Profil Mateo Kocijan, Bek Tangguh Persib Asal Kroasia

Debut di Piala Presiden 2024

Juara Liga 1 Indonesia 2023/2024 resmi mendatangkan bek asal Kroasia, Mateo Kocijan pada jeda musim ini. Mateo Kocijan menandatangani kontrak bersama Persib dengan durasi satu tahun. Dia didatangkan sebagai pengganti Alberto yang meninggalkan klub musim lalu.

Kocijan melakoni debutnya di Persib sebagai starter dalam laga pembuka Piala Presiden 2024 melawan PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat pada Jumat (19/7/2024) lalu. Namun, dia dipasang sebagai gelandang bertahan oleh Bojan Hodak.

Berikut profil Mateo Kocijan dan perjalanan karier sepak bolanya. Simak di bawah ini, ya!

1. Profil Mateo Kocijan

Profil Mateo Kocijan, Bek Tangguh Persib Asal KroasiaMateo Kocijan, pemain baru Persib 2024 (persib.co.id)

Mateo Kocijan lahir di Koprivnica, Kroasia pada 27 Maret 1995. Kocijan merupakan pemain yang berposisi asli sebagai bek tengah, tapi juga bisa dipasang menjadi gelandang tengah.

Dengan tinggi 1,89 meter, Kocijan bisa menjadi benteng pertahanan yang tangguh bagi klub yang dibelanya. Kehadirannya di Persib diharapkan bisa memperkuat lini belakang skuad yang cukup menjadi perhatian Bojan Hodak di musim ini.

2. Perjalanan karier Mateo Kocijan

Profil Mateo Kocijan, Bek Tangguh Persib Asal KroasiaMateo Kocijan saat membela klub Kroasia, Slaven Belupo (instagram.com/m.kocijan17)

Melansir Transfermarkt, Mateo Kocijan memulai karier profesional di tanah kelahirannya, Kroasia. Kocijan pernah membela Mladost Sigetec dan pindah ke Borac Imbriovec pada 2013.

Pada 2016, Kocijan sempat kembali ke Mladost Sigetec selama beberapa bulan sebelum ditransfer ke klub Kroasia lainnya, Tehnicar 1974. Tampil bersama Tehnicar selama lima musim, Kocijan melanjutkan kariernya ke Slaven Belupo, klub papan atas Liga Utama Kroasia.

Dua musim di Slaven Belupo, Kocijan memutuskan hijrah ke Liga Albania dengan bergabung ke FK Partizani pada 2023. Sayangnya, dia hanya bertahan semusim sebelum sempat berstatus tanpa klub pada Januari 2024.

Pada Juli 2024, Kocijan memulai jalan baru dengan bergabung bersama Persib Bandung. Kepindahan Kocijan ke Persib merupakan pengalaman pertamanya berkarier di Asia.

Baca Juga: Daftar Pemain Baru Persib 2024, Ada Striker Timnas

3. Tuai pujian di laga debutnya

Profil Mateo Kocijan, Bek Tangguh Persib Asal KroasiaMateo Kocijan, pemain baru Persib Bandung asal Kroasia (instagram.com/persib)

Mateo Kocijan debut bersama Persib sebagai starter dalam laga melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, Jumat (19/7/2024). Dipasang sebagai gelandang bertahan, Kocijan mendapat pujian dari para suporter Persib di media sosial.

Tidak sedikit warganet yang mengapresiasi penampilan Kocijan lewat kolom komentar di akun Instagram Persib. Bahkan, beberapa akun menyebut Kocijan sebagai "Busquets" dan "Modric"-nya Persib Bandung.

Pertandingan pembuka Piala Presiden tersebut pun berakhir untuk kemenangan Persib dengan skor 2-0. Satu gol diciptakan Ciro Alves pada menit ke-14 dan satu lagi dari gol bunuh diri Nermin Haljenta pada menit ke-42.

Demikianlah profil Mateo Kocijan, pemain baru asal Kroasia yang menjadi benteng tangguh bagi Persib Bandung. 

Baca Juga: 10 Pemain Baru PSS Sleman 2024/2025, Banyak dari Brasil

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya