Profil Yeom Ki-hun, Asisten Pelatih Baru STY Khusus Striker

Membela Timnas Korsel dari 2006 hingga 2018

Yeom Ki-hun resmi diperkenalkan sebagai asisten pelatih Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran 3, bulan September mendatang. Bersama Timnas Garuda, Yeom didapuk menjadi asisten pelatih khusus striker.

Dengan bergabungnya Yeom, maka saat ini Shin Tae Yong memiliki tujuh asisten pelatih yang membantunya di Timnas Indonesia. Mulai dari Choi In-cheol hingga Nova Arianto.

Yeom dikenal sebagai pelatih muda yang sempat menangani klub Suwon Bluewings. Dia juga punya track record sebagai pemain yang pernah membela sejumlah klub. Berikut profil Yeom Ki-hun selengkapnya!

1. Profil Yeom Ki-hun

Profil Yeom Ki-hun, Asisten Pelatih Baru STY Khusus StrikerYeom Ki-hun, asisten pelatih baru Shin Tae Yong di Timnas Indonesia (instagram.com/kihun_yeom_26)

Yeom Ki-hun merupakan pelatih dan mantan pemain sepak bola kelahiran Daejeon, Korea Selatan pada 30 Maret 1983. Sebelum ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeom menjabat sebagai pelatih Suwon Bluewings, klub kasta kedua Liga Korea Selatan.

Jauh sebelum menjadi pelatih, Yeom merupakan pemain sepak bola yang sempat bergabung dengan beberapa klub Korea Selatan. Selain itu, winger kiri ini juga pernah membela Timnas Korsel dari 2006 hingga 2018.

2. Perjalanan karier sebagai pemain

Profil Yeom Ki-hun, Asisten Pelatih Baru STY Khusus StrikerYeom Ki-hun, asisten pelatih baru Shin Tae Yong di Timnas Indonesia (instagram.com/kihun_yeom_26)

Karier Yeom Ki-hun sebagai pesepak bola sudah dimulai sejak sekolah menengah. Yeom bergabung dengan akademi sepak bola di Nonsan Middle School pada 1996 dan Ganggyeong Commercial High School pada 1999. Di bangku kuliah, dia juga bermain untuk Honam University pada 2002.

Karier profesional pertama

Yeom memulai karier profesional pertamanya dengan bergabung ke Jeonbuk Hyundai Motors pada 2006. Dia berhasil mencetak 15 gol dan 15 assist dari 61 pertandingan selama semusim di Jeonbuk. Capaian terbaiknya di Jeonbuk adalah berhasil meraih juara Liga Champions Asia.

Pada 2007, Yeom pindah ke Ulsan Hyundai. Sayangnya, dia hanya mengemas 9 gol dan 4 assist dari 44 laga selama tiga musim di Ulsan.

Puncak karier Yeom Ki-hun sebagai pemain

Yeom mencapai puncak kariernya saat pindah ke Suwon Bluewings pada 2010. Dia juga dikenal sebagai pemain terloyal yang membela Suwon Bluewings selama total 13 tahun dari 2010 hingga pensiun pada 2023. 

Jika ditotal, Yeom mencatatkan 72 gol dan 106 assist dari 417 laga selama berseragam Suwon Bluewings. Meski begitu, dia sempat dipinjamkan ke Police FC pada 2012/2013.

Di level negara, Yeom pernah membela Timnas Korea Selatan pada 2006-2018. Yeom tercatat mencetak 5 gol dari 57 caps bersama tim berjuluk Taegeuk Warriors ini. Dia juga pernah mempersembahkan gelar EAST Asian Championship 2016/2017 untuk negaranya.

Pernah jadi pemain sekaligus pelatih

Fakta menariknya, Yeom tidak pernah mendapatkan kartu merah sepanjang kariernya sampai pensiun. Selain itu, Yeom juga pernah berstatus sebagai pemain sekaligus pelatih selama beberapa bulan.

Hal ini terjadi ketika pelatih Suwon Bluewings saat itu, Kim Byung-soo mengundurkan diri pada September 2023 karena performa tim yang kian menurun. Yeom Ki-hun pun langsung ditunjuk menjadi caretaker saat itu.

Baca Juga: Profil Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia yang Cetak Sejarah

3. Sepak terjang sebagai pelatih

Profil Yeom Ki-hun, Asisten Pelatih Baru STY Khusus StrikerYeom Ki-hun (Tengah), asisten pelatih baru Shin Tae Yong di Timnas Indonesia (instagram.com/kihun_yeom_26)

Yeom Ki-hun resmi gantung sepatu pada akhir 2023 dengan sudah menyandang status caretaker di Suwon Bluewings. Namun sayang, Yeom tetap gagal menyelamatkan tim dari jurang degradasi.

Musim berikutnya, Yeom dipercaya manajemen untuk menjadi pelatih kepala Suwon Bluewings. Dia pernah mendapat penghargaan Manager of the Month pada April 2024 setelah penampilan tim yang meningkat.

Namun, Yeom mengundurkan diri dari kursi pelatih Suwon Bluewings pada 25 Mei lalu. Penyebabnya lima kekalahan beruntun yang dialami tim.

Setelah dari Suwon, Yeom meneruskan karier pelatihnya dengan menerima tawaran seniornya di Timnas, Shin Tae Yong untuk menjadi asisten pelatih striker Timnas Indonesia. Yeom Ki-hun diharapkan bisa mempertajam lini depan yang diisi beberapa nama seperti Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka, hingga Dimas Drajad.

Baca Juga: Profil Jeong Seok Seo, Penerjemah STY di Timnas Indonesia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya