Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora U-16 Bermarga Sitorus

Bek andalan Nova Arianto

Matthew Baker merupakan pemain diaspora Timnas Indonesia U-16 yang tampil di Piala AFF U-16 2024 di Solo, Jawa Tengah. Baker menjadi satu dari dua pemain diaspora yang dipanggil pelatih Nova Arianto untuk ajang ini. Satu pemain diaspora lainnya ialah Lucas Raphael.

Baker menjadi salah satu pemain andalan coach Nova karena tampil starter di tiga dari empat laga Piala AFF U-16. Dia sering dipasang sebagai bek kiri yang aktif bertahan dan sesekali menusuk pertahanan lawan dari sisi kiri lapangan.

Bagi yang penasaran, berikut profil Matthew Baker dan karier sepak bolanya. Simak di bawah ini!

1. Profil Matthew Sitorus Baker

Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora U-16 Bermarga SitorusMatthew Baker, pemain Timnas Indonesia U-16 keturunan Indonesia dan Australia (instagram.com/timnas.indonesia)

Matthew Sitorus Baker merupakan pesepak bola muda yang lahir pada 13 Mei 2009. Baker merupakan pemain keturunan Indonesia-Australia yang memiliki darah Batak. Darah Indonesia dan Batak berasal dari ibunya yang lahir di Jakarta. Sementara ayahnya merupakan warga Australia.

Saat ini, Baker membela klub muda sepak bola Australia, Melbourne City U-18. Pemain dengan tinggi 172 cm ini juga dikenal memiliki tipe bermain bertahan dan bisa mengisi beberapa posisi pemain belakang.

2. Awal karier Matthew Baker

Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora U-16 Bermarga SitorusMatthew Baker, pemain Timnas Indonesia U-16 keturunan Indonesia dan Australia (instagram.com/timnas.indonesia)

Karier sepak bola Matthew Baker berawal saat dia bergabung ke akademi lokal Malvern City di Australia pada 2016. Dia belajar di sana selama dua tahun sebelum pindah ke akademi Box Hill United pada 2018.

Selama tiga tahun, Baker berlatih dan menimba ilmu di sana. Kemudian Baker pindah ke Melbourne City sampai sekarang. Dia masuk dalam skuad U-18 klub yang terafiliasi dengan Manchester City tersebut. Sayangnya, belum ada statistik yang menunjukkan catatan performa Baker selama di akademi sepak bola.

Baca Juga: Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next Arhan

3. Disebut Idzes dan Hubner versi saset

Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora U-16 Bermarga SitorusSkuad Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)

Penampilan Matthew Baker sebagai bek sayap hingga bek tengah Timnas U-16 membuatnya kerap disebut oleh warganet sebagai Jay Idzes dan Justin Hubner versi saset karena usianya yang masih belia dan bertubuh lebih kecil.

Pada dasarnya, Baker memiliki posisi asli sebagai bek tengah. Namun, dia juga bisa bermain sebagai fullback kiri, gelandang bertahan, hingga gelandang serang. Dalam skuad Timnas U-16, Baker berhasil menunjukkan ketenangan dan kemampuannya di lini belakang dengan baik.

Apakah kelak Matthew Baker tertarik memilih kewarganegaraan Indonesia dan menjadi pemain timnas? Mari kita nantikan bersama!

Baca Juga: Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya