Profil Reno Münz, Pemain Jebolan Leverkusen Lahir di Jakarta

Mungkinkah dinaturalisasi?

Reno Münz, pemain muda berkebangsaan Jerman belakangan ini ramai diperbincangkan pencinta sepak bola di Indonesia. Pasalnya, Münz berpotensi membela Timnas Indonesia karena lahir di Jakarta meski tidak memiliki darah Indonesia sama sekali.

Saat ini, Reno Münz membela klub kasta kedua Liga Jerman, Greuther Fürth. Sebelumnya, Münz pernah memperkuat tim Bayer Leverkusen U-19. Buat kamu yang penasaran, berikut profil Reno Münz dan awal karier sepak bolanya.

1. Profil Reno Munz

Profil Reno Münz, Pemain Jebolan Leverkusen Lahir di JakartaReno Munz, pemain Jerman jebolan Bayer Leverkusen yang lahir di Jerman (instagram.com/renommuenz)

Reno Morris Münz atau Reno Münz merupakan pemain sepak bola kelahiran Jakarta pada 2 Oktober 2005. Meski lahir di Indonesia, Münz saat ini menetap dan berkarier di Jerman.

Dengan postur 188 cm, Münz berposisi sebagai bek tengah dan bisa pula ditempatkan di posisi bek kiri. Pada Juli 2024, dia baru menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama klub 2. Bundesliga, SpVgg Greuther Fürth. 

2. Perjalanan karier Reno Munz

Profil Reno Münz, Pemain Jebolan Leverkusen Lahir di JakartaReno Munz, pemain Jerman jebolan Bayer Leverkusen yang lahir di Jakarta (instagram.com/renommuenz)

Melansir Transfermarkt, Reno Münz memulai karier sepak bolanya dengan menimba ilmu di SC Fortuna Koln sejak 2012 atau saat dia masih berusia tujuh tahun. Setelah sepuluh tahun mengasah skill di Fortuna Koln, Münz pindah ke Bayer Leverkusen U-19 pada 2022.

Bersama tim muda Leverkusen, Münz mencatatkan 33 penampilan di Bundesliga U-19. Bahkan, Münz sempat dua kali masuk dalam skuad tim utama Bayer Leverkusen di Bundesliga 2023/2024. Sayangnya, dia belum menjalani debut dan hanya berada di bangku cadangan.

Setelah musim 2023/24 berakhir, Münz resmi menandatangani kontrak profesionalnya bersama klub divisi kedua Liga Jerman, SpVgg Greuther Fürth.

Sementara karier Münz di level internasional bermula ketika dia debut bersama Timnas Jerman U-19 pada September 2023 atau saat masih berusia 17 tahun 11 bulan. Münz sempat tampil di sejumlah pertandingan persahabatan dan di laga Euro U-19 2023.

Baca Juga: Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Keturunan Jogja

3. Apakah Münz bisa dinaturalisasi?

Profil Reno Münz, Pemain Jebolan Leverkusen Lahir di JakartaReno Munz, pemain Jerman jebolan Bayer Leverkusen yang lahir di Jakarta (instagram.com/renommuenz)

Apakah Reno Münz bisa dinaturalisasi menjadi WNI untuk membela Timnas Indonesia? Jika berkaca dari proses naturalisasi Maarten Paes, maka jawabannya bisa. Sebab Maarten Paes juga tidak memiliki darah Indonesia sama sekali.

Maarten bisa dinaturalisasi karena neneknya merupakan seorang Blijvers, yaitu sebutan bagi pendatang dari Eropa yang lahir di Indonesia. Kedua buyutnya adalah orang Eropa yang menikah dan tinggal di Indonesia, lalu melahirkan nenek Maarten Paes.

Namun, pada awal Juni 2024 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menegaskan proses naturalisasi yang sekarang hanya untuk jangka pendek. Sedangkan ke depannya, naturalisasi harus diperketat dan para pemainnya harus memiliki darah Indonesia.

Demikianlah profil Reno Münz, pemain berkebangsaan Jerman jebolan Bayer Leverkusen yang lahir di Jakarta. Apakah mungkin Münz bisa dinaturalisasi menjadi WNI?

Baca Juga: Profil Mees Hilgers, Pemain Belanda Berdarah Manado

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya