama tim Garuda Muda.

2. Gabung berbagai SSB hingga Persija U-15

Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas IndonesiaZahaby Gholy, pemain Timnas Indonesia U-16 (instagram.com/gholyy.z)

Zahaby Gholy mengawali karier sepak bolanya di SSB Garuda Putra. Gholy juga pernah menimba ilmu di SSB Serpong Jaya hingga RMD Batavia. Selama masa itu, dia mulai menunjukkan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Dia pernah tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak saat di SSB.

Bakat sepak bolanya pun mulai terendus oleh tim scount talent Persija Jakarta. Gholy sempat mengikuti seleksi dan resmi diterima sebagai pemain Persija Youth U-15 pada 2023 lalu.

Bersama Persija Muda, Gholy turut membantu tim mencapai babak delapan besar Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Sayangnya, Persija hanya mampu sampai di semifinal setelah kalah adu penalti dengan Borneo FC.

Baca Juga: Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next Arhan

3. Dilirik pelatih Nova Arianto

Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas IndonesiaZahaby Gholy, pemain Timnas Indonesia U-16 (instagram.com/gholyy.z)

Penampilan Zahaby Gholy bersama Persija yang cukup konsisten membuat pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto meliriknya. Coach Nova akhirnya memanggil Gholy untuk membela timnas dalam ajang Piala AFF U-16 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Di bawah komando Nova Arianto, Gholy berposisi sebagai striker di sisi kanan. Di lini depan, Gholy sering dipasang bersama beberapa pemain seperti Josh Holong, Mierza Firjatullah, dan Fandi Ahmad.

Baca Juga: Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024

4. Tampil memukau di Timnas U-16

Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas IndonesiaZahaby Gholy, pemain Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)

Zahaby Gholy berhasil tampil memukau bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2024. Dalam ajang ini, Gholy juga dinobatkan sebagai Best Player. Prestasi ini tak terlepas dari lima gol yang dia ciptakan sepanjang kompetisi.

Gol pertama Gholy tercipta saat Indonesia mengalahkan Laos 6-1 pada pertandingan babak grup ketiga. Di babak semifinal melawan Australia, Gholy tampil dengan mencetak dua gol. Sayangnya, Garuda Muda kalah 3-5 dari Australia dan tak mampu ke final.

Timnas pun bertemu Vietnam pada laga perebutan peringkat tiga. Tampil dari menit awal, Gholy kembali mencetak brace dan membawa Timnas meraih peringkat tiga Piala AFF U-16 2024. Sepanjang laga, Gholy juga bermain luwes di lini depan dan sering membantu membangun serangan.

Itulah profil Zahaby Gholy, pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil memukau di Piala AFF U-16 2024. Apakah Gholy akan menjadi masa depan sepak bola Indonesia?

Baca Juga: Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya