Profil Miliano Jonathans, Pemain Belanda Keturunan Depok

Punya kans dinaturalisasi?

Belakangan ini, nama Miliano Jonathans mencuat sebagai pemain sepak bola asal Belanda yang punya keturunan Indonesia. Hal ini tak lepas dari program naturalisasi PSSI yang sedang gencar dilakukan sepanjang 2024.

Miliano Jonathans merupakan pesepak bola Belanda yang saat ini bermain untuk klub Liga Belanda, Vitesse. Namanya makin dikenal setelah tampil baik di awal musim Eerste Divisie 2024/2025. Tak heran banyak warganet yang berharap PSSI bisa menaturalisasinya.

Lalu, seperti apa sosoknya? Berikut profil Miliano Jonathans serta perjalanan karier dan statistik penampilannya. Simak di bawah ini!

1. Profil Miliano Jonathans

Profil Miliano Jonathans, Pemain Belanda Keturunan DepokMiliano Jonathans, pemain Belanda keturunan Depok yang membela Vitesse di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda (instagram.com/mijnvitesse)

Miliano Jonathans adalah pesepak bola kelahiran Arnhem, Belanda pada 5 April 2004 yang memiliki keturunan Indonesia. Kabarnya, Jonathan memiliki darah Indonesia dari nenek di pihak ayahnya yang berasal dari Depok, Jawa Barat.

Jonathans merupakan pemain yang berposisi sebagai sayap kanan atau gelandang serang. Saat ini, dia memperkuat tim Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda, Vitesse. Dia merupakan pemain jebolan akademi Vitesse yang telah membela tim ini sejak 2014.

2. Perjalanan karier Miliano Jonathans

Profil Miliano Jonathans, Pemain Belanda Keturunan DepokMiliano Jonathans, pemain Belanda keturunan Depok yang membela Vitesse di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda (instagram.com/milianojonathans_)

Miliano Jonathans memulai karier sepak bolanya dengan menimba ilmu di akademi lokal, Arnhemse Boys dan Arnhemse Boys Schuytgraaf. Lalu, Jonathans pindah ke akademi klub yang lebih profesional, yaitu Vitesse pada 2014.

Selama enam tahun, Jonathans memperdalam teknik sepak bolanya di Vitesse Youth. Lalu, dia tampil bersama tim Vitesse U-18 pada 2020 dan Vitesse U-21 pada 2021. Saat tampil bersama tim U-21, usianya masih 17 tahun. Meski begitu, dia berhasil bermain reguler dan mencatatkan sejumlah gol selama semusim.

Pada musim 2022/23 atau berusia 18 tahun, Jonathans resmi dikontrak untuk memperkuat tim utama Vitesse yang saat itu berkompetisi di Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda.

Sayangnya, pada Eredivisie 2023/24, Vitesse dijatuhi sanksi pengurangan 18 poin karena melanggar lisensi perizinan dan menyembunyikan informasi penting untuk penilaian klub. Akibatnya, Vitesse terdegradasi ke Eerste Divisie.

Baca Juga: Profil Delano Ladan, Opsi Lain Striker Naturalisasi Timnas

3. Statistik penampilan Miliano Jonathans

Profil Miliano Jonathans, Pemain Belanda Keturunan DepokMiliano Jonathans, pemain Belanda keturunan Depok yang membela Vitesse di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda (instagram.com/milianojonathans_)

Meski terbilang masih belia, Miliano Jonathans punya catatan statistik yang menarik. Di usia 18 tahun, dia sudah tampil untuk tim utama Vitesse yang bermain di Eredivisie. Dia juga cukup rutin mencetak gol di setiap kompetisi yang dimainkannya.

Saat di Vitesse U-18, Jonathans mencatatkan 5 gol dari 6 penampilan. Sedangkan saat tampil di Vitesse U-21, dia sukses menyarangkan 5 gol dan 1 assist dari 25 penampilan.

Setelah dipanggil ke skuad utama Vitesse pada 2022/23 hingga saat ini, Jonathans mencatatkan 3 gol dan 1 assist dari 27 pertandingan.

Nah, itulah profil dan sepak terjang Miliano Jonathans, pemain Belanda keturunan Depok yang kini memperkuat Vitesse. Menurutmu, apakah Jonathans cocok dinaturalisasi?

Baca Juga: Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah Ambon

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya