Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16

Borong empat gol di fase grup Piala AFF U-16 2024

Mierza Firjatullah berhasil menyita perhatian pencinta sepak bola Indonesia. Mierza memborong empat gol dalam tiga laga di fase grup Piala AFF U-16 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Mierza mencetak gol perdananya saat melawan Singapura, Jumat (21/6/2024). Lalu, dua golnya tercipta saat Timnas Indonesia membungkam Filipina 3-0, pada Senin (24/6/2024). Sedangkan gol keempatnya terjadi kala Indonesia menghajar Laos 6-1, Kamis (27/6/2024).

Lantas, seperti apa sosok Mierza Firjatullah? Simak profil dan awal karier sepak bolanya berikut ini.

1. Profil Mierza Firjatullah

Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16Mierza Firjatullah, pemain Timnas Indonesia U-16 (instagram.com/asianasoccerschool)

Mierza Firjatullah merupakan pesepak bola muda kelahiran Bandung, 15 Februari 2009. Pemain berusia 15 tahun ini merupakan seorang winger atau striker tajam yang kini membela klub Dewa United Youth.

Pemain dengan tinggi 175 cm ini dikenal memiliki kecepatan dan tembakan yang akurat ke gawang. Tidak heran kalau pelatih Nova Arianto memercayakannya sebagai pemain utama dalam skuad.

Meski termasuk yang paling muda di antara rekan-rekannya di Timnas U-16, Mierza menjadi salah satu talenta spesial yang dimiliki skuad Garuda Muda saat ini.

2. Menimba ilmu hingga Spanyol

Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16Mierza Firjatullah, pemain Timnas Indonesia U-16 (instagram.com/asianasoccerschool)

Mierza memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi sepak bola Asiana Soccer School. Akademi ini telah mencetak sejumlah pemain muda berbakat yang kini masuk dalam skuad Timnas U-16, seperti Sean Rahman Kastor, M. Ichsan, Raihan Apriyansyah, dan Mierza Firjatullah.

Asiana Soccer School juga memiliki afiliasi dengan klub Liga 1, Dewa United. Mierza pun bergabung ke tim Dewa United U-14 dan U-16. Pada 2022, dia tampil gemilang bersama Dewa United di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga U-14. Mierza menjadi pemain terbaik dan berhasil mengantarkan timnya meraih juara.

Pada 2022, Mierza juga berkesempatan mengikuti seleksi selama tiga minggu di CF Tecnifutbol, Spanyol. Meski gagal terpilih, setidaknya dia mendapatkan banyak pelajaran selama mengikuti seleksi di sana.

Mierza juga pernah mengikut latihan bersama akademi klub Liga Jepang, Cerezo Osaka pada Juni 2023. Hal itu juga menjadi pengalaman berharga baginya dalam mengembangkan karier sepak bola.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Sepanjang 2024, Ada Piala ASEAN

3. Dipanggil Timnas Indonesia U-16

Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16Pemain Timnas Indonesia U-16: Fabio (14), Mierza Firjatullah (9), dan Putu Panji (4) (pssi.org)

Mierza Firjatullah menjadi salah satu pemain termuda yang dipanggil PSSI untuk membela Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Dia ditempatkan di posisi winger atau striker dengan nomor punggung 9.

Untuk diketahui, PSSI memanggil 11 pemain kelahiran 2008 dari Asiana Soccer School. Selain itu, PSSI juga mengundang 3 pemain kelahiran 2009 dari akademi tersebut, yaitu Sean Kastor, Handri Sulistyo, dan Mierza Firjatullah.

Itulah profil Mierza Firjatullah, pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil cemerlang di Piala AFF U-16 2024 dengan mencetak empat gol dari tiga laga di fase grup.

Baca Juga: Profil Welber Jardim, Pemain Sao Paulo Bela Timnas U-20

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya