Profil Mauro Zijlstra, Striker Muda Potensial bagi Indonesia

Punya darah Indonesia dari ayahnya

Indonesia masih punya segudang nama pesepak bola muda keturunan yang bisa membela skuad Garuda. Salah satunya adalah Mauro Zijlstra, pemain Belanda yang belakangan banyak dibicarakan di media sosial.

Mauro Zijlstra disebut sudah mengirim berkas-berkas ke PSSI sebagai salah satu tahapnya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dia diproyeksikan menjadi bomber tim besutan Shin Tae Yong yang masih membutuhkan sosok penyerang.

Jika benar-benar bergabung, Zijlstra mungkin akan menjadi setitik harapan di tengah kesulitan menemukan sosok striker tajam di Timnas Indonesia saat ini.

Berikut profil Mauro Zijlstra dan perjalanan karier sepak bolanya. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Profil Mauro Zijlstra

Profil Mauro Zijlstra, Striker Muda Potensial bagi IndonesiaMauro Zijlstra, pemain Belanda keturunan Indonesia (instagram.com/maurozijlstra)

Mauro Zijlstra lahir di Zaandam, Belanda pada 9 November 2004. dia memiliki keturunan Indonesia dari nenek pihak ayahnya, yang notabene merupakan orang Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, Zijlstra memperkuat klub muda kasta kedua Liga Belanda, FC Volendam U-21. Meski begitu, saat ini dia masih belum menembus skuad seniornya.

Sebelumnya, penyerang berpostur 188 cm ini pernah membela NEC Nijmegen U-21 dan Amsterdam FC U-18. 

2. Perjalanan karier Mauro Zijlstra

Profil Mauro Zijlstra, Striker Muda Potensial bagi IndonesiaMauro Zijlstra, pemain Belanda keturunan Indonesia (instagram.com/maurozijlstra)

Mauro Zijlstra memulai karier sepak bolanya di akademi AZ Alkmaar dan pindah ke Amsterdam FC Youth pada 2019. Bersama skuad muda Amsterdam, Zijlstra sempat tampil bersama tiga level kelompok umur, yaitu U-17 dan U-18.

Pada 2022, Zijlstra pindah ke NEC Nijmegen. Menariknya, dia langsung tampil pada dua level kelompok umur, yaitu U-18 dan U-21.

Pada dua musim pertamanya, Zijlstra berhasil mencatatkan 18 gol dalam 26 pertandingan. Penampilannya yang apik membuat FC Volendam akhirnya mendatangkan Zijlstra pada musim 2024/2025.

Baca Juga: Profil Mees Hilgers, Pemain Belanda Berdarah Manado

3. Bisa jadi opsi striker Timnas Indonesia?

Profil Mauro Zijlstra, Striker Muda Potensial bagi IndonesiaMauro Zijlstra, pemain Belanda keturunan Indonesia (instagram.com/maurozijlstra)

Mauro Zijlstra berpotensi menjadi opsi striker Timnas Indonesia di masa depan. Jika bergabung, dia bisa bergabung ke skuad U-19 dan menjadi tandeman Jens Raven atau Arkhan Kaka di lini depan.

Secara permainan, Zijlstra memiliki postur yang terbilang tinggi dan kokoh, sehingga menjadi kelebihan tersendiri dalam duel udara dengan bek lawan.

Selain itu, Zijlstra juga punya kecepatan dan dribbling yang baik di lapangan. Selain sebagai striker, dia juga bisa ditempatkan sebagai posisi second striker dan gelandang serang.

Demikianlah profil Mauro Zijlstra, penyerang muda Belanda keturunan Indonesia yang berpotensi membela skuad Garuda.

Baca Juga: Profil Million Manhoef, Keturunan Indonesia di Stoke City

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya